Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Santoso diduga lolos, polisi mewaspadai serangan balik
Sejumlah aparat gabungan TNI-Polri memeriksa kendaraan warga yang keluar Desa Sedoa, Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (5/4). Pemeriksaan setiap kendaraan itu guna mempersempit ruang gerak kelompok Santoso.
Kelompok Santoso diduga lolos dari kepungan aparat TNI-Polri yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) Operasi Tinombala, di sekitar wilayah Napu, Kecamatan Lore Piore dan Lore Tengah, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menyusul dugaan itu, Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Rudy Sufahriadi menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengubah sejumlah titik pencarian, berdasarkan pergerakan kelompok Santoso.

"Kami sudah lakukan pergeseran-pergeseran untuk menutup pergerakan Santoso," kata Rudy, dikutip Berita Satu, Selasa (12/4). Meski demikian, Rudy tidak memerinci lokasi pergeseran pasukan yang dipimpinnya itu.

Jumat (8/4), seperti dilansir The Jakarta Post, Rudy juga sempat menyinggung kemungkinan Santoso masuk ke wilayah hutan di sekitar Poso Pesisir.

"Mengingat kondisi hutan (lokasi perburuan) yang sulit, sangat memungkinkan Santoso telah menyelinap dari (kepungan) personel kami, dan kembali masuk ke wilayah Poso atau Poso Pesisir," kata mantan Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) itu.

Rudy juga mewanti-wanti warga sipil dan bawahannya atas kemungkinan serangan balik yang dilakukan kelompok Santoso. "Diharapkan tetap waspada, kita harus menyadari kemungkinan serangan balik dari Santoso," kata Rudy, di hadapan anak buahnya, di Poso, Jumat (8/4).

Pada Februari 2016, aparat mengklaim telah mengepung Kelompok Santoso di sekitar wilayah pegunungan Napu. Kelompok sipil bersenjata itu juga disebut mengalami kelaparan di tengah hutan. Konon, kekuatan mereka juga menyusut dari 41 menjadi 29 orang.

Pada awal April, pernyataan senada juga datang dari Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. "Mereka (Kelompok Santoso) sudah terjepit dan terkurung, tinggal menunggu waktu saja," kata Gatot, dilansir [I][URL="http://www.an

Baca Selengkapnya : https://beritagar.id/artikel/berita/...serangan-balik

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Ahli strategi dan teknologi anggota kelompok Santoso tewas

- Perempuan di antara daftar buron Kelompok Santoso

- Santoso masuk daftar teroris buruan Amerika Serikat

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.9K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan