januzackAvatar border
TS
januzack
(OPINI) KPAI dan pemblokiran 15 Game Online
pagi gan . . .

Salam kenal dari ane gan. Ini pertama kalinya ane bikin thread, maap ye kalo banyak kesalahan dan penempatan template serta layout yang ngga enak dipandang, pake henpon soalnya gan . . hehehe

Kali ini ane pengen membuka opini tentang satu hal cukup asik untuk di bahas gan. Walaupun di beberapa forum, opini ini udah sering di bahas atau beberapa thread yang membuat opini yang serupa, yaitu KPAI yang memblokir 15 Game online yang dianggap berbahaya.

Nah, kali ini ane akan melihat dari sisi orang-orang yang sepakat ketika game online ini diblokir. Dalam artian begini gan, emang dalam game online udah rate usia untuk user, tapi masih aja ada warnet/game center yang ngebiarin bocah yang rate umurnya ngga sesuai untuk memainkan game-game ini. Kita semua tau jika GTA, CoD, PB, dan game lain yang di Blokir KPAI adalah game-game untuk anak usia minimal 13 tahun. tapi sayangnya ngga hanya anak yang usianya 13 taun yang mainin ini game, anak-anak di bawah 13 taun pun juga banyak bermain game-game yang "belum" pantas untuk usia mereka.

Menurut KPAI ada beberapa hal yang menjadikan dasar mereka memblokir game online, seperti :
1. Perilaku Negatif
2. Tidak Peka Sosial
3.Menganggu Kesehatan
4.Gangguan Emosi
5.Mengalami Obsesi
6.Mendorong Ketidakjujuran
7.Tidak Mampu Mengendalikan Diri
8.Mempengaruhi Otak

coba deh gan kita mencoba merasionalisasi pendapat KPAI ini yang sebagian memang benar adanya. Apakah ente akan memungkiri jika bermain game online dapat menimbulkan perilaku negatif?. Jika ente memungkiri pernyataan ini, ente bisa coba ke warnet atau game center terdekat kelas menengah kebawah di daerah ente, anak-anak ini udah pandai "Misuh"(bicara kotor/ngomong jorok). Bukan bermaksud sok suci atau sok bersih ya gan, tentu ente sepakat kalau "misuh" itu ngga baik untuk anak-anak, bahkan segala usia. Iya, kita bisa beralasan itu keceplosan, tapi keceplosan yang keseringan bicara kotor apakah bisa kita generalisasikan sebagai hal yang dapat di maklumi begitu saja?.

yang kedua tidak peka sosial. Hal yang pasti terjadi kalo anak-anak terlalu sering fokus ama layar, keyboard dan mouse. Dia juara di dunia maya, tapi (maaf) sampah di masyarakat. Tidak punya etika terhadap orang yang lebih tua, karena kita jarang tau usia gamers lain secara langsung saat maen game online. Jarang bersosialisasi dengan orang rumah maupun masyarakat. Iya, temen-temen onlen mereka banyak, bejibun malah, tapi ngga semuanya bisa menolongmu saat ente bener-bener ada masalah di dunia nyata. Ane ngga berusaha mengeneralisir kalo teman dunia maya ngga akan bisa peduli seperti temen dunia nyata, tapi sebanyak apa temen yang ente kenal di dunia maya benar-benar bisa meyelesaikan masalah kita di dunia maya. Kita ngga bisa ngebohongin diri kita terus dengan meyakini kalo dunia maya lebih baik dari pada dunia nyata.

lanjut page 1 gan . . .
0
3.1K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan