CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Cintai Kimia - mau tanya,diskusi,share soal kimia? sini yuk..
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009214375/cintai-kimia---mau-tanyadiskusishare-soal-kimia-sini-yuk

Cintai Kimia - mau tanya,diskusi,share soal kimia? sini yuk..

Tampilkan isi Thread
Halaman 122 dari 125
Quote:


makasih Gan
ane coba pahamin duly sebentar

jadi bagian b Cara kerjanya tetap sama dgn bagian a atau gmn?
5 liternya diapain shg dianggap ga mengubah pH larutan?
Diubah oleh widyasl
Quote:

(b).

setelah ditambahkan air 5000 mL, maka konsentrasi dari :

[CH3COO^-] = n/V

[CH3COO^-] = 500 * 0.1/(5000 + 500)

[CH3COO^-] = 9.09 * 10^-3 Molar



[CH3COOH] = n /V

[CH3COOH] = 500 * 0.1/(5000 + 500)

[CH3COOH] = 9.09 * 10^-3 Molar

pH = pKa + log ([CH3COO^-]/[CH3COOH])

pH = -log (1.8 * 10^-5) + log (9.09 * 10^-3/(9.09 * 10^-3)

pH = 4.74


hasilnya sama dengan bagian a.

Diubah oleh Bridge Engineer
gan yang mempengaruhi keraktifan suatu atom apa aja?
Quote:


Maksudnya kereaktifan ? Itu tergantung harga elektronegativitasnya (kalo gak salah) semakin kebawah semakin kuat reaksinya, semakin kekanan semakin kuat reaksinya di tabel periodik emoticon-Bingung
Ksp

1. Diketahui Ksp BaSO4 = 1,1 x 10^-10. Tentukan kelarutan BaSO4 dalam larutan-larutan berikut.
a. Larutan Ba(NO3)2 0,1 M
b. Larutan Na2SO4 0,05 M

2. Diketahui Ksp PbI2 = 1,35 x 10^-9 Tentuan kelarutan PbI2 dalam larutan-larutan beriut:
a. Larutan Pb(NO3)2 0,01 M
b. Larutan NaI 0,1 M

3. Tentukan kelarutan Ca(OH)2 dalam larutan yang memiliki pH = 13
Ksp Ca(OH)2 = 4 x 10^-6

4. Pada suhu tertentu, larutan Mg(OH)2 dalam larutan MgCl2 0,05 M memiliki larutan jenuh 9. Tentukan Ksp Mg(OH)2
Diubah oleh widyasl
Quote:



nah yang dalam satu golongan dr atas kebawah ane udah paham..
trus untuk yg dalam 1 periode, kiri kenan itu menurut ane kereaktifannya pertama berkurang dulu trus bertambah.. karena yg saya pahamin kereaktifan itu bergantung sama elektron valensinya dulu berapa, nah itu bener ga?
kalo jawabnya bener, kalo bisa ane minta referensi literaturnya agan dr mana yah.. trus kalo misal jawabnya salah tolong jelasin yg benernya gimana emoticon-Blue Guy Peace hehe


Quote:


(1a).

kelarutan BaSO4 dalam Ba(NO3)2 adalah

Ksp = [Ba^2+][SO4^2-]

1.1 * 10^-10 = (0.1)(S)

S = 1.1 * 10^-9 Molar




(1b).

kelarutan BaSO4 dalam Na2SO4 adalah

Ksp = [Ba^2+][SO4^2-]

1.1 * 10^-10 = (S')(0.05)

S' = 2.2 * 10^-9 Molar




(2a) dan (2b) caranya mirip (1a) dan (1b).


(3).

Ca(OH)2 adalah larutan basa kuat sehingga akan terhidrolisis dengan sempurna dalam air,

pH = 13

pOH = 1

[OH^-] = 0.1 Molar

kelarutan Ca(OH)2 yang baru adalah :

Ksp = [Ca^2+][OH^-]^2

4 * 10^-6 = S * 0.1^2

S = 0.0004 Molar



(4).

apa maksud dari : "...memiliki larutan jenuh 9"
mungkin maksudnya : larutan jenuh dengan pH = 9

pOH = 5

[OH^-] = 10^-5 Molar

Ksp Mg(OH)2 = [Mg^2+][OH^-]^2

Ksp Mg(OH)2 = (0.05)(10^-5)^2

Ksp Mg(OH)2 = 5 * 10^-12
Quote:


Baru cek buku kimia SMA bab 1. Bila dilihat yang paling reaktif adalah yang paling mudah melepas elektron semisal golongan IA.Nah di golongan IA yang paling reaktif adalah frasium yang paling bawah karena jari-jarinya terlalu besar(7 lapis) jauh dari inti, jadi Energi buat ngelepasinnya dikit.

Kalo yang Golongan Halogen, unsur paling atasnya yang paling reaktif karena jari-jarinya relatif kecil jadi lebih mudah menarik elektron CMiiW, sorry kalo lama jawabnya emoticon-Hammer2
Permisi gan,mau tanya kalau hydroxyl terminated polydimethilsiloxane ada yang jual ga yah di indonesia?
atau mengubah dari PDMS yg ada dipasaran?Thnks.
Sorry Dopost emoticon-Big Grin
Diubah oleh mamank_amay
Quote:


kurang tau,tapi seperti-nya ada emoticon-EEK!

kalau dari PDMS seperti-nya nggak bisa,dari monomer-nya aja,macem dimetilklorosilan atau dimetildietoksisilan
Quote:


ane udh coba keliling jakarta,tapi ga nemu gan,tapi ane sering baca artikel di internet,banyak temen-temen mahasiswa yg riset pakai bahan ini,huffttt....
BTW makasih imponya gan
gan mau nanya dong tentang soal kimia ini
Jumlah c anorganik terlarut total dalam suatu perairan yang alkalinitasnya 1,00x10^-3 eq/L pada pH 7 adalah 1,22x10^-3 M dan pada pH 10 adalah 6,82x10^-4 M. berapa gram biomassa CH2O yang dapat dibentuk? BM biomassa = 30.
ane dpt hasilnya mines mulu-_-, tukeran cendol deh hehe emoticon-Wink
Hidup SMK :v
Gan.. Ane nanya nih.. Apa bisa sn itu mengendapkan perak yang tercampur pada larutan fixer? Terima kasih sebelmnya
numpang tanya gan,
zat yang bersifat dingin konstan di 10-20 derajat, padat, kering dan cara penyimpanan. itu apaan ya gan, buat experimen
bagaimana caranya menurunkan ph air? analisa lengkapnya gan, step by step, soalnya ane anak it, tukang rugi di forex
Gan mau naya, buku yang mencangkup semua materi kimia SMA dari kelas X-XII ?
saya orang IT , lg blajar2 kimia nih gan, kasih ane daftar yg harus ane pelajari secara garis besar.....

terus ane kan mau bikin pupuk kimia soluable....mudah cair (mudah2an ga salah emoticon-Hammer) , coba agan kasih contoh membuat pupuk kimia dan membuat pupukmkimia mudah cair

emoticon-Peaceemoticon-Peaceemoticon-Peaceemoticon-Kaskus Loversemoticon-Kaskus Loversemoticon-Kaskus Loversemoticon-Kaskus Loversemoticon-Kaskus Lovers
Quote:


wow ada dia lagi .... wahahaha.... edan tenan.... mas .... saya nanya kimia lagi tuh diatas

emoticon-Toast


Halaman 122 dari 125


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di