Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agusdwikarnaAvatar border
TS
agusdwikarna
Jokowi Tak Ingin Reklamasi Dikendalikan Swasta, ini Tanggapan Ahok
Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews

Jakarta - Presiden Joko Widodo tidak ingin megaproyek reklamasi, baik itu tanggul raksasa maupun 17 pulau, dikendalikan oleh swasta. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) awalnya sempat bingung menjelaskan maksud keputusan itu.

"Kamu tanya deh aku juga enggak ngerti. Pokoknya gini aja, ini ada kajian, mana nih, gue juga bingung jelasinnya. Gini saja deh nih, kesimpulannya kayak gini, jadi yang baru kalau ditafsirkan bersama nih, kan ada tim Menko Maritim, KKP rekomendasi. Izin Pemda itu pulau A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M," ucap Ahok usai rapat di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2016).

Selanjutnya untuk pulau N, O, P, Q izin berada di Kemenhub. Ahok menyebut masih ada kerja sama dengan Port of Retterdam di reklamasi, tetapi izin berada di Pemprov DKI.

"Kerja sama gimana? Kita harapkan pemda yang menguasai 70 persen. Nah, ini konsep yang dilakukan di Port of Rotterdam," ujar Ahok.

"Reklamasi terus lanjut," kata Ahok kemudian.

(Baca juga: Jokowi Minta Reklamasi Tidak Dikendalikan Swasta dan Tetap Perhatikan Nelayan)

Lalu, bagaimana dengan swasta yang sudah menggarap reklamasi di beberapa pulau?

"Swasta tetap dihargai karena kan Presiden juga tidak ingin kepercayaan investor hilang. Kita yang ngatur. Jadi Presiden minta kenapa begitu kacau? karena selama ini swasta yang banyak men-drive. Harusya kita, pemerintah, yang buat kerangka yang jelas, (misalnya) 'kamu mainya di sini nih'. Makanya mau suruh selesaikan oleh Menko Pak Rizal itu," jawab Ahok.

Ahok kemudian langsung bertolak ke Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan. Dia kembali menegaskan peran swasta diatur oleh pemerintah dalam menggarap proyek reklamasi.
(bag/fdn)

Sumber: Detik

Ahok bingung menjelaskan omongan jokowi emoticon-Big Grin

BTW, katanya moratorium, tapi reklamasi masih jalan terus...

Meski Moratorium, Proyek Reklamasi Jakarta Jalan Terus (Bisnis.com)
0
1.9K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan