edoth76Avatar border
TS
edoth76
Warga Cibuntu Harus Seberangi Sungai dengan Ban untuk Pergi ke Sawah
Sukabumi - Sudah puluhan tahun warga Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bertaruh nyawa untuk berkebun dan bertani di areal lahan seluas 20 hektar yang dikenal oleh warga dengan sebutan 'Nusa'. Untuk menuju tempat itu, warga menggunakan ban melintasi dalam dan derasnya arus Sungai Cimandiri.

Di sungai selebar kurang lebih 50 meter itu, Dana (62) warga setempat hilang setelah terseret arus sungai saat berupaya menyeberang pada Minggu (24/4). Upaya pencarian terus dilakukan Tim SAR Gabungan, namun hingga hari ini atau Senin (25/4/2016) sekira pukul 17.30 WIB, tubuh kakek malang itu belum juga ditemukan.

"Hampir setiap tahun ada saja warga yang menjadi korban hanyut ketika menyeberang, ketika ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia. Biasanya jasad korban ditemukan tak jauh dari lokasi pertama hilang namun untuk pak Dana ini entah kenapa sudah dua hari pencarian belum ditemukan," kata Sopiandi, pegawai Desa Cibuntu kepada detikcom.

Menurut Sopiandi, warga setempat sudah lebih dari puluhan tahun menggunakan ban untuk menggapai tempat bernama Nusa itu. Hasil panen perkebunan maupun sawah juga diangkut menggunakan ban.

"Sudah terbiasa seperti itu, mulai dari merawat hingga mengangkut hasil panen diangkut pakai ban ke Desa Cibuntu," lanjut Sopiandi.

Sementara itu Aulia Solihanto Komandan Tim Pos SAR Basarnas Sukabumi yang melakukan pencarian terhadap kakek Dana (62) korban hanyut mengaku beberapa kali melihat langsung aktivitas warga yang menyebrangi sungai menggunakan ban. Ditengah hiruk pikuk operasi SAR, beberapa warga terlihat cuek hilir mudik melintasi sungai dengan ban.

"Ada juga yang pakai batang pisang loh, kita sudah ingatkan karena kondisi sungai lumayan deras. Tapi mereka malah bilang sudah terbiasa, mau gimana lagi karena mereka sendiri harus berkebun dan bertani dengan kondisi seperti itu," tutur Aulia.

Terkait operasi pencarian yang dilakukannya Aulia menyebut jika proses pencarian sudah dilakukan maksimal. Mulai dari mengerahkan perahu karet hingga penyisiran pinggiran sungai.

Sumber : http://m.detik.com/news/berita/31964...pergi-ke-sawah

Jawa Barat ... Siapa Gubernurnya? emoticon-Blue Guy Bata (L)

Susah bener buat bangun jembatan... emoticon-Cape d...

Quote:


Diubah oleh edoth76 26-04-2016 00:59
0
2.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan