Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zidniiiAvatar border
TS
zidniii
Jangan Takut Naik Pesawat! Ketahui 7 Fakta tentang Perjalanan Pesawat Gan !
Quote:


Kecelakaan udara mungkin membuat kamu takut untuk bepergian dengan pesawat. Don't! Soalnya nih, tentu saja bepergian dengan pesawat sangat efisien secara waktu. Untuk sebagian besar perjalanan, juga jauh lebih hemat dari segi biaya. Misalnya, kamu yang dari Surabaya mau ke Jayapura, tentu membutuhkan berminggu-minggu dengan kapal laut - sementara hanya beberapa jam jika dengan pesawat.

'Tapi kan, seram dengar banyak kejadian kecelakaan pesawat akhir-akhir ini'

Well, yang namanya kecelakaan kan tidak dapat dihindari dan siapa juga yang mau? Percayalah bahwa airline telah berusaha semaksimal mungkin untuk mengamankan perjalananmu. Lagipula, jika mereka tidak berhati-hati, pesawat yang terbang dalam keadaan tidak sepenuhnya layak terbang, akan membahayakan image mereka sendiri.

Agar kamu tak lagi takut naik pesawat, yuk pelajari 7 fakta tentang perjalanan dengan pesawat berikut ini.


1. Pesawat adalah Sarana Transportasi Paling Aman


Photo credit: prajnapramita.wordpress.com

Yup! Pesawat adalah sarana transportasi paling aman di dunia. Hal ini bukan tanpa alasan yaa, Sahabat Trivia. Pesawat punya standar keamanan tertinggi dan sekaligus paling ‘ribet’ karena harus melalui proses pengecekan sebelum take off dan setelah landing. Jadi, tidak bisa seenaknya main terbang sendiri.

Selain itu, menurut data dari Aviation Safety Network, selama 40 tahun, angka kecelakaan pesawat terbang merosot tajam setiap dekadenya. Bahkan secara statistik seperti yang dilansir dari National Highway Traffic Safety Administration pada tahun 2008, kecelakaan di darat memakan korban lebih banyak dibandingkan kecelakaan pesawat dengan rasio 1:1,2 juta. Jadi, kesimpulannya nih, mengendarai mobil, motor, dan kereta masih jauh lebih berbahaya lho daripada bepergian dengan pesawat.


2. Turbulensi Itu Hal yang Wajar


Photo credit: bgr.com

Turbulensi adalah keadaan saat pesawat dalam kondisi tidak stabil atau mengalami pergerakan yang acak dalam setiap waktu sehingga menyebabkan penumpang harus merasakan guncangan. Inilah kondisi yang mungkin membuatmu panik saat berada dalam pesawat. Tapi percaya deh, turbulensi ini adalah hal wajar.

Prinsip turbulensi ini sama seperti kamu naik mobil dan harus melewati gundukan tajam atau jalan yang masih tidak mulus. Nah, yang namanya guncangan pasti menyebabkan ketidaknyamanan saat kamu berada dalam pesawat, tapi bisa dipastikan kalau hal ini tidak berbahaya kok. Jadi, kamu tidak perlu khawatir yaa.


3. Sirkulasi Udara di Pesawat Tidak Membuatmu Sakit


Photo credit: tempo.co

Banyak sekali yang bilang kalau sirkulasi udara di pesawat ini buruk, sampai bisa menyebabkan pusing dan bahkan mual. It's totally wrong! FYI, udara di dalam pesawat telah disaring lebih dari 90% untuk membasmi bakteri. Tapi, kalau kamu masih merasa tidak enak badan, ini berarti karena pengaruh virus atau bakteri yang tertinggal di pesawat. Maklum, setiap saat, pesawat mengangkut lebih dari ratusan penumpang yang mungkin saja sedang sakit saat terbang. Oleh karena itu, tetap dianjurkan untukmu minum suplemen, banyak minum air mineral sepanjang perjalanan, dan mencuci tangan dengan hand sanitizer.


4. Mengapa Telingamu Meletup Saat Sedang Berada di Pesawat?



Saat berada dalam pesawat, ada gesekan dan suara mesin yang menyebabkan suara bising dan menggema. Nah, gesekan dan suara tadi mengendap di dalam pesawat. Makanya pada saat take off ataupun landing, telingamu pasti akan merasa sedikit sakit dan bising sehingga membuatmu tidak nyaman. Tapi jangan khawatir, setelah di darat telingamu akan normal kembali, kok.


5. Mengapa Makanan di Pesawat Tidak Seenak di Darat?


Photo credit: lipboard.com

Kalau kamu tidak percaya, coba deh sesekali makan di pesawat. Meskipun makanannya sama, tapi rasanya akan berbeda saat berada dalam pesawat maupun di darat. Lho, kok bisa? Nah ternyata, saat kamu berada dalam pesawat indra perasa dan penciumanmu kurang sensitif jadinya kemampuanmu mengecap rasa manis, asin, asam, dan lain-lain itu juga akan berkurang. Tekanan udara yang rendah dalam kabin itu yang membuatmu tidak bisa merasakan makanan seenak saat di darat.


6. Menyalakan Handphone dan Merokok itu Dilarang



Photo credit: phys.org

Meskipun kamu ingin sekali update status di media sosial atau posting foto selfiemu saat berada dalam pesawat, jangan sesekali menghidupkan handphone, terutama saat pesawat akan lepas landas dan mendarat. Sinyal elektromagnetik dari handphone ini bisa mengacaukan berbagai fungsi pada pesawat dan tentu bisa berbahaya. Sesuai dengan Undang-Undang No. 1 tahun 2009 tentang penerbangan, “Melakukan sesuatu yang mengganggu penerbangan termasuk tidak mematikan handphone saat penerbangan akan didenda Rp. 200 juta atau denda kurungan minimal 2 tahun”, lho.

Oh iya, selain penggunaan handphone yang dilarang, merokok di dalam pesawat juga tidak diperbolehkan lho yaa. Alasannya tentu karena kesehatan dan keamanan. Coba deh kamu teliti saat kamu merokok di dalam pesawat, asap rokok hanya berputar-putar di situ saja sehingga bisa membuatmu sesak nafas. Nah, kalau kamu nekat merokok meskipun saat di toilet, bisa jadi puntung rokok tadi menyebabkan api yang bisa memicu kebakaran. Oh iya, sudah banyak lho kasus penumpang yang diciduk pramugari atau pramugara karena ketahuan merokok saat di toilet. Lagipula, apa susahnya menahan untuk tidak merokok selama beberapa waktu?


7. Saat Kondisi Darurat, Menunduk adalah Pilihan yang Tepat


Photo credit: wikihow.com

Kamu mungkin jarang memperhatikan pramugari/pramugara saat mereka sedang menjelaskan instruksi keselamatan. Padahal, penjelasan mereka sangat penting! Selain itu, ketika kamu dalam kondisi darurat saat terbang, jangan panik! Kamu harus tetap tenang dan berusaha menunduk. Menurut Badan Keselamatan Penerbangan Australia, posisi menunduk itu mengurangi peluang terjadinya cedera serius pada penumpang. Jadi, penting bagimu untuk memperhatikan dan mematuhi segala instruksi saat melakukan perjalanan dengan pesawat.


Nah, itu dia tadi 7 fakta tentang perjalanan dengan pesawat. Kamu tidak perlu ragu untuk melakukan perjalanan dengan pesawat karena nyatanya banyak sekali mitos yang tidak terbukti kebenarannya. Perbanyak informasi dan jangan sungkan bertanya pada pihak maskapai jika kamu mengalami kesulitan. Mereka akan dengan senang hati membantumu. Jadi bagaimana? Sudah siapkah agan terbang hari ini?

Sumber Thread
0
3.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan