Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

japanlistAvatar border
TS
japanlist
Jangan Ngaku Pecinta Film Horor Kalau Belum Nonton 10 Film Horor Jepang Populer Ini!
Apa agansis suka menonton film horor? Film horor memang memiliki daya tarik tersendiri dan sering membuat bulu kuduk berdiri saat menontonnya. Bahkan terkadang orang yang aslinya penakut pun tetap suka menonton film horor karena rasa penasaran akan cerita dan kengerian yang ditawarkannya. Salah satu negara yang aktif memproduksi film horor adalah Jepang. Berbeda dengan industri film Hollywood yang identik dengan film horor yang berdarah-darah dan efek visual yang canggih, film horor Asia, termasuk Jepang, terlihat lebih sederhana dan minim adegan berdarah-darah. Jepang sebagai negara yang aktif memproduksi film horor pun memiliki banyak film horor berkualitas dan tentunya menyeramkan.

Berikut JapanList punya rekomendasi 10 judul film horor Jepang. Kira-kira mana yang sudah agansis tonton?

1. Ringu (1998)
Spoiler for Ringu:

Siapa yang tidak tahu film Ringu? Minimal kalian pasti tahu atau pernah mendengar tentang nama Sadako, sosok hantu dalam film ini. Bisa dikatakan Sadako adalah karakter film horor Jepang yang paling populer. Cerita dalam Ringu diawali dengan kasus murid-murid SMA yang tewas misterius setelah menonton sebuah rekaman kaset video. Isi dari rekaman kaset video itu sendiri tidak jelas dan banyak menampilkan adegan-adegan misterius.

Reiko, seorang jurnalis yang keponakannya merupakan salah satu dari korban tewas, memtuskan untuk menginvestigasi kasus ini. Reiko pun menonton rekaman kaset video tersebut sampai selesai. Setelah rekamannya selesai, muncullah penampakan misterius di layar video dan Reiko menerima telepon yang memberitahu kematiannya tinggal seminggu lagi. Reiko lalu meminta bantuan mantan suaminya, Ryuji, untuk mengungkap misteri di balik kasus tersebut dan mencari jalan keluar dari kutukan rekaman kaset video tersebut.

Seiring dengan semakin banyak petunjuk yang didapat, mereka pun semakin dikejutkan dengan fakta-fakta di balik kasus tersebut. Dengan alur dan ide cerita yang menarik, dijamin Ringu layak masuk ke dalam daftar wajib film horor kalian deh! Oh ya, film ini juga dibuat ulang oleh Hollywood dengan judul “The Ring”, lho!

2. Ju-On: The Grudge (2002)
Spoiler for Ju-On: The Grudge:

Ju-On adalah salah satu film horor Jepang yang paling populer. Saking populernya, film ini sampai dibuat versi Hollywood-nya dengan judul “The Grudge”, lho! Awal menonton film ini, mungkin sebagian orang akan kebingungan karena jalan ceritanya yang rumit dan tokoh yang berbeda-beda. Belum lagi film ini tidak memiliki narasi di dalam ceritanya. Tapi justru hal inilah yang menyebabkan Ju-On menarik karena penonton dipaksa untuk berpikir sendiri dan menerka apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Film ini menceritakan tentang Takeo Saeki yang beberapa tahun lalu membunuh istrinya, Kayako, karena memiliki hubungan gelap dengan pria lain. Selain Kayako, Takeo juga membunuh anak mereka, Toshio, dan kucing peliharaan mereka, Mar, dikarenakan pengaruh rasa amarah akibat perselingkuhan Kayako. Pembunuhan itu melahirkan kutukan dan menghidupkan kembali para korban sebagai arwah penasaran. Kayako yang sudah menjadi hantu pun membalas dendam dengan membunuh Takeo di jalanan.

Rupanya itu tidak membuat semuanya berakhir. Rumah keluarga Saeki yang sudah dikutuk tersebut akan memangsa siapapun yang memasuki atau memiliki hubungan dengan rumah yang tersebut. Adegan terakhir memperlihatkan kondisi jalanan yang sepi dan dipenuhi dengan banyak selebaran tentang orang hilang. Berdasarkan pendapat orang-orang yang sudah menonton film ini, hal yang paling berkesan dan menyeramkan dari film ini adalah penampakan hantu Toshio dengan wajah dan tubuh pucatnya, hantu Kayako dengan kemunculannya yang tiba-tiba, serta rintihan mirip suara orang sekarat sebagai penanda kemunculan hantu yang akan memangsa target incarannya. Bayangkan kalau kalian mendengar suara rintihan tersebut di rumah kalian sendiri. Duh, membayangkannya saja sudah buat merinding!

3. Noroi (2005)
Spoiler for Noroi:

Noroi dalam bahasa Jepang berarti “kutukan”. Film ini sendiri cukup unik karena dibuat dalam bentuk dokumentari, mengingatkan kita akan film Paranormal Activity yang memiliki konsep serupa. Noroi bercerita tentang Masafumi Kobayashi, seorang paranormal yang menyelediki wanita yang bernama Junko Ishii setelah menerima laporan dari tetangga Ishii tentang suara aneh yang berasal dari rumah wanita tersebut.

Informasi yang didapat Kobayashi semakin banyak dan cerita pun berkembang menjadi semakin rumit. Terlebih dengan hilangnya Kobayashi di tengah penyelidikan kasus dan pembuatan dokumentarinya semakin menambah rumit jalan cerita film ini. Kalau kalian suka dengan konsep film dokumentari seperti ini, Noroi adalah pilihan yang tepat untuk kalian.

4. Audition (1999)
Spoiler for Audition:

Audition mengisahkan tentang Shigeru Aoyama, seorang duda yang didesak untuk menikah lagi oleh anaknya setelah lama menduda. Teman baiknya yang juga seorang produser film, Yasuhisa Yoshikawa, memutuskan untuk membantu Aoyama dengan mengadakan audisi mencari istri baru untuk Aoyama. Melalui audisi itu pun Aoyama bertemu dengan seorang gadis bernama Asami Yamazaki dan langsung jatuh cinta padanya. Walaupun Yoshikawa sudah melarang Aoyama karena merasa Asami sangat misterius, Aoyama tetap mendekati gadis tersebut.

Suatu pagi Asami menghilang tiba-tiba. Aoyama pun mencoba mencarinya berdasarkan biodata Asami yang didapatnya saat audisi. Tapi yang ditemukannya adalah keganjilan-keganjilan seperti tempat kerja Asami yang ternyata telah ditutup atau bos tempat kerja Asami yang menghilang misterius. Di saat yang lain Asami ternyata mendatangi rumah Aoyama dan menemukan foto mendiang istri Aoyama di sana. Asami yang marah karena cemburu lalu membubuhi minuman Aoyama dengan obat bius. Aoyama yang pulang ke rumah lalu meminum minuman itu pun langsung rubuh dan segera disuntikkan obat pelumpuh oleh Asami. Di sinilah segala kengerian-kengerian yang ditampilkan film ini berawal.

Asami yang ternyata adalah seorang psikopat pun mulai menyiksa Aoyama dengan sadis. Asami yang marah karena tidak ingin Aoyama mencintai orang lain, termasuk anak dan mantan istri Aoyama, selain dirinya lalu mulai menusuk sekujur tubuh Aoyama menggunakan jarum. Auidtion adalah film dengan perpaduan psikologi, thriller, dan horor yang “mengerikan” dan dibuat dengan rapi. Horor dalam film ini mengandung ambiguitas secara verbal maupun moral cerita. Untuk lebih memahaminya, bagaimana kalau kalian menontonnya sendiri?

5. Dark Water (2002)
Spoiler for Dark Water:

Kisah dalam film Dark Water dimulai dengan Matsubara Yoshimi yang sedang dalam proses perceraian dengan suaminya, pindah tinggal ke sebuah apartemen bersama putrinya, Ikuko. Ia menyadari kalau langit-langit apartemennya bocor dan mengajukan komplain pada pemilik apartemen. Sayangnya keluhannya tersebut tidak ditanggapi dengan baik. Yoshimi yang kesal pun mencoba pergi ke apartemen yang berada di atas miliknya dan menemui kenyataan kalau ternyata apartemen tersebut terkunci.

Setelah itu kejadian-kejadian aneh pun mulai terjadi. Misalnya tas merah misterius yang selalu muncul kembali biarpun sudah dibuang, rambut yang terdapat dalam air keran, hingga Yoshimi yang mendapat penglihatan tentang gadis kecil berambut panjang yang sepertinya seumuran dengan putrinya. Yoshimi pun kemudian mengetahui bahwa apartemen di lantai atas apartemennya dulu ditinggali oleh gadis bernama Kawai Mitsuko yang ditinggalkan ibunya hilang setahun lalu. Mitsuko sendiri memasuki TK yang sama dengan Ikuko.

Selain menampilkan adegan-adegan menyeramkan, film ini memberikan pesan moral tentang kasih sayang seorang ibu yang tiada batas. Melalui film ini, kalian akan mendapati bahwa seorang ibu akan rela melakukan apapun untuk anaknya, walaupun harus mengorbankan nyawanya sendiri.

6. Kwaidan (1964)
Spoiler for Kwaidan:

Kwaidan adalah film horor Jepang klasik yang dibuat pada tahun 1964. Walaupun termasuk ke dalam kategori lawas, Kwaidan tetap layak ditonton dan akan memberikan sensasi ketakutan tersendiri saat menontonnya. Film ini terdiri dari empat cerita yang tidak berhubungan satu sama lain. Cerita dalam film ini dibuat berdasarkan kumpulan cerita-cerita rakyat Jepang. Konsep film seperti ini mirip dengan film Thailad yang berjudul 4bia yang terdiri dari empat cerita berbeda dalam satu film.

7. Tetsuo: The Iron Man (1989)
Spoiler for Kwaidan:

Film ini bercerita tentang seseorang yang tergila-gila dengan logam besi. Saking maniaknya, ia bahkan sampai melukai tubuhnya memasukkan logam besi ke dalam luka tubuhnya. Suatu ketika si Maniak Logam meninggal tertabrak mobil yang dikendarai olehseorang pemuda dan pacarnya. Berniat untuk menghilangkan jejak, mereka pun membuang mayatnya ke jurang. Setelah itu si pemuda mengalami kejadian-kejadian aneh seperti tubuhnya yang mulai ditumbuhi logam. Awal menonton film ini, mungkin kalian agak sulit memahaminya karena memilih temanya yang sangat unik, yaitu campuran antara tema horor dan fiksi ilmiah. Untuk film yang dibuat pada tahun 1989, film ini benar-benar memiliki ide yang sangat “masa depan” dan layak untuk ditonton.

8. Kairo (2001)
Spoiler for Kwaidan:

Kairo adalah film yang diproduksi pada tahun 2001 dan diadaptasi dari sebuah novel. Kairo menceritakan tentang teror hantu melalui internet. Film dimulai dengan kematian seorang pemuda bernama Taguchi yang tewas bunuh diri secara misterius. Kudo Michi yang merupakan teman Taguchi, mencoba menyelidiki kasus tersebut bersama teman-temannya yang lain. Mereka pun mencoba memeriksa komputer Taguchi dan menemukan gambar Taguchi yang sedang menatap layar komputer. Setelah diperhatikan, mereka menyadari ada sosok misterius yang sedang menatap Taguchi di sudut ruangan.

Teman Taguchi yang lain, Toshio Yabe, mendapat telepon misterius yang meminta pertolongan padanya. Saat memeriksa telepon genggamnya, Yabe menemukan gambar yang sama dengan gambar yang dilihatnya di komputer Taguchi. Yabe pun mendatangi apartemen Taguchi kembali dan mendapati ruangan misterius di apartemen Taguchi. Esoknya Yabe bertingkah ganjil yang membuat Michi curiga dan memutuskan untuk mencaritahu apa yang sedang terjadi. Kejadian-kejadian aneh pun bermunculan setelah itu dan menyebar ke orang-orang sekitar Michi. Apakah Michi berhasil mencaritahu tentang apa yang sedang terjadi sebenarnya dan menyelamatkan teman-temannya? Tonton saja filmnya kalau kalian penasaran!

9. Suicide Club (2001)
Spoiler for Suicide Club:


Spoiler for Suicide Club:

Adegan pembuka dari film Suicide Club ini sangat ikonik, dimana sekitar 54 gadis pelajar yang menabrakkan tubuh mereka ke kereta yang melintas untuk bunuh diri secara bersama-sama. Setelah itu, banyak bermunculanlah kasus-kasus bunuh diri yang dilakukan oleh pelajar? Apa yang sebenarnya sedang terjadi? Apa tujuan mereka melakukan semua itu? Suiceide Club adalah salah satu film horor Jepang dengan tema unik yang tak akan membuat kalian bosan dalam menontonnya.

10. House (1977)
Spoiler for Suicide Club:

Film House bercerita tentang seorang gadis yang memiliki nama julukan Oshare yang ingin berwisata mengisi liburan musim panasnya dengan ayahnya. Tapi setelah kemudian mengetahui bahwa ayahnya telah memiliki kekasih baru, padahal ibunya baru meninggal beberapa tahun lalu, Oshare pun membatalkan rencanya tersebut. Oshare yang merasa marah dan kecewa kemudian menulis surat kepada bibinya untuk meminta izin menghabiskan liburan musim panas di rumah bibinya. Bibinya yang tinggal sendirian pun membalas suratnya dan mengizinkan Oshare datang ke rumahnya.

Singkat kata, Oshare pun kemudian pergi berlibur ke rumah bibinya dengan membawa enam orang temannya. Tapi justru dari sinilah semua kengerian dan ajal yang mengerikan sudah menanti mereka secara bergiliran. Sebuah fakta mengejutkan tentang bibi Oshare yang sebenarnya sudah meninggal pun semkain membuat mereka syok. Hal spesial yang membuat film ini susah dilupakan adalah cara kematian para korban yang unik dan beda dari film-film horor lainnya. Walaupun film ini dibuat tahun 1977 dan masuk kategori film lawas, House tetap merupakan film yang asik untuk dinikmati sampai saat ini.

Quote:



Yang Lebih Seram
SUMBER
Diubah oleh japanlist 03-05-2016 18:04
0
5.4K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan