Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

budygloryAvatar border
TS
budyglory
Karya Difabel Bantul yang Menembus Pasar Dunia
Karya Difabel Bantul yang Menembus Pasar Dunia


KREASI PENYANDANG DIFABEL


Karya Difabel Bantul yang Menembus Pasar Dunia


(Antara)-Pemirsa, kegiatan ekspor, memang tidak melulu didominasi para pengusaha kelas atas. Karena bisnis kreatif rumahan, yang ada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pun, mampu berhasil menembus pasar dunia. Hebatnya lagi, sang pemilik usaha adalah penyandang disabilitas.

Karya Difabel Bantul yang Menembus Pasar Dunia


Dari warga Dusun Busuran, Desa Donotirto, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, kita bisa belajar bahwa keterbatasan fisik bukan halangan bagi seseorang untuk berkreasi.

Dengan kekurangan fisik pada kedua kakinya, akibat gempa yang melanda pada tahun 2006 silam, pria bernama Said Buldani ini, mampu mengolah limbah plastik menjadi kerajinan tangan unik, yang bernilai seni tinggi.

Mulai bunga plastik, hingga replika makanan dan minuman dalam gelas.



Hebatnya, pria berusia 40 tahun ini, hanya menggunakan alat-alat sederhana untuk menghasilkannya.

Seperti gunting, lem, dan setrika. Dengan bahan baku, berupa kantong plastik berbagai warna, yang dikeringkan dengan setrika. Untuk selanjutnya dipotong dan dibentuk sesuai pola yang diinginkan.

Kini, tidak kurang dari 15 rangkaian bunga berbagai jenis dan warna, di bawah bendera buldan craft tersebut, siap dipasarkan dalam sepekan.

[CENTER]Karya Difabel Bantul yang Menembus Pasar Dunia


Dengan harga berkisar antara 30 hingga 50 ribu rupiah. yang telah terjual ke banyak wilayah, tidak hanya di tanah air, tapi hingga mancanegara, seperti Swiss dan Jerman.

Usaha yang berdiri sejak tahun 2010 ini pun telah membuka peluang usaha dan mengupayakan adanya lapangan kerja baru, bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Bantul.

Khususnya di Desa Donotirto. di mana hingga kini, tidak kurang dari 7 karyawan said buldani, merupakan penyandang disabilitas.

Karya Difabel Bantul yang Menembus Pasar Dunia


Diubah oleh budyglory 14-04-2016 12:49
0
2K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan