- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
Surat Terbuka untuk Smartfren - Pulsa 300rb Smartfren hilang tanpa kejelasan


TS
tasfandy
Surat Terbuka untuk Smartfren - Pulsa 300rb Smartfren hilang tanpa kejelasan
Spoiler for "masalah sudah selesai, berikut kronologi sebelumnya":
Saya adalah seorang konsumen Smartfren dengan nomor 08816788777 dan sangat bergantung pada koneksi internet dalam melakukan pekerjaan saya sebagai advertiser online, dan untuk itu saya memilih layanan Smartfren 4G True Unlimited seharga Rp.300.000,00 selama 1 bulan. Saya memiliki paket internet “TRUE UNLIMITED” hingga tanggal 8 April 2016 pukul 23:59:59. Namun sebelum waktu paket saya berakhir, pulsa saya sebesar Rp.300.000,00 telah tepotong dan setelah waktu paket saya berakhir (9 April 2016 pukul 00.00.00) saya juga tidak mendapatkan perpanjangan paket tersebut.
Berikut kronologinya :
Pada hari Jumat (8/4) jam 22:03 saya mengisi pulsa via ATM Mandiri sebesar Rp. 300.000 yang dimaksudkan untuk memperpanjang paket internet saya yang akan berakhir pada tanggal 08/04/2016 pukul 23:59:59, sesuai dengan keterangan yang tertera di perangkat saya. Kembali ke rumah, jam 22:15, saya kembali melakukan pengecekan pulsa dan melihat nominal pulsa saya sudah bertambah menjadi Rp. 312.903.
Bukti Struk ATM Mandiri :

Bukti Pulsa Sudah Masuk :

Sambil menunggu habisnya masa berlaku paket internet, pukul 23:53, saya kembali mengecek saldo pulsa, dan terkejut mendapati bahwa saldo pulsa saya tinggal Rp. 12.930 (telah terpotong Rp. 300.000) tetapi masa berlaku paket internet saya tidak diperpanjang.
Bukti Screenshot jam 23:54 :

Berasumsi bahwa paket internet akan diperpanjang setelah 23:59:59 sesuai dengan keterangan, maka saya menunggu hingga waktu tersebut.
Alangkah kecewanya saya ketika pukul 00:00 Sabtu (9/4) saya kembali melakukan pengecekan dan ternyata paket internet saya tidak diperpanjang meski pulsa telah terpotong sebesar Rp. 300.000. Saya mencoba melakukan panggilan ke Call Center Smartfren 888 namun tidak berhasil, sehingga saya mencoba mengkontak CS Smartfren via chat di web my.smartfren.com untuk melaporkan kejadian tersebut, tetapi percakapan terhenti karena saya tidak bisa lagi mengakses internet dan sisa pulsa saya yang sebelumnya Rp. 12.903 telah habis menjadi Rp. 0! Siang harinya, saya mendatangi Galeri Smartfren Timoho Yogyakarta untuk melaporkan masalah ini. Saya diberikan jawaban bahwa nomor saya memiliki paket internet TRUE UNLIMITED (dicek berdasarkan sistem, sms pada handphone saya, dan aplikasi my smartfren) namun paket internet tidak dapat digunakan karena kemungkinan sedang mengalami pergantian paket dimana masa promo paket internet TRUE UNLIMITED akan berakhir pada akhir bulan April ini, kemudian saya diminta menunggu selama 1x24jam.
Setelah lewat dari 1x24 jam yang dijanjikan dan paket internet masih belum bisa digunakan, hari Minggu (10/4) sekitar jam 5 sore saya menelepon CS Smartfren 888, dan kembali saya dibuat terkejut dengan jawaban CS yang menyatakan bahwa saya tidak memiliki paket internet apapun! Keterangan ini bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh CS Galeri Smartfren Timoho Yogyakarta sebelumnya.
Hari Selasa (12/4) pagi saya menyempatkan diri berkunjung ke kantor Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) untuk berkonsultasi mengenai masalah layanan Smartfren yang saya alami, dan saya disarankan untuk menulis surat complain yang ditujukan pada Kepala Cabang Smartfren Yogyakarta. Siang harinya, saya kembali mendatangi Galeri Smartfren Timoho dan diberikan jawaban bahwa masalah saya akan diselesaikan oleh CS yang bernama Osa. Sekitar jam 5 sore, CS Osa menelepon untuk memberitahukan bahwa dia sudah berkonsultasi dengan supervisornya mengenai masalah ini, namun belum bisa mendapatkan penyelesaian, dan mengundang saya untuk kembali bertemu di Galeri Smartren Timoho Yogyakarta pada hari Rabu (13/4).
Sesuai undangan dari CS Osa, pada hari Rabu (13/4) siang, saya kembali mendatangi Galeri Smartfren Timoho Yogyakarta untuk mendapat kejelasan mengenai penyelesaian masalah ini. Namun saya sangat terkejut dan tersinggung atas keterangan CS Osa yang disampaikan dengan tidak ramah, dimana sebelumnya pada Sabtu (9/4) dinyatakan bahwa saya memiliki paket internet, ditambah rekannya yang juga menjelaskan bahwa nomor saya hanya mengalami gangguan karena perubahan paket. Tetapi pada hari itu diikatakan bahwa paket internet saya tidak ada, karena saya melakukan penghentian paket internet! Saya benar-benar tidak bisa menerima penjelasan CS Galeri Smartfren yang plin-plan ini. Kecewa dengan jawaban yang saya dapatkan, saya segera melayangkan surat kepada Kepala Galeri Smartfren Timoho Yogyakarta untuk meminta kejelasan penyelesaian masalah saya sesuai arahan dari LKY.
Saya masih berharap pihak Smartfren beritikad baik dan secepatnya memberikan solusi atas masalah ini (memberikan hak saya berupa paket internet TRUE UNLIMITED sesuai dengan pulsa yang hilang, atau dikembalikannya pulsa sebesar Rp.300.000,00)
Quote:
Update Selasa, 19/4/2016: Pagi ini jam 10:15 saya dihubungi dari Galeri Smartfren Yogyakarta atas nama Arya menanggapi atas surat tertulis saya kepada Galeri Smartfren Yogyakarta, dan menginformasikan saya akan dihubungi team Smartfren. Kemudian jam 10:23 saya dihubungi oleh smartfren pusat atas nama Sanjaya untuk menanggapi Surat Pembaca saya di Kompas, dan menginformasikan akan mencari solusi atas permasalahan tersebut serta akan menghubungi kembali Selasa sore ini atau besok Rabu pagi. Sebenarnya siang hari Selasa ini saya berencana berkonsultasi kembali ke YLKI Jogja, tapi saya urungkan terlebih dahulu, semoga mendapat solusi dari Smartfren.
Quote:
Update Rabu, 20/4/2016: Siang ini jam 11:07 saya mendapat telpon kembali atas nama Sanjaya, yang memberitahu bahwa sebelumnya jam 9'an dia sms 2x ke nomor saya, tetapi saya sendiri tidak menerima sms apapun. Kemudia dia memberikan screenshoot via whatsapp, yang intinya masih menunggu dan nanti akan dihubungi kembali.


Spoiler for "screenshot":


Quote:
Update Rabu 20/4/2016 jam 18:56, di informasikan via whatsapp oleh Sanjaya, bahwa masalah saya telah selesai diproses, dan saya cek pulsa by sms *999 dan cek ke website my.smartfren.com menggunakan handphone lain dan jaringan internet lain, bahwa pulsa sebesar 300rb telah ditambahkan.
Spoiler for "pulsa cek":
cek sms menggunakan hp smartfren jadul karena sebelumnya di informasikan untuk tidak menggunakan data internet terlebih dahulu, dan hp ini tidak mungkin bisa konek internet


Informasi dari Sanjaya Smartfren

cek pulsa dari web my.smartfren.com dengan login menggunakan email.

Thx Smartfren, walaupun harus menunggu lama, semoga kedepannya tidak ada masalah yang berlarut-larut seperti ini lagi dan proses penyelesaian masalahnya bisa lebih cepat.

Diubah oleh tasfandy 20-04-2016 20:51
0
4.5K
Kutip
25
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan