gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Fakta Menarik Lagu Kebangsaan di Dunia



Lagu kebangsaan menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap negara merdeka di dunia ini. Setiap negara memiliki lagu kebangsaan yang liriknya dapat menggambarkan seperti apa negara tersebut. Ada pula fakta-fakta menarik dari lagu kebangsaan di dunia. Apa sajakah itu?

#1


Ada 2 lagu kebangsaan yang menjadi lagu kebangsaan tertua di dunia, yaitu Kimigayodan Het Wilhelmus. Perbedaannya adalah Kimigayo merupakan lagu kebangsaan dengan lirik tertua di dunia, sementara Het Wilhelmus memiliki melodi tertua di antara lagu kebangsaan di dunia. Lirik lagu kebangsaan Jepang berasal dari puisi waka dari zaman Heian (794 - 1185) tepatnya dari abad ke-9. Melodinya sendiri baru diciptakan sekitar 1.000 tahun kemudian, tepatnya pada 1880 dan digubah oleh Yoshiisa Oku, Akimori Hayashi, dan Franz Eckert meskipun versi sebelumnya sudah diciptakan pada 1869. Meskipun telah menjadi lagu kebangsaan Jepang sejak zaman Kekaisaran Jepang (1888 - 1945), Kimigayo baru secara resmi dikukuhkan sebagai lagu kebangsaan Jepang pada 13 Agustus 1999 bersama bendera Jepang, Hinomaru, lewat Act on National Flag and Anthem. Selain merupakan lagu kebangsaan dengan lirik tertua di dunia, Kimigayo juga merupakan lagu kebangsaan terpendek di dunia. Lagu ini hanya terdiri atas 11 baris dan 32 karakter huruf jepang saja.
Sementara itu, Het Wilhelmus menjadi lagu kebangsaan dengan melodi tertua di dunia. Melodi lagu ini telah ada sebelum 1572. Ketika lagu ini diciptakan, Belanda (yang waktu itu juga meliputi Belgia) sedang berusaha memperoleh kemerdekaan dari Spanyol (dikenal sebagai "Perang 80 Tahun"). Lagu ini baru dikukuhkan secara resmi sebagai lagu kebangsaan Belanda pada 10 Mei 1932.

#2


Lagu kebangsaan dengan lirik terpanjang di dunia adalah lagu kebangsaan Yunani, Ýmnos is tin Eleftherían atau Himne Kebebasan. Liriknya berasal dari puisi karangan Dionysios Solomos pada 1823 dan memiliki 158 baris. Lagu ini juga menjadi lagu kebangsaan yang dipakai di dua negara. Selain Yunani, lagu ini juga menjadi lagu kebangsaan Siprus sejak 1966 karena Siprus tidak memilliki lagu kebangsaan sendiri sejak merdeka dari Inggris pada 1960 dan Siprus memiliki kedekatan yang kuat dengan Yunani (juga Turki).
Sementara itu, lagu dengan durasi melodi terpanjang di dunia adalah lagu kebangsaan Uruguay yang terdiri atas 105 bar musik dengan durasi 6 menit.

#3

Lagu kebangsaan Polandia, Mazurek Dąbrowskiego, memasukkan nama negara lain bahkan tokoh terkenal ke dalam liriknya. Dalam sejarahnya, Polandia beberapa kali diserang dan ditaklukkan negara-negara di sekitarnya. Negara yang disebut dalam lagu ini antara lain Swedia dan Italia. Bahkan kaisar Prancis, Napoleon Bonaparte, juga disebut dalam lagu ini karena Legiun Polandia yang berjuang membebaskan Polandia dari genggaman Prusia, Austria, dan Rusia (ketiga negara ini masing-masing menguasai sebagian wilayah Polandia mulai dari akhir abad ke-18 hingga tahun 1918) berada dalam pasukan Napoleon.

#4

Jerman dan Austria memiliki banyak kesamaan. Kedua negara ini sama-sama dihuni oleh mayoritas orang Jerman dan berbahasa Jerman. Bahkan, kedua negara ini memiliki lagu kebangsaan dengan melodi yang sama, meski tidak digunakan secara bersamaan. Ketika bersatu dengan Hongaria antara 1867 dan 1918, negara ini memiliki lagu kebangsaan Gott erhalte Franz den Kaiser yang melodinya ditulis oleh Joseph Haydn pada 1797 dan liriknya ditulis oleh Lorenz Leopold Haschka. Lagu ini sebenarnya adalah hadiah ulang tahun bagi Kaisar Franz II (Francis II), kaisar Romawi Suci dan (kemudian) Austria. Melodi yang sama pada 1922 digunakan pada lagu kebangsaan Republik Weimar (Jerman pasca-Perang Dunia I), Deutschlandlied yang liriknya ditulis pada 1841 dan menjadi salah satu simbol Revolusi Jerman 1848. Sampai sekarang, lagu kebangsaan Jerman masih menggunakan melodi ciptaan Haydn, namun liriknya diubah menjadi hanya stanza ketiga dari Deutschlandlied.

#5

Lagu kebangsaan Spanyol, Marcha Real tidak memiliki lirik sehingga hanya dinyanyikan versi instrumennya saja sejak 1978.
Negara lain yang tidak memiliki lirik pada lagu kebangsaannya adalah Bosnia-Herzegovina, Kosovo, dan San Marino.

#6

Dalam sejarah, ada beberapa negara yang sempat berganti lagu kebangsaan. Negara itu antara lain Jerman dan Spanyol. Pada masa Kekaisaran Jerman, lagu kebangsaan Jerman adalah Heil dir im Siegerkranz yang melodinya adalah turunan dari melodi lagu kebangsaan Britania Raya, God Save the Queen / King. Kemudian, setelah Kekaisaran Jerman runtuh pada 1918, lagu Deutschlandlied yang pada masa kekaisaran telah populer menjadi lagu kebangsaan Jerman sejak 1922. Hingga 1945, ketiga stanza, terutama stanza pertama dinyanyikan. Setelah Perang Dunia II, pada 1952, lagu ini kembali menjadi lagu kebangsaan Jerman Barat (kemudian diikuti Jerman Timur setelah melebur ke dalam Jerman Barat pada 1990 dan membentuk Jerman). Namun, hanya stanza ketiga yang digunakan hingga sekarang.
Sementara itu, Spanyol pada era Restorasi Bourbon Kedua (1886 - 1931), yaitu masa Raja Alfonso XIII menggunakan lagu Marcha Real dengan lirik ciptaan Eduardo Marquina sebagai lagu kebangsaan, Ketika kerajaan dibubarkan dan Republik Spanyol berdiri antara 1931 dan 1939, lagu ini diganti dengan lagu El Himno de Riego. Setelah kelompok nasionalis Spanyol pimpinan Fransisco Franco memenangi perang sipil dan menguasai Spanyol pada 1939, Marcha Real kembali menjadi lagu kebangsaan Spanyol. Namun, liriknya diubah menjadi lirik gubahan José María Pemán dan menggunakan nama La Marcha Granadera. Setelah Franco meninggal pada 1975 dan Kerajaan Spanyol dipulihkan kembali, lagu ini dimainkan tanpa lirik hingga sekarang.

#7

Lagu kebangsaan yang digunakan Britania Raya bergantung kepada siapa yang menjadi kepala monarki. Bila Britania Raya dipimpin oleh raja, lagu kebangsaan Britania Raya adalah God Save the King. Jika dipimpin oleh ratu, lagu kebangsaannya adalah God Save the Queen. Keduanya memiliki melodi yang sama. Perbedaanya hanya pada kata "King" dan "Queen" yang saling menggantikan dan penggunaan kata yang menunjukkan gender yang berbeda (misalnya "His" dan "Her").


Demikian thread dari saya kali ini. Lagu kebangsaan yang dimiliki setiap negara menunjukkan bagaimana negara itu telah melewati sejarah yang panjang hingga mencapai kondisi sekarang. Semoga Anda memperoleh wawasan baru dari thread ini. Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.


Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV
Referensi V
Referensi VI
Referensi VII
Referensi VIII
Referensi IX
Referensi X
Referensi XI

Apresiasi dari Kaskuser












Diubah oleh gilbertagung 19-05-2018 05:08
0
47.8K
186
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan