SkyG0dAvatar border
TS
SkyG0d
Butuh saran gan, sebelum janur kuning melengkung!
Halo gan, need advice nya..

Jadi gini, sebut saja nama gw X, laki laki, usia 24 tahun, fresh grad dan sudah mulai bisa cari duit. Gw anak kedua dari 2 bersaudara, kakak gw cewe, udah nikah.

Seorang cewe, Y, usia 24 th juga, fresh grad juga.
Kami kuliah di tempat yg sama, di kota A, ane asli kota A, Y bukan dari kota B. Y ngekos di kota A ini.

Dan cowo Z, umur 29, sudah kerja di swasta. Tinggal di kota C.

Begini ceritanya.. jadi gw (X) dan Y udah pacaran dari 2011, sekitar 5 tahunan dengan backstreet gan, karna adanya masalah di adat (yang membuat kedua pihak ga setuju). 5 tahun berjalan dari susah sampe senang udah kita lewatin bersama sama cewe ane ini. Kita berdua udah lewatin tuh masa masa bosan, masa putus nyambung, dll. Perasaan kami satu sama lain sudah sangat hebat.
Ane pun menjanjikan 2018 sebagai tahun untuk kami lanjut berumah tangga, baik itu disetujui maupun tidak oleh orang tua kami.

Sampe januari 2016 ini, Y mengajak untuk pisah baik-baik dari ane, dengan alasan takut ketika melihat ayahnya marah sewaktu dia sebulan pulang ke rumahnya di kota B. Sejak saat itu dia pengen untuk ngikut saja kata orang tuanya. Sedikit gambaran aja, Y ini anak ke 2 dari 4 bersaudara. Tahun ini bokapnya pensiun dan punya keinginan supaya si Y ini cepat nikah. Y juga anak pertama dari 4 bersaudara ini yg sudah lulus kuliah. Skip.

Dan dengan bodohnya ane iya kan keinginan Y itu, dan sekarang ane menyesal. Sejak pertemuan itu ane masih sering ketemu sama Y, komunikasi biasa aja, ane mencoba move on dan begitu juga sebaliknya. Gak lama kemudian ane dikasih tau sam Y kalo dia lagi coba dideketin sama anak dari temen bokapnya, si Z ini. Jujur, ane waktu itu masih biasa aja, berharap yg terbaik buat dia, selain ane juga lagi deket sama beberapa cewe, tapi akhirnya ga pas di hati dan di sifat. Bukan karna membanding bandingkan dengan si Y, tapi emang enggak cocok aja.

Sampe akhirnya ane sadar, kalo si Y ini yg emang bener bener klop sama ane. Di sini ane bener bener kalang kabut, apalagi pas denger si Z ini perlakuannya dingin banget ke Y. Chat jarang, telepon gak pernah. Entah si Z ini niat apa enggak. Dan keterangan ini ane dapet sendiri dari Y, jadi bukan ane karang karang sendiri ya gan. Di sini ane sempat tanya serius ke Y gimana perasaannya sama si Z. Dia sendiri ngaku kalo ngobrol pun gak nyambung, tapi dia coba untuk terima terima aja, gak berani nolak karna memang mau nurut ortunya. Dari sekian lama Y sama Z deket pun ga ada sepatah kayapun mengenai komitmen apapun untuk ke depannya, tetapi keluarga Z udah mulai bawa-bawa Y ke kota C buat dikenalin sebagai "calon menantu". (Y dan Z nggak jadian, jadi itungannya ane di sini ga ngerebut pacar orang loh yaaa)

Di sini ane liat keluarga Z udah pede banget dan mulai berwacana untuk menggelar perkimpoian tahun ini. Untuk keluarga Y sendiri tidak terlalu menggebu gebu dalam hal seperti ini. Kedua keluarga Y dan Z udah pernah ketemuan, dan belum bahas ke arah serius. Sebagai tambahan, sepupu sepupu Y juga tidak suka sama perlakuan si Z ini.

Ane gak terima gan. Y ini bener bener jadi sendirian ngadepin keluarga si Z ini, kaya ga ada kesempatan buat dia. Ane jujur sayang banget sama si Y ini, gak rela sebenernya dia dideket deketin sama orang lain. Kami berdua masih saling menyayangi gan. Dan kali ini ane ga mau buat kesalahan yang sama buat ngelepas dia. ane berniat serius untuk ke depannya sama Y.

Step step yg ane udah pikirin antara lain:
1. Minta Y untuk komitmen balik sama ane.
2. Luluhkan hati orang tua dan calon mertua. Utamanya sih ortu ane dulu. Datangi kedua pihak secara baik baik, minta restu.
3. Cari uang sebanyaknya for the worst scenario.

Nah di sini ane masih mikir apa aja yg harus ane bilang supaya mindset Y bisa berubah dari nurut ke ortu menjadi mau berjuang bersama ane..

Mohon maaf kalo kisahnya panjang dan agak ribet, supaya agan dapet gambaran keadaannya. Jujur ane butuh saran dari agan semua.

Adakah agan agan di sini yg berpengalaman serupa? Boleh share di sini..
0
3.3K
24
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan