Quote:
Original Posted By musiconthego►ane pemakai motor dan mobil sih gan
lebih setuju ke peningkatan transportasi umum gan, kalo transportasi umumnya sudah banyak dan nyaman kayak di negara tetangga, pasti pada pindah ke transportasi umum dgn sndrinya
Quote:
Original Posted By septiawanangga►Tanpa motor dan mobil gan...
Kenapa gak nyari kost yang deket tempat kerja...
Soo kerja bisa jalan kaki...
Bike to Work lebih seru gan...
Jangankan dijalan gan...
Jalan yang cuma yaellah kecil bray.S E N S O Riparkirin mobil di pinggirnya...
Dah kalo di jalan makan tempat banyak...
Parkir juga makan temoat banyak...
Mending kalo gak punya lahan parkir dirumah jangan beli mobil...
Atau kalo nggak mampu bayar parkir bulanan di komplek mending jangan punya mobil...
Bikin macet gan bos...
Quote:
Original Posted By ryocaster66►Ane pengendara motor. Tapi sekali dalam seminggu ane pasti jalan kaki ke kantor, walaupun jaraknya lumayan lah 7km. Secara ane hobi olahraga.
Jd ane pribadi sih ga masalah kalo misalnya ada larangan bawa kendaraan pribadi.
Sebenarnya kalo masih bawa kendaraan pribadi, harusnya ga boleh ngeluh kalo macet. Orang kita jg yg menyumbang macet. Apalagi ane tinggal di jakarta yg kelakuan orang2nya kebanyakan kampungan kalo lg di jalan. Marah2 klaksok2 kalo macet, jalan pelan2 waktu jalanan lengang. So, Nikmatin aja.
Quote:
Original Posted By adithiaprieska►Sedikit nambahin gan.
Hambatan yg terjadi di jalanan selain dari kendaraan itu sendiri juga ada yg berasal dari kegiatan2 masyarakat non pengguna kendaraan. Misalnya, pejalan kaki dan segala pergerakannya (nyebrang, berhenti, gandengan, dll). Karena menurut pengamatan ane sehari-hari di sepanjang jalan margonda raya depok, aspek pejalan kaki juga turut mempengaruhi kendaraan mengerem atau mengurangi kecepatan, yg berdampak menular ke kendaraan lain dibelakangnya. Dan setelah ane research kecil2an via internet, ternyata ada teori Phantom Traffic Jam, yg persis banget kondisinya kayak di kota2 besar di Indonesia.
Tapi bukan berarti ane mau bilang pejalan kaki bersalah gan (ane juga pejalan kaki). Kecilnya tingkat kualitas dan kuantitas fasilitas pejalan kaki (trotoar dan jembatan penyeberangan) juga jadi memaksa kita pejalan kaki menggunakan aspal untuk berjalan. Kompleks banget memang gan, mungkin semuanya bisa agak berkurang kalo ada 1 hari revolusi mental dalam beraktivitas umum gan, hehehe
nice thread gan ...
Quote:
Original Posted By 9ondes►-ibarat selang air mau air kecil ataupun besar air tetap bisa lewat selama selang tidak terhambat
-ibarat selang air pula jalanan kalo dihambat maka kendaraan yg lewat diatasnya bakalan terhambat
-pertanyaannya, apakah yg menghambat tersebut?
1. angkot, bis kota kopaja metro dll, bajaj yg ngetem
2. masih angkot dan bis kota yg nurunin penumpang sembarangan sehingga yg lain harus ngerem juga
3. parkiran mobil dan motor di jalan raya
4. orang nyebrang di jalanan padahal udah disediain jembatan buat nyebrang
5. jalanan yg lebarnya gak sama, disini lebar didepan sempit, pas maju ya pada ngantri karena jalur menyempit, biasanya gara2 jalur busway, dipaksain banget dibangun di jalanan yg padahal cuma 2 jalur
6. pasar mendadak, gara2 ada yg mau beli jengkol buat disemur bikin org lain tersendat, termasuk juga jualan pinggir jalan semacam lesehan
7. lampu merah yg pengaturan waktu ijo dan merahnya gak bagus, lampu merah yg lampunya mati, dan semacamnya
8. dan lain2 yg gak cukup disebutin disini
MAU SELEBAR APAPUN JALAN GAK AKAN BISA LANCAR KALO MASIH ADA HAMBATAN, PERCUMA!!!!
dan ane pribadi lebih menyorot ke yg nomor 1, kalo bisa benahin angkot dan kawan2nya, mungkin 50% masalah kemacetan bisa diselesaikan kok.