joscelin17Avatar border
TS
joscelin17
Rio Tereliminasi di Q1, Begitu Juga Hamilton
Shanghai - Rio Haryanto menjadi salah satu pebalap yang tereliminasi di Q1 kualifikasi GP China. Pebalap lainnya yang juga tereliminasi adalah Lewis Hamilton.

Sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (16/4/2016) berjalan di bawah cuaca kering. Ini berbeda dengan sesi free practice III yang berlangsung dalam kondisi trek basah lantaran sebelumnya hujan mengguyur Sirkuit Internasional Shanghai.

Pada awal-awal sesi, rekan satu tim Rio di Manor, Pascal Wehrlein, melintir ketika memacu mobilnya di trek lurus. Mesin mobil Wehrlein tampak bermasalah sehingga membuat pebalap asal Jerman itu melintir dan keluar lintasan. Imbasnya, red flag pun dikibarkan.

Di pertengahan Q1, gantian Hamilton yang tereliminasi. Hamilton tiba-tiba saja memarkir mobilnya masuk ke pit tanpa menorehkan catatan waktu sama sekali.

Dengan situasi saat ini, ditambah penalti turun grid akibat mengganti girboks, Hamilton start dari urutan terakhir.

Sementara itu, Rio sempat berada di urutan 10 besar di pertengahan Q1, sebelum akhirnya catatan waktunya dikalahkan oleh pebalap-pebalap lain.

Di menit-menit akhir Q1, Rio memacu mobilnya untuk memperbaiki catatan waktu. Ia memang berhasil memperbaiki catatan waktunya, namun tetap gagal mengungguli catatan waktu pebalap-pebalap yang ada di depannya. Rio mengakhiri Q1 di urutan ke-20.

Selain Wehrlein, Hamilton, dan Rio, pebalap lainnya yang juga tereliminasi di Q1 adalah Kevin Magnussen (posisi 17), Esteban Gutierrez (18), dan Jolyon Palmer (19).

Kualifikasi di GP China 2016 kembali menggunakan format 2015, di mana enam mobil paling lambat akan dieliminasi di akhir Q1 dan Q2. Sepuluh mobil yang tersisa akan berebut pole position di Q3. Posisi start akan ditentukan oleh catatan waktu di akhir kualifikasi.


(roz/roz)

Http://m.detik.com/sport/f1/3189515/rio-tereliminasi-di-q1-begitu-juga-hamilton
0
2.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan