CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
SPARKUS : Chevrolet Spark Community
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51e8aebb40cb17846700000c/sparkus--chevrolet-spark-community

SPARKUS : Chevrolet Spark Community

Tampilkan isi Thread
Halaman 39 dari 108
Quote:


Kalo harga beres sih pasti agak lebih mahal drpd harga di toko onderdil chevy meski barangnya sama2 original. Tapi yg namanya body parts spt headlamp itu harusnya parts seumur hidup makanya mungkin harganya jd lebih mahal krn uangnya nggak bisa diputerin lagi sampai ada yg Sparknya tabrakan dan mobilnya sendiri pun populasinya sangat terbatas. Makanya saya kalo nyupir nggak pernah mau ngebut, selalu ngalah aja sama yg lain dan selalu jaga jarak di tol spy terhindar dr tabrakan. Pasaran 2011 harusnya sekitar 80jt, tergantung kondisi dan kilometernya juga

Quote:


om morinoz, mw tny, kemaren abis ganti v belt, 2-2nya di ganti tuh, tp kenapa kalo abis dipake ujan2an n ciprat2an gitu, v beltnya suka bunyi ngik ngik ya, cm sebentar sih, lama2 ilang bunyi nya, apa karena v beltnya ke sirem genangan air yg di kolong mobil ya?soalnya tiap ujan deres lewatin yg ada genangan airnya, suka bunyi tuh v beltnya, padahal baru ganti bulan lalu..
Quote:


Selama kondisi normal nggak ada bunyi2 sih kalo saya cuekin aja dulu selama yakin nggak bakal putus..
Kalo parno coba bawa ke bengkelnya lagi, memang seberapa tinggi genangannya. Kalo saya sih misalkan ketemu genangan yg lumayan tinggi lebih pilih minggir dulu cari parkir.
Quote:


genangannya lumayan lah om, kalo jalan 20km aja tuh air nyiprat ke samping mobil, cuma ya itu, setiap kena ujan pasti bunyi tuh v beltnya..
ntar saya cb bw balik lg ke bgklnya deh bwt d cek..

btw, kalo repaint spark seluruh body kira2 kena berapa om?
Quote:


Pernah baca terakhir kalo kelasnya mobil ukuran kayak Avanza sekitar 7 jutaan kalo cuma siram cat aja, kalo pakai kerok dan perbaiki yg karatan jadi lebih mahal lagi, kalo Spark berarti lebih rendah dr itu krn ukurannya lebih mini. Tapi itu tergantung masing2 bengkel catnya juga ya.. yg 12 juta juga ada. kalo spark yg warna ngejreng kayak merah, orange biasanya memang udah keliatan kusem atau luntur, tapi kalo yg warna silver nggak terlalu keliatan kusemnya.

Quote:


makasih ya mastah morinoz buat jawabannya...

btw td ane uda liat sparknya om...dia blm lama ganti blower ac(ini maksudnya kompresor ya om?)&abis ganti laher ban semua..mesinnya alus kl di dalam kabin,tp pas buka kap agak glitik ya om & ada kaya bekas oli di atas headnya,kt dia setelan ny apanya gitu dikendorin biar ada larinya..mamg bener ya om,maap ya om ane bawel masi nubi bgt.. emoticon-Hammer (S)
Quote:


Peredaman kabinnya Spark emang bagus jd nggak heran suara mesin dan kipas blower yg dr luar terdengar keras begitu masuk dalam kabin jd jauh lebih senyap. Blower AC beda dg kompresor AC, kompresor harganya paling mahal bisa sampai 4jt kalo rusak dan musti ganti.

Masalah ngelitik ini mesin Spark memang cocoknya pakai bensin Ron 92 sekelas Pertamax, kalo diisi Premium pasti rada ngelitik, dulu sd km 70 ribuan juga selalu isinya pakai Premium lalu ganti yg Ron 92 sd sekarang, nggak lama setelah beralih ke ron 92 ternyata divonis harus ganti cylinder head itu habisnya banyak bisa sampai 11jt di bengkel resmi udah termasuk ongkos2 lainnya. Jadi minimal harus pakai ron 92.

Normalnya sih sekitar mesin nggak ada cairan oli.. nggak usah pakai alasan dikendor2in segala. mau lari lebih enteng dan bebas ngelitik ya musti pakai BBM yg bagus minimal ron 92, mau tarikan lebih enteng lagi pakai ron 95, ini udah saya buktikan saat ini lagi pakai ron 95 tarikan jauh lebih enak drpd yg ron 92. Saran saya mending cari unit yg kondisi kolong mesin dan bagian roda2nya bebas bekas cairan oli, sabar aja cari yg lain kalo memang maunya Spark. Mobil tahun segini kalo pemilik sebelumnya nggak cinta2 banget sama mobilnya alasan buat dijual biasanya krn udah rewel terlebih kalo sebelumnya biasa diisi bensin Premium, saya aja biar rawatan bengkel resmi dan pakai BBM bagus tapi yg namanya usia udah tua pasti ada aja yg giliran minta ganti.

Diubah oleh morinoz
Quote:


iya ni om ... ane budgetnya tipiz soalnya hehe...tu aja mo kredit pula hehehe.
o ya om sory lupa td pas ac idup indikator panas mesin (namanya ane ga tau hehe) di tengah turun dikit,itu normal ga om?
iya om ane coba cari2 lg de biar dapet yg mendingan sparknya,btw kl bole tau om morinoz pake spark juga om?biasa di beres mana om?
Diubah oleh fatzu
Quote:


Iya itu indikatornya normal alias setengah kurang sedikit.

Kredit mobil bekas kan bunganya lebih tinggi drpd kredit mobil baru? Kalo memang sanggup mending kredit mobil baru LCGC aja cari harganya paling murah dan diskonnya paling besar meski itu sisa stok tahun kemarin atau bekas show unit di dealer, serta yg angsurannya paling ringan, keuntungan mobil baru bebas resiko dan garansi panjang, asal dr awal dikasih bensin Ron 92 sekelas Pertamax dan selalu tepat waktu servis ganti oli harusnya mesin tetap awet dipakai utk jangka waktu lama. Beli Spark tahun segitu musti siap mental mogok di jalan, siap inden spare parts kecuali memang benar2 suka sama Sparknya mending beli cash aja yg harga deal transaksinya maksimal 35jt sd 40jt. Ini di garasi Sparknya masih dipakai kurang lebih udah 12 tahun sd sekarang, servis di Andalan arteri PI.

Diubah oleh morinoz

Referensi Harga Spare Part

Dear all,

Buat yang mau cari referensi harga spare part Spark 1.2 LT, bisa dicoba situs berikut ini

https://www.gmpartsonline.net/parts/...56&searchText=

Mudah-mudahan bermanfaat emoticon-Smilie

Contoh: latch (central lock) pintu kiri depan, di situs ini harganya USD54.32 (atau sekitar Rp. 543.200 dengan kurs 1 USD = Rp. 10.000) sedangkan harga di GM Indonesia Rp. 537.000
Diubah oleh MAFIC
Gan numpang tanya:
1. Shift knob ANS itu gmn? Apakah bisa diganti "kepalanya saja"/ gmn?
2. Profil ban ANS yg rekomended dg velg standartnya?

Mohon infonya gan.
Terimakasih.
AGAN Morinoz tanya DONG ... Untuk AKI ... Kan Udah Saat Nya Ganti BAru Punya Gue nih SPark ..

Ada Standart Merek Tertentu Ga AKI .. Atau Sesuaikan Saja ... AKI mah Kan Bisa Dia Pasang Sendiri kan ..


Thanks Pencerahan nya
Quote:


nanti Info SOAL AKI Ya Mas Bro ... Udah Wayah Ganti nih....
Quote:

Tinggal bawa mobilnya ke toko aki aja, bisa pakai merk aki kering apa saja sesuai selera, yg penting speknya sama dan dudukannya pas. Ada merk Delkor, Amaron, Global, Rocket dll
Quote:


wah sdh 12 th ya om..mantap

btw om,karena ane awam mesin akhirnya ane bawa montir buat cek,menurut dia mesin halus tapi oli power stering rembes(rembesnya dikit kata dia sealnya,kalo mau pakai asal dicek),oli crankshaf rembes(kata dia sealnya,menurut dia katanya biar sekalian ongkosnya tunggu ganti kopling,soalnya kudu turun kopling dulu),packing head juga kudu ganti&katanya stabilizer roda depan ya...kena karetnya jd buat jalan di jalan rusak agak bunyi gruduk2 tp pelan&timing belt apa bener om kl kendor dia kedengeran soalnya pas ane tanya masi bagus katanya secara dia ga buka covernya,menurut mastah morinoz review si montir gimana?&estimasi bisa abis brp tu om?trims sblmnya buat pencerahannya om
Quote:


Harga spare parts cek di http://www.kaskus.co.id/show_post/56...128b4567/647/-

Power steering saya belum pernah bermasalah, biasanya yg bikin cepat rusak PS krn suka sering setirnya belok patah mentok abis dan parkir rodanya nggak lurus. PS kalo sampai rusak juga mahal, mending semua seal2 diganti buat ilangin rembesannya krn memang udah masanya harus ganti, dan jangan heran ongkos kerja ganti sealnya jauh lebih mahal drpd harga sealnya itu sendiri spt misalnya ganti seal / packingan di bagian mesin krn faktor mobil yg udah tua. Nah utk kaki2 dicek juga apa kalo belok patah abis u turn ke kiri dan kanan keluar bunyi krek krek itu alamat as roda bermasalah atau yg lebih ringan CV joint musti ganti. Kalo jalan nggak rata suka bunyi gluduk2 memang udah jd masalah yg rada susah dibenerin, saya juga masih belum ilang nih bunyinya. Nah kalo biaya spt saya bilang sebelumnya musti sedia awalnya minimal 5jt utk item yg wajib diganti spt yg udah saya tulis sebelumnya. Nah 5 jt lagi buat siap2 kalo misalkan ada masalah lain muncul spt di kelistrikan, AC.

Memang Sparknya ditawarkan harga berapa sama yg jual, setahun lalu Spark saya thn 2003 pernah nyaris mau dijual 30jt, nah setelah itu sd sekarang kira2 daftar rusaknya sebanyak yg di link di atas (belum termasuk ongkos kerjanya)


Diubah oleh morinoz
Quote:


minta 35 om Morinoz,wah selama setahun banyak banget itu om yg diganti.... emoticon-Matabelo
Quote:


Makanya beli mobil tahun segitu musti siap mental ngadat, siap duit jajannya krn pelihara mobil thn segitu sebenarnya udah nggak ekonomis lagi kecuali benar2 cinta sama mobilnya, tapi ada plusnya juga jd tahu seluk beluk mesin mobil krn dipaksa harus tahu. Nah 35jt aja udah keliatan masalah yg di depan mata, belum lagi masalah yg akan datang, Biasanya sih harga deal selalu di bawah harga penawaran sekitar 5 jutaan, tapi ya musti dihitung lagi kalo liat potensi rusaknya tuh mobil bakal makan biaya berapa banyak lagi, belum lagi abis waktu dan tenaga bolak balik ke bengkel. Kalo bengkel paling mahal ya bengkel resmi, di bawahnya ada bengkel non resmi spesialis chevy, spare parts kalo mau lebih murah pakai yg KW tapi ketahanannya juga kurang, mau repot bisa cari spare parts merk lain lebih murah dan yg cocok dg Spark, tinggal bawa copotan parts yg rusak terus keliling toko spare parts cari yg paling cocok. Tapi mesin Spark tahun ini sebenarnya sederhana krn masih turunan dr mesinnya Suzuki jd harusnya montir2 biasa juga bisa menangani dan harganya partsnya lebih murah drpd Chevrolet lain spt Aveo atau Optra.
Quote:


ada rekomen bengkel non resmi spesialis chevy om? & list sparepart subtitusi yg om morinoz/agan2 lain pernah coba & sukses ..thx
Quote:


Saya selalu servis di bengkel resmi atau rekanan GM krn lokasinya dekat, pernah sekali ke spesialis Daewoo di Ocit Cipta Jaya di Pekayon Bekasi yg spesialis Spark Matiz tempat servisnya anggota klub Spark Matiz tapi nggak tahan jauhnya. Coba aja cek daftar bengkelnya di postingan saya di page one. Saya nggak pernah pakai parts subtitusi, tapi kalo mau coba2 parts subititusi coba2 aja liat partsnya Suzuki Karimun, Hyundai, Kia, Chery QQ, dan tipe Chevrolet lainnya dr yg lama sampai yg baru, contoh aja kabel kopling bisa pakai punya Karimun, pintu samping dan body parts lain mungkin bisa pakai punya Chery QQ krn modelnya memang nyontek dr Spark.. Yg penting gaya nyetirnya musti ngalah terus sama yg lain biar nggak tabrakan krn bisa repot kalo musti cari body parts yg rusak krn populasi Spark nggak banyak.
Diubah oleh morinoz
Halaman 39 dari 108


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di