CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sanggah Pernyataan Jokowi, Warga Aceh di Swedia Surati PM Inggris
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5719ae2b31e2e639328b4569/sanggah-pernyataan-jokowi-warga-aceh-di-swedia-surati-pm-inggris

Sanggah Pernyataan Jokowi, Warga Aceh di Swedia Surati PM Inggris

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -- Ketua Persatuan Masyarakat Aceh di Örebro, Swedia, Asnawi Ali menyanggah pernyataan Presiden Jokowi di Parlemen Inggris di Windsminster, London dua hari lalu terkait sejarah hubungan dagang antara Indonesia dan Inggris yang sudah terajut sejak abad ke 16.

Sanggahan bernada protes disampaikan dalam bentuk sebuah surat terbuka yang dilayangkan kepada Perdana Menteri Inggris, David Cameron, Rabu (21/4/2016).

Asnawi Ali dalam surat terbuka kepada David Cameroon mengklarifikasi pernyataan Jokowi terkait penjelasan sejarah yang dipaparkan di depan Parlemen Inggris di Windsminster, London, Selasa (19/4/2016).

Dalam surat terbuka yang dikirim ke redaksi Serambinews.com tersebut, Asnawi Ali menulis, ia menyayangkan pemutarbalikan fakta sejarah oleh Presiden Jokowi yang mengutip cuplikan sejarah bahwa hubungan dagang Indonesia–Inggris telah terjalin sejak akhir abad ke 16.

Menurut Asnawi, tepatnya ketika tahun 1602 John Lancaster tiba di Aceh membawa surat dari Ratu Elizabeth I untuk memulai hubungan dagang.

Asnawi juga menyebutkan bahwa aksi pembohongan publik itu sudah sering terjadi di Indonesia. Ia mencontohkan tentang sejarah Aceh dalam cuplikan Film Cut Nyak Dhien dan pemalsuan sejarah tentang Wali Nanggroë Aceh oleh penguasa lokal. (*)

Berikut surat terbuka Asnawi Ali, Ketua Masyarakat Aceh di di Örebro, Swedia kepada Perdana Menteri Inggris, David Cameron dalam Bahasa Inggris yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia:

Tuan David Cameron

Perdana Menteri Inggris

Kantor Perdana Menteri

London, SW1A 2AA

21 April 2016
Kepada Tuan Cameron,

Saya mengikuti berita perjalanan Presiden Indonesia ke berbagai negara-negara Eropa setiap harinya yang salah satunya ke negara Anda, Inggris. Pada hari Selasa (19/4) lalu, Presiden Indonesia berpidato didepan Parlemen Inggris di Windsminster, London yang salah satunya mengutip cuplikan sejarah bahwa hubungan dagang Indonesia–Inggris telah terjalin sejak akhir abad ke 16. Tepatnya ketika tahun 1602 John Lancaster tiba di Aceh membawa surat dari Ratu Elizabeth I untuk memulai hubungan dagang.

Dalam kesempatan ini saya ingin memberikan klarifikasi karena kutipan tersebut sudah dipublikasi oleh media di Indonesia sebagai rujukan. Oleh karena itu saya menulis surat ini dengan surat terbuka. Perlu saya jelaskan bahwa bahwa kutipan pidato Presiden Joko Widodo itu sangat keliru karena mengadopsi nama Aceh sebagai Indonesia. Perlu tuan perdana menteri ketahui bahwa pada tahun 1602 itu nama Indonesia saja belum ada dalam peta dan oleh karena itu Presiden Joko Widodo telah berbohong didepan parlemen Inggris.

Perlu tuan perdana menteri ketahui pula pembohongan publik ini sering terjadi di Indonesia. Saya dapat memberikan bukti hampir sama lainnya seperti sebuah Film Cut Nyak Dhien, kisah seorang pejuang Aceh saat berperang melawan Belanda. Di salah satu cuplikan film itu dimanipulasikan bahwa Cut Nyak Dhien berjuang untuk Indonesia dengan membawa bendera Indonesia. Perlu saya klarifikasikan juga bahwa pada zaman itu nama Indonesia belum wujud di zaman Cut Nyak Dhien dan begitu juga bendera Indonesia tidak pernah dilihat oleh pahlawan Aceh itu.

Tuan Cameron,

Masih banyak hal lain yang perlu anda ketahui dengan propaganda bohong Indonesia saat berbicara didepan publik saat kunjungan ke negara-negara uni Eropa ini. Begitu juga tentu saja masih banyak bukti lain yang bisa saya berikan kepada anda, termasuk berkaitan dengan Aceh yang juga terjadi pembohongan publik disana. Salah satunya perdamaian di Aceh yang tanpa keadilan, pemalsuan sejarah tentang Wali Nanggroë Aceh oleh penguasa lokal. Dalam dinamika politik Aceh, informasi yang diulang-ulang oleh media meskipun keliru akan menjadi sebuah kebenaran. Walaupun demikian, dalam agama saya diajarkan bahwa katakanlah yang benar--dengan bukti-walaupun pahit akibatnya.



Pertimbangan menulis surat terbuka ini kepada Anda sebagai upaya informasi penyeimbang ketika media di Indonesia mengutip utuh keterangan Presidennya tentang Aceh dan diwaktu yang sama tidak ada ruang aman untuk memperjuangkan hak azasi dasar seperti penentuan nasib sendiri bagi orang Aceh.

Asnawi Ali

Ketua Persatuan Masyarakat Aceh di Örebro, Swedia

E-mail: asnawiali@gmail.com


http://aceh.tribunnews.com/2016/04/2...ati-pm-inggris

aceh

emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 7
swedia... belum move on
sebelum nuntut2 yang ga jelas ke presiden, mending lu tuntut dulu masalah pelanggaran HAM lu maen cambuk orang sembarangan di aceh sono, Aceh Goblok emoticon-fuck
aceh-swedia-linggisemoticon-TravellerSanggah Pernyataan Jokowi, Warga Aceh di Swedia Surati PM Inggrisemoticon-Traveller
masih mau merdeka, mendingan aceh merdeka aza, biar bebas jualan ganja, gabung sama indonesia mah cape2 nanem malah dibakar massal kan jadi nyimeng berjamaah emoticon-Traveller
Quote:

Sanggah Pernyataan Jokowi, Warga Aceh di Swedia Surati PM Inggris
Jadi inget kesultanan aceh minta bantuan kesultanan turki buat usir portugis.. emoticon-Traveller
Merugikan aceh ya?
Ini tugas BIN yg sukses pulangin Samadikun Hartono, yg ini bisa dicegat kagak...?!
Disono kita ga punya atase militer?
bukannya aceh sekarang sudah dikuasai orang lokal? kok gak pulang? jangan2...... emoticon-Shutup
btw berasa kayak di BPLN. emoticon-Embarrassment
Yaelah bro

Maksudnya mau bilang kalo aceh bukan bagian dari indonesia?

Kalo nurutin pola pikir gitu, maka borobudur juga bukan bagian dari indonesia, karena jaman majapait mana ada indonesia.
Semua tentang sejarah sebelum indonesia merdeka hapus aja kalo gitu.
aceh itu sebelah mana cuy? negara baru ya?
emoticon-Bingung
Aceh bagian dari Indonesia wajr lah kalo Cut Nyak Dien dianggep salah satu pejuang + pahlawan nasional Indonesia, nih orang satu tapi bikin malu Indonesia emoticon-Blue Guy Bata (L)
Btw, emang bener dudulu belum ada indonesia. Konsep nasionalisme aja belum ada emoticon-Ngacir

Yg aneh itu knapa lo idup di negara kapir? Balik kampung di negara syariat yg lo perjuangin donk emoticon-Mad

Munapig emoticon-fuck


























Ane tarik pernyataan ane deh, bukan ktp aceh emoticon-Mewek
emoticon-Ngakak

Sampe ke luar negeri Jokowi tukang ngibul.. Dia pikir otak org sono ke otak para panastak ato jasmev..

emoticon-Ngakak
besok ke aceh mesti pake paspor
Aceh di Indonesia ya?
sisa2 antek pendiri GAM hasan tiro yg masih di swedia ..

pendiri GAM si hasan tiro itu bersujud minta maaf pd pemerintahan indonesia spy dikasih status WNI lagi sebelum meninggal
Sanggah Pernyataan Jokowi, Warga Aceh di Swedia Surati PM Inggris

rusuh minta merdeka utk apalah ..
Diubah oleh drunkard.jp.
aceh tetap Indonesia. jangan bikin perpecahan gan. hargai perjuangan pahlawan kita


Sanggah Pernyataan Jokowi, Warga Aceh di Swedia Surati PM Inggris
Budayakan pengunaan materai,
agar opini dan suara anda sah.
Quote:


jangan lupa bro sekalian pelanggaran HAM di Aceh waktu Aceh sebagai DOM TNI (ABRI)
Gila. Udah di kasih daerah Istimewa, tetep aja kelakuannya kayak gitu...

emoticon-Wow
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di