leaflonAvatar border
TS
leaflon
[ASK] Apa pandangan agan tentang suatu kota yang "ideal"?
Gan, ane mau sharing aja sama agan-agan semua. Menurut agan-agan sekalian, apa sih sesuatu yang kurang ''sreg" di kota agan, yang seharusnya bisa dibenahi dengan teknologi yang ada sekarang? Kan banyak tuh. Selama ini kan lagi booming-nya tentang "smart city". Buat agan yang bingung apa itu smart city, anggep aja itu menggunakan teknologi yang ada di kota untuk memudahkan kita dan supaya kerja kita lebih efisien dan hemat. Semisal aja, dari ane sendiri, ane pengen banget nih ada beberapa hal berikut :
  1. Ada peminjaman sepeda gratis dari pemerintah, yang ntar kita pake kartu e-KTP untuk minjem dan di-track GPS juga. Jadi orang gak bisa tuh nyolong karena semuanya udah di track.

  1. Traffic light yang pake sensor. Jadinya kita bisa nyesuain traffic light sesuai sama traffic yang ada, supaya bisa mengurangi macet. Untuk soal traffic ini sendiri ntar ada yang kasih info tempat parkir yang kosong.

  1. Ada track GPS busway atau bus trans. Jadi kita bisa tahu bisnya ampe mana dan kita bisa manage waktu kita.

  1. Sistem perpajakan dan untuk urusan-urusan lain dibikin dalam satu kartu, e-KTP.

  1. Lampu yang otomatis meredup kalo udah jam 12 malem, dan nyala terang lagi kalo ada kendaraan yang mau lewat.


Kalo ada dari agan-agan yang mikir "kaya' gini terlalu mewah buat Indonesia", agan salah. Agan tahu gak budaya pungli yang udah mengakar kuat di kita? Ibaratnya, di yang kecil aja kaya' busway itu untuk uang kembalian receh, satu halte busway rugi sampe 10 juta tiap hariemoticon-EEK!:. Ke mana? Ya agan tahu lah ke mana duitnya, klasik emoticon-Smilie. Dengan ngerubah jadi pake kartu aja bisa sangat menghilangkan "perilaku korupsi" kaya' gitu. Terus untuk traffic, dengan traffic yang lebih tertata, tiap tahun untuk satu kota aja kita bisa menghemat sampe triliunan untuk masalah bensin doang. Belum yang lain2 kaya' waktu, energi, dll dari kita. Nah, disini ane minta tolong banget pendapat agan2 dan mau "brainstorming" tentang apa yang sebenernya agan butuhkan. Kalo agan tanya, kenapa ane tanya gini, well, ane ada koneksi ke salah satu institusi pemerintahan yang punya dana banyak untuk ini. Agan bisa banget lho ya jadi "agent of change" cuma dengan ngasih masukan ke ane. hehehe. Share aja semua hal yang MUNGKIN diterapkan. Hal yang gila sekalipun gak papa gan emoticon-Big Grin:emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin. Tengkyuuu.
0
2.4K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan