SandhAvatar border
TS
Sandh
[Share] Pengalaman Kerja dari gaji Rp. 300 ribu menjadi Rp. 50 Juta
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



<<Info: ini thread pertama ane, mohon maaf kalau threadnya jauh dari sempurna maklum newbie>>



Di thread pertama ane ini, ane mencoba berbagi pengalaman kerja ane sebagai teknisi lulusan SMK dari Gaji pertama Rp. 300ribu menjadi Rp. 50 Juta. selama 13 tahun.
Tidak ada niat ane untuk menyombongkan diri, niat ane tulus berbagi pengalaman, semoga ada hikmahnya dan menjadi inspirasi agan-agan semua.

Tahun 1996

Tahun 1996, ane lulus dari SMT Kimia Bandung yang sekarang menjadi SMK 13 Bandung, setelah lulus ane bekerja di PT. Polyprima Karya Reksa sebagai teknisi Laboratorium dengan gaji Rp. 300ribu pada bulan September 1996. Ane dapat kerja karena Perusahaan tsb datang ke sekolah ane, Mereka datang saat ane belum lulus sekolah, mereka datang untuk seleksi karyawan dan Alhamdullillah ane lolos sebagai calon karyawan, jadi ane sudah tau kemana nanti ane lulus sekolah tapi sempat ngangur 3 bulan nunggu panggilan dari perusahaan.

Spoiler for Logo PT. Polyprima Karya Reksa:

PT. Polyprima perusahaan baru gan lokasi nya di Ciwandan - Anyer. Karena perusahaan baru, jadi masih ada jabatan yang lowong yaitu jabatan Formen Lab.
Manager Lab. buat kompetisi baik tes tulis maupun tes lisan untuk 5 jabatan Shift Formen atau jabatan Leader teknisi tapi jabatannya masih di bawah Shift Supervisor Lab.
Selama kompetisi Alhamdulillah nilai ane baik dan di atas rata-rata semua teknisi, malahan ane jadi anak buah kepercayaan Manager Lab, kalau ada seminar dan latihan yang ada hubungannya dengan Labortorium ane selalu diutus sebagai perwakilan perusahaan, bahkan ane diperintahkan untuk men-design Jas Laboratorium untuk nanti kerja dan juga menata alat-alat Lab. Ane juga akrab dan bergaul dengan baik dengan rekan-rekan juga para atasan ane, di perusahaan in ane kenal sangat baik dengan Kang Mardi (nanti dia akan membantu ane kelak) .

Tapi Untung tidak diraih malang tidak dapat ditolak, perusahaan ane merger dengan perusahaan lain yaitu PT. Polypet, dan kebetulan perusahaan memang masih satu group dan lokasinya bersebelahan dengan perusahaan ane, sehingga Jabatan Formen yang akan ane dapatkan diambil alih oleh Formen yang ada dari PT. Polypet Karya Persada. Manager Ane informasikan ke ane bahkan beliau pun turun Jabatan digantikan oleh Manger dari PT. Polypet.
Sedih ane dan benar-benar kecewa maklum ane kan masih belum dewasa. Tapi Alloh ternyata menyayangi ane gan, ane dapat info dari kakak kelas ane dulu waktu sekolah namanya Kang Tri (nama panggilan), dia beritahu kalau perusahaan dia butuh karyawan dan kata dia gajinya min Rp. 500ribuuntuk non pengalaman, ane termasuk kategaori non pengalaman karena ane bekerja di PT. Polyprima belum genap setahun.
Ane disuruh buat lamaran kerja dan dia bilang, dia akan coba bantu rekomendasikan asal ane lulus interview karena lulus interview belum jaminan jadi karyawan. Dia bantu ane tanpa pamrih gan, ane kenal baik dan akrab dengan dia waktu ane masih sekolah.

Alhamdulillah ane lulus interview dan berkat rekomendasi kakak kelas ane diterima gan, pada waktu itu sebenernya ada 3 orang kandidat yang lulus interview. Dan tepatnya 1 July 1997 ane bekerja di perusahaan PT. Chandra Asri sebagai teknisi Laboratorium dengan gaji Rp. 500ribu dan dapat rumah dinas type 45.

---- Alhamdulillah naik gaji dari Rp. 300 ribu menjadi Rp. 500 ribu ----

Tahun 1997

Tahun 1997, ane mulai kerja sebagai teknisi Lab. di PT Chandra Asri Petrochemical Center berlokasi di Ciwandan - Anyer
Spoiler for PT. Chandra Asri:


Ane bekerja di Chandra Asri selama 9 Tahun, gaji awal Rp. 500 ribu sampai menjadi Rp. 3.5 juta plus rumah dinas. Di perusahaan ini ane kerja ngak neko-neko, kerja dengan baik dan berkawan dengan rekan-rekan kerja dan atasan juga sangat baik, di perusahaan ini ane punya sahabat dekat namanya Zae dan juga ane punya kawan yang jabatannya supervisor namanya Mas Riyanto (nanti dia akan membantu ane kelak).
Oh ya sekedar info ditahun kedua ane kerja di Chandra Asri ane kimpoi gan dengan pacar ane yang dari kelas 2 SMK. Alhamdulillah dia mau menikah dengan ane walaupun status kata om ane Bujangan type petugas pom bensin alias ngak punya apa-apa (Dari nol yaemoticon-Malu (S)).

Pada tahun 2005, sahabat ane Zae resign dan dia kerja di PT. TPPI sebagai Shift Supervisor. Awalnya ane menolak untuk ikut melamar ke PT. TPPI, dia terus menghubungi ane untuk kerja di PT.TPPI , dia bilang dia akan rekomendasikan ane dan dia bilang gajinya lebih besar dari jumlah yang ane dapatkan waktu itu. Asal bisa lulus medikal ane dia jamin bisa diterima di perusahaan ane.
Akhirnya ane kirim lamaran lewat dia, dan tak lama ane dapat panggilan, Alhamdulillah ane diterima kerja di PT. TPPI mulai pada tanggal 01 September 2006 ane menjadi karyawan sebagai Teknisi Laboratorium dengan gaji Rp. 5 Juta

---- Alhamdulillah naik gaji dari Rp. 3.5 juta menjadi Rp. 5 juta ----


Tahun 2006

Tahun 2006, ane bekerja di PT TPPI yang belokasi di Tuban.
Spoiler for PT. TPPI:


Ane bekerja di PT. TPPI selama 3 tahun gan, awal tahun bekerja di TPPI take home pay ane bisa sampe Rp. 8 juta perbulan karena banyak lemburannya tapi di tahun ke dua perusahaan ane kena gonjang-ganjing harga minyak melambung sehingga Pabrik stop beroperasi, kenaikan gaji pun sangat minim terakhir gaji ane Rp. 5,2 juta gan, naik Rp. 200 ribu. semua karyawan shift disuruh jadi non-shift. Pendapatan perbulan back to basic gan.

Pada tahun 2008 ane dapat email dari kawan saya mas Riyanto (kawan di Chandra Asri) dia ternyata pindah kerja dan dia informasikan bahwa perusahaannya sangat butuh 4 orang teknisi Laboratorium, Ane disarankan untuk melamar langsung ke personal HRD recuiter dan nama perusahaannya Abu Dhabi Polymers Company Ltd- Borouge. Ane sempet ragu gan untuk kirim lamaran karena perusahaan ini perusahaan internasional berlokasi di Uni Emirat Arab (UAE), karena bahasa inggris ane pasif banget. yang buat ane semangat karena dia menginformasikan bahwa banyak orang indonesia yang bekerja di Borouge begitu juga yang bekerja di Laboratoriumnya ternyata banyak yang ane kenal baik, seperti Kang Mardi.


Spoiler for Kisah Saat Interview pertama di Borouge::




Spoiler for Kisah Saat Interview Kedua ::


Akhirnya ane dapat email dan juga Job Offering dari Borouge agar bergabung tanggal 9 Mei 2009 sebagai teknisi Laboratorium dengan Gaji kalo dikonversi ke rupiah menjadi Rp. 50 Juta.

---- Alhamdulillah Gaji ane naik dari 5,2 juta menjadi Rp. 50 juta ----

Spoiler for Borouge:


Hikmahnya:
  • Selalu baik dengan kawan di sekitar kita, karena siapa tahu dari tangan mereka lah rezeki dari Alloh diturunkan
  • Selalu berkerja dengan baik karena itu menjadi modal dan promosikan kita dihadapan orang lain
  • Selau mendengarkan saran dari orang-orang sekitar kita, karena saran-saran itu membantu kita untuk maju
  • Selalu berbaik sangka kepada Alloh bila mendapat kegagalan, mungkin Alloh akan memberikan yang lebih baik
  • Selalu berusaha terus mencari rezeki yang lebih baik dan yang halal, karena Alloh telah menyediakan bumi ini untuk kita


Semoga bermanfaat pengalaman ini mohon maaf bila ada yang tidak berkenan.




Alhamdulillah jd HT tgl 15 April 2016


Terima kasih semoga thread ini bermanfaat

Diubah oleh Sandh 15-04-2016 13:24
july00artha
anasabila
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
196K
1.2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan