jajunktravelAvatar border
TS
jajunktravel
Kafein? Don"t Worry
Halo Agan Sekalian, hari ini ane mau ngetrit dengan topik yang mungkin agak menyimpang dengan nama kaskus ane yaitu tentang Kafein pada kopi nih. Pasti pada berfikiran negatif kan kalau denger kata Kafein? padahal gaserem serem amet tuh, nih bentar lagi buktinya

Check This Out

Secangkir kopi mengandung sejumlah kandungan zat kafein yang cukup untuk menjaga seseorang dari kantuk. Bagi sebagian orang hal ini adalah efek samping dari minum kopi, sedangkan bagi sebagian orang yang lain, hal ini adalah manfaat utama dari minum kopi. Namun saya tidak akan membahas tentang itu hari ini. Saya akan membahas tentang zat kafein itu sendiri.

Kafein adalah zat kimia yang tergolong jenis alkaoid xantina, berbentuk kristal dan rasanya pahit. Ditemukan pertama kali oleh Kimiawan Jerman tahun 1819. Istilah kafein merujuk pada senyawa kimia pada kopi. Dijumpai secara alami pada tumbuhan yaitu biji kopi, daun teh, buah cola. Sebenarnya pada tumbuhan dia berfungsi sebagai pestisida alami yang mematikan serangga tertentu yang memakan tumbuhan tersebut.Dan umumnya dikonsumsi oleh kita dengan mengektraksinya dari biji kopi dan daun teh.

Kafein dari sejak dahulu dikenal sebagai zat stimulan yang populer karena fungsinya menstimulasi sistem pusat saraf, mengusir kantuk secara temporer. Juga merupakan zat psikoaktif yang paling banyak digemari dan dikonsumsi di seluruh dunia.Biasanya senyawa ini pada kondisi tubuh yang normal memang memiliki beberapa khasiat antara lain sebagai obat analgetik yang mampu menurunkan rasa sakit serta mengurangi demam.Tetapi kafein tidak seperti zat psikoaktif lainnya, bersifat legal dan tidak diatur UU atau hukum.

Kafein tidak akan memperlambat aktivitas sel saraf atau otak. Tetapi mempunyai dampak yang menyebabkan aktivitas otak meningkat dan mengakibatkan hormon epinefrin terlepas. Hormon ini akan meningkatkan detak jantung, meninggikan tekanan darah, menambah penyaluran darah ke otot, menngurangi penyaluran darah ke kulit dan organ dalam, dan mengelurkan glukosa dari hati. Itu artinya kafein menaikkan permukaan neuritransmitter dopamin di otak.

Dalam dunia medis kedokteran kafein juga digunakan sebagai obat perangsang jantung dan peningkat produksi urine. Kafein dalam dosis kecil atau rendah berperan sebagai pembangkit stamina dan pengusir lelah.

Namun, bukan berarti kafein tidak berdampak negatif bagi kita. jikalau dalam mengkonsumsinya berlebihan maka juga akan berdampak negatif bagi tubuh kita seperti serangan jantung, insomnia,resah dan hipertensi.

maka dari itu,minumlah kopi atau teh secara tepat, baik waktu atau dosisnya. Sebaiknya batasi cukup 1 cangkir kopi atau teh dalam sehari. Dan sebaiknya tanpa tambahan gula atau hanya dengan sedikit gula saja bagi mereka yang tidak terbiasa dengan pahit.

Demikian Trit ane gan, semoga bermanfaat. Jangan lupa timpukin cendol-cendolnya ya dan rate juga.. hihi
thanks
0
2.8K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan