Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
Character Animation 'w Maya - s01 Introduction
Introduction to Character Animation ...
agan bisa check thread thread ini sebagai pendahuluan ... emoticon-thumbsup
Maya Basic Modeling /Box Modeling
Character Modeling /Torso
Character Modeling /Body Shape Proportion


BAYU Animation Online Class - Maya 2016
Character Animation 'w Maya - s01 Introduction

thread ini sebenar nya diary dr offline class ane di campus ... ada sekitar 20 sessions, ane ringkas menjadi sekitar 8 thread nantinya supaya nga kepanjangan agan agan n sista ngikutin nya ... thread ini ane buat lebih pada memberi gambaran workflow dan cara kerja pada character animation, sekalian supaya beberapa dr agan agan yg agak susah menemukan tempat training ataupun sekolah animasi bisa mendapat gambaran ... terlebih yg jauh ...


kita akan pakai global workflow yg umum dan simple ya gan yah ... Pre Production, Production, dan Post Production ... step step pembagian nya harus jelas, tujuan nya harus jelas, sehingga kita bisa organize kerjaan kita dengan baik ya gan n sist ... in the yah supaya kita bisa antisipasi problem ataupun revisi yg bisa aja terjadi keika kita di progress nanti nya ...

Pre Production disini kita bukan hanya membahas masalah design nya dalam arti gambar ... atau bahkan guidance tampak depan, tampak samping ya gan ... tapi lebih jauh bgmn performance character itu sendiri secara keseluruhan ... bgmn looks nya, bgmn dia bertingkah, berjalan, apapun mengenai tingkah dr character tersebut ...

biasanya ane mengajak class utk banyak lihat referensi ... entah browsing via google ataupun youtube ... sangat penting sebagai bantuan dalam proses creative kita gan n sist ... keyword bisa ... creature concept art, character concept art ... atau yg lain ...



bukan berarti mengikuti habis habisan ... tapi lebih banyak membantu proses creative nya saja ... ane mensyaratkan personal design ... lebih ada proud nya kan gan n sist ? minimum design nya itu human form (1 kepala, 2 tangan, 2 kaki), lebih sangat di sarankan, misal bertangan 3, kepala 2, atau lainnya ... un symmetrical lebih baik lagi ... kaki nya cacat satu, tangan nya 3, besar satu, nga berfungsi satu ... atau lainnya ... design design seperti itu akan sangat berpengaruh ketika kita masuk ke sesi character setup ataupun animate ...

sebagai masukan ... bisa kita kombinasi ... kepala binatang spt singa, banteng, badak, gurita ... badan seperti kuda (centour), bersayap ... berekor ... bersirip ... berkaki banyak ... buat beberapa varian supaya kita bisa memlih mana yg terbaik ...

jangan takut nanti bgmn akan di modeling, jangan takut bgmn nanti akan di animate, bebasin aja se creative mungkin, se gila mungkin ... sehingga hasil design lebih maksimal ... di Pre Production design menjadi sangat penting, karena se jago jago nya technical kita kalau designnya jelek ... tetap aja hasil modeling akan jelek ... design nge DRIVE modeling banged ... design nge LEAD modeling banged ... gan n sist ...

inget gan n sist ... ambil pinsil dan kertas ... mulai dengan design, kasih catatan ... !! mulai dr sana ... bukan dr computer ... !!


Production ketika kita masuk ke computer simply kita bagi lagi gan n sist ... asset atau model, animate dan rendering ... disini kita harus bagus bagus nge set pembagian nya ... supaya secara project database nya juga bagus ... terutama filing !!
Model ruang lingkup nya poly model, UV + textures, skeleton rig + skinning, dan character setup ... over all bisa di bilang selesai sesi ini semua harus ready animate gan n sist ...

dalam sesi ini LOD (level of detail) menjadi sangat penting, juga penting dalam project database nya ... contoh pada poly model, di level mana kita control proportion shape nya, di level mana kita bisa sclupt, di level mana kita bisa apply displacement map



gambar diatas lebih pada pembagian rough level ya gan n sist ... dimana di level awal sealu sebagai level utk me maintain proportion shape nya ... bisa jadi nga hanya satu level utk maintain proportion nya ... biasanya kita gunakan utk menjaga scale dr setiap part nya contoh seberapa besar bentuk kepala, tangan ... jika di bandingkan dengan torso nya ... sehingga secara keseluruhan bisa kelihatan pas sesuai proportion nya ...

pada level bagian kedua biasanya kita kategorikan sebagai level level nya detailing, di level level ini kita bisa set bebebrapa level juga gan ... bisa utk men develop muscle, part yg kecil seperti jari jari ... kuping mata hidung misal nya ... dimana pada level sebelumnya subdivision poly belum mencukupi atau masih terlalu besar utk ukuran part part yg kecil ...

di group level ini bisa juga kita gunakan scultp tool utk mempermudah, yg sudah tentu membutuhkan subdivision yg mencukupi ya gan n sist ... pada bagian akhir dr group level ini bisa kita gunakan juga displacement map utk membuat detail yg lebih kecil ... yg tentu nya hanya bisa terlihat ketika kita rendering ...

untuk UV + textures, biasanya kita sisipkan sebelum level terakhir ... level rendering ...
bahkan sebelum kita masuk ke sculpting tool yg khusus seperti Zbrush ... kita perlu set UV layout nya dulu, ini syarat ya gan n sist ... buat ane masih lebih nyaman set Uv di 3D tool ketimbang di sculpting tool ... lebih ter predikdisi ketimbang di sculpt tool ...

begitu juga utk assign skeleton rig + skinning nya ... tetapi utk setup dan additional controller bisa kapan saja, kenapa gan ?? karen mereka hanya bersetuhan lebih banyak dengan skeleton ... cukup aman di lakukan terkahir pada sesi ini ...

Rendering ada planning tersendiri disini gan n sist ... terutama utk persiapan post production nya ... bagus nya kita pakai multi pass rendering ... supaya pada waktu compost kita bisa lebih leluasa utk adjust warna dan lainnya


ok gan n sist ... begitu sesi awal dr Character Animation Class nya ...
kita tunggu design dan guidance prepration sebelum kita masuk ke modeling step nya ...

silahkan agan agan n sista coba juga ... sama sama belajar nya gan n sist ... emoticon-thumbsup




emoticon-I Love IndonesiaMAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia


0
3.4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan