rentdiiAvatar border
TS
rentdii
Indonesia Juara Kompetisi Kopi Tingkat Dunia Gan!
Hi Agan agan,

Tau ga sih Indonesia berhasil menjadi jawara dalam kompetisi kopi tingkat International? Kompetisi tersebut bertajuk Specialty Coffee Association of America Expo ke 28 yang diadakan pada 14 hingga 17 April 2016 setelah diumumkan pada acara Opening Ceremony yang diselenggarakan di ballroom Georgia World Congress Center, Atlanta, Amerika Serikat.




Pada acara pembukaan ini, Peter Giuliano, Sr Director of Symposium SCAA, mengumumkan Indonesia sebagai Portrait of Country SCAA ke-28, sekaligus menayangkan video sambutan dari Menteri Perdagangan RI, Thomas Lembong. Di dalam video berdurasi satu menit 37 detik ini, Thomas Lembong pun menyapa tamu SCAA dengan singkat dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada SCAA untuk mendorong eksposur Indonesia sebagai rumah dari kopi terbaik di dunia. “Kopi adalah minuman abad 21. Misalnya, kopi adalah minuman yang menggerakkan Silicon Valley”, kata Mendag Tom Lembong.



Setelah video sambutan dari Mendag Indonesia, SCAA juga turut menayangkan video inspirational yang berisi mengenai testimoni dari para tokoh kopi di Amerika Serikat mengenai kopi Indonesia. Salah satu pemberi testimoni adalah Erna Knutsen, pendiri SCAA dan juga pencipta istilah ‘specialty coffee’.

Erna mengungkapkan kecintaannya terhadap kopi Indonesia, terutama Sumatra Mandheling, dimana Ia terinspirasi istilah specialty coffee setelah mencicipi kopi Sumatra tersebut. Tidak hanya Erna, beberapa tokoh kopi di AS lainnya, seperti Evan Gilman dari Royal Coffee dan Ben Angelo dari Stumptown juga memberikan testimoni mengenai kesukaan mereka terhadap kopi Indonesia.

5 Kopi dari Indonesia berhasil menjuarai kontes Specialty Coffee di Amerika



Kopi dari Gunung Puntang di kawasan Bandung Timur berhasil menyabet gelar jawara pada event tersebut. Tidak hanya kopu dari gunung puntang saja, ada lagi lima jenis kopi yang juga dari Jawa Barat menjadi juara di ajang kompetisi speciality coffee di Amerika ini.

Ada 17 specialty coffee (Kopi khusus) dari Indonesia yang dipamerkan dalam SCAA ini. Sebelumnya kopi - kopi tersebut telah diuji oleh Caswells Coffee, lembaga kurator kopi dari Indonesia yang telah memiliki sertifikasi standar SCAA. Berbagai jenis specialty coffee tersebut telah lolos kurasi dengan cupping score lebih dari 83,5 poin. Jenis kopi dengan skor tertinggi yakni 86,25 poin adalah jenis Gunung Puntang.

Beberapa kopi yang masuk di pameran SCAA itu antara lain Kopi Gunung Puntang yang dirintis oleh Ayi Sutedja dan mendapat Juara 1, Kopi Mekar Wangi oleh Wildan mendapat peringkat kedua, Kopi Malabar Honey oleh Slamet P mendapat posisi keempat, Kopi Java Cibeber oleh Asep mendapat peringkat 9, Kopi West Java Pasundan Honey oleh Dedi Gunung Tilu yang mendapat peringkat ke 11 dan kemudian Kopi Andungsari oleh Wildan yang mendapat peringkat ke 17.

Jenis-jenis specialty coffee lainnya yang akan dibawa dalam SCAA adalah Mekar Wangi, Manggarai, Malabar Honey, Atu Lintang, Toraja Sapan, Bluemoon Organic, Gayo Organic, Java Cibeber, Kopi Catur Washed, dan Wes Java Pasundan Honey, Arabica Toraja, Flores Golewa, Redelong, Preanger Weninggalih, Flores Ende, dan Java Temanggung.



Acara Opening Ceremony ini kemudian ditutup dengan acara Welcome Reception yang dilakukan di Courtyard, Georgia World Congress Center. Sebagai Portrait of Country di acara ini, banyak pertunjukan budaya yang ditampilkan oleh Indonesia diantaranya musik angklung, dan tarian daerah. Selain itu, Indonesia juga menyajikan kuliner khas Indonesia yaitu, gado-gado dan sate.

Pada malam itu pula terlihat pembawa acara dari Opening Ceremony SCAA Expo ke-28 yakni Eden Marie Abramowicz dari Los Angeles dan Mark Gerber dari Melbourne, Australia mengenakan pakaian dari kain batik khas Indonesia.


Thomas Lembong, Menteri Perdagangan Indonesia, menuturkan dengan tampil dan berpartisipasi dalam ajang SCAA ini Indonesia bisa membenahi branding dan pemasaran kopi di kancah internasional. Kopi Indonesia biasanya dipasarkan sebagai kopi Sumatera, kopi Sulawesi, kopi Jawa, kopi Bali, dan lain sebagainya yang tidak mencantumkan nama ‘Indonesia’.


"Tapi tidak ada Indonesianya. Ke depan, kami menghimbau agar kita memasarkan Indonesianya dulu baru Balinya, Sumateranya, Jawanya, Sulawesinya, dan lain sebagainya. Penting bagi kita untuk punya national branding," kata Thomas awal April 2016.

Menurut Thomas lagi, specialty coffee atau kopi khusus yang akan menjadi unggulan Indonesia dalam SCAA merupakan minuman kelas menengah. Pasar di kelas menengah saat ini sedang tumbuh secara pesat. "Masa depan kopi sangat cerah. Indonesia seharusnya punya keunggulan yang luar biasa dari sini. Karena itu, perlu kami genjot dengan dukungan penuh pemerintah," katanya.


Source : http://www.ulinulin.com/

Mohon cendol nya gan emoticon-Toast dan rate nyaemoticon-Rate 5 Star
0
3.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan