Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

avici2017Avatar border
TS
avici2017
ANAK INDIGO SEBAIKNYA DISEMBUHKAN
CIRI CIRI ANAK INDIGO SECARA PSIKIS



Mengetahui ciri-ciri anak indigo sangat membantu dalam memahami mereka. Sebagaimana pernah saya tulis sebelumnya, karakteristik anak indigo berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Oleh karenanya sangat penting bagi orang tua mengetahui ciri-ciri anak indigo agar tidak salah paham terhadap diri mereka.

Kesalahpahaman orang tua terhadap anak indigo dapat menyebabkan anak indigo merasa sendiri, karena tidak seorangpun yang memahami dirinya. Hal seperti ini dapat berakibat buruk terhadap perkembangan psikologi mereka.

Apa saja ciri ciri anak indigo?
Padahal seperti manusia pada umumnya, anak indigo memiliki kelebihan maupun kekurangan. Sudah seharusnya orang mengarahkan mereka dengan berbagai bakat yang ada pada anak-anaknya.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mengenal ciri-ciri anak indigo. Meskipun tidak begitu detil, ciri-ciri anak indigo berikut ini kiranya dapat membantu kita memahami dunia mereka.

Ciri-Ciri Anak Indigo Secara Psikis

Kepribadian Berubah-Ubah

Ciri anak indigo yang paling umum dirasakan baik oleh anak indigo maupun orang di sekitarnya adalah kepribadian mereka yang berubah-ubah. Mereka dapat berbeda dari waktu ke waktu. Bahkan pernah ada anak indigo yang dianggap berbeda setiap hari oleh temannya.

Mereka seakan-akan dapat masuk ke satu kepribadian (sifat) ke kepribadian lainnya. Sebagaimana mereka berganti-ganti baju. Perubahan kepribadian ini dapat membuat mereka senang sekaligus menyiksa.

Karena ada beberapa kepribadian yang saling bertolak belakang. Akan tetapi mereka menyukai keduanya. Misalnya dalam satu waktu mereka sangat penyendiri. Menyukai kesendirian. Mereka sendiri mengidentifikasi diri mereka sebagai seorang penyendiri.

Di lain waktu mereka sangat menikmati waktu di depan umum. Mereka bisa menikmati berbicara di depan umum. Padahal ini sangat bertolak belakang dengan sifat sebelumnya. Inilah contoh dari kepribadian yang berubah-ubah.


Ciri Anak Indigo: Pikiran Yang Mengalir

Pikiran anak indigo dapat dikatakan melebihi kecepatan perkembangan psikologisnya. Artinya kematangan pikiran dan perasaan tidak terjadi secara bersamaan.

Pikiran mereka dapat jauh melampaui usianya mereka sendiri. Dalam artian bahwa pikiran mereka sudah menjangkau jauh ke ide-ide yang belum tersentuh oleh anak-anak pada umumnya.

Sebagai contoh pada usia sekolah dasar sudah berpikir mengenai theologi atau ilmu ketuhanan. Mereka bisa tertarik dengan ide-ide yang biasanya baru dibahas di bangku kuliah. Ini adalah yang saya maksud dengan melampaui usianya.

Sebagai dampak dari ketertarikan mereka terhadap berbagai pemikiran, biasanya mereka kekurangan bahan untuk memenuhi rasa ingin tahunya. Misalnya saja mereka membaca buku mengenai jenis-jenis filsafat. Lalu mereka pun ingin tahu apa yang dimaksud dengan salah satu jenis dari filsafat tersebut.

Dapat dikatakan bahwa mereka berpikir konseptualis, tidak berpikir praktis. Oleh sebab itu, salahsatu ciri anak indigo lainnya adalah mereka sulit membaca buku-buku how-to. Karena mereka pada umumnya lebih menyukai pemikiran dalam bentuk ide-ide (filosofis).


Empati


Inilah ciri lainnya anak indigo. Mereka dapat merasakan kesulitan orang lain. Merasakan kesedihan sehingga mereka dapat menangis ketika terkenang kesedihan yang dirasakan oleh orang lain.

Pada dasarnya empati merupakan karakteristik baik. Akan tetapi empati yang dimiliki mereka berada di level yang ekstrim. Sehingga mereka tersiksa oleh perasaan empati itu sendiri.


Merasa Tidak Berdaya

Rasa empati yang begitu tinggi membuat mereka menuntut dirinya sendiri untuk bisa menolong orang lain. Tentu saja tidak ada yang salah dengan keinginan menolong orang lain. Namun demikian, keinginan menolong orang lain yang terlalu besar tidak baik bagi diri mereka sendiri.

Anak indigo merasa tidak berdaya untuk menolong orang lain. Mereka berpikir seharusnya dapat menolong orang lain. Impak dar cara berpikir seperti ini membuat mereka bersalah.


Perasaan Bersalah

Ciri anak indigo lainnya adalah perasaan bersalah. Seperti diterangkan pada poinnya, ketika mereka tidak dapat menolong orang lain, mereka tertekan oleh rasa bersalah.

Perasaan bersalah yang terus menerus dapat mengganggu perkembangan psikologi anak indigo. Rasa bersalah tersebut dapat menimbulkan kesedihan berlarut-larut.


Berkhayal

Mereka juga kesulitan mengendalikan khayalan. Seolah-olah secara otomatis pikiran mereka dipenuhi dengan berbagai khayalan. Kebiasaan berkhayal ini membuat mereka kurang fokus terhadap sesuatu.

Demikian beberapa ciri anak indigo secara umum.



ANAK INDIGO SEBAIKNYA DISEMBUHKAN


Kemarin kita telah banyak mengulas kelebihan maupun kekurangan anak indigo. Begitu juga dengan karakteristik dan ciri-cirinya. Walaupun ada beberapa pihak yang melihat indigo sebagai suatu kelebihan, pada kenyataannya anak indigo sebenarnya mengalami suatu penderitaan.

Apa yang dikatakan sebagai kelebihan justru merupakan kekurangannya. Oleh karenanya menyembuhkan anak indigo dari berbagai "kemampuan" tadi merupakan cara terbaik untuk menolong dirinya.

Penuturan penderita indigo yang telah menghilangkan kemampuannya mengungkapkan bahwasanya fenomena indigo merupakan suatu gangguan. Dengan hilangnya gangguan tersebut, hilang pula berbagai masalah yang menimpanya.

Kelebihan Anak Indigo Sebaiknya Dihilangkan


Mungkin ada bertanya-tanya mengapa kemampuan anak indigo sebaiknya dihilangkan? Seperti yang telah saya tuliskan pada artikel berjudul Indigo Adalah Kelemahan, ada banyak penderitaan yang disebabkan karena indigo.


Gejala seperti borderline personality disorder, bipolar disorder, fibromyalgia, dan sejenisnya seringkali menyerang anak-anak indigo. Beberapa gangguan bipolar bahkan memiliki kesamaan dengan ciri-ciri anak indigo. Misalnya saja tentang ide-ide yang terus mengalir atau energi besar yang mereka miliki.

Untuk mengenal lebih jauh berbagai gangguan yang diderita, daftar di bawah ini mungkin sedikit menjelaskan.


Gangguan Yang Sering Dialami Anak Indigo

Labil
Cemas
Khawatir
Sedih
Depresi
Insomnia
Letih yang sangat
Gangguan kestabilan (terutama tungkai kaki)
Gangguan memory jangka pendek (misalnya lupa menaruh sesuatu)
Gangguan pada kulit (alergi)
Gangguan makan
Sakit kepala
Kehabisan energi (bisa berdiam diri di tempat tidur seharian)
Keringat dingin
Jantung
Toleransi yang rendah terhadap suara
Gatal
Sering mual
Gangguan di pagi hari (morning stiffness)
Komunikasi yang kurang lancar (baik dengan orang tua maupun orang lain)
Lemah pada otot-otot (pada waktu tertentu)
Rasa ingin tahu yang berlebihan
Sering pening
Kadang-kadang sakit di bagian dada
Kesulitan konsentrasi
Mood disorder
Tubuh tampak layu, tidak bugar

Pengakuan Anak Indigo

Ia baru mengetahui sebagai anak indigo ketika menginjak masa remaja. Ketika kecil ia dapat merasakan energi (seperti magnet) pada kedua telapak tangannya.

Energi itu semakin hari semakin besar. Ia tahu bahwa apa yang dirasakannya adalah sesuatu yang biasa disebut "tenaga dalam", "hawa murni", " energi murni", "cakra" dan sejenisnya.

Dengan energi tersebut, ia dapat melakukan hal-hal yang di luar nalar. Misalnya bisa meniru gerakan tarian yang ia kehendaki. Melakukan gerakan bela diri apa saja. Atau bahkan menyembuhkan orang sakit.

Ia juga bisa mengetahui apa yang dikerjakan orang lain, membaca sifat seseorang melalui karakter tulisan (semacam graphology).

Membaca lintasan masa depan merupakan kemampuan lainnya. Hampir setiap hari ia mengalami moment di mana ia seperti didatangi masa depan. Semua kejadian yang akan terjadi beberapa jam kemudian telah diketahuinya.

Ia juga mendapatkan lintasan masa depan tersebut melalui mimpi. Biasanya kejadian-kejadian yang dialami dalam mimpi kembali terulang (semacam deja vu).

Merasakan Keanehan

Ia telah banyak menggunakan kemampuannya untuk berbagai hal. Seperti membantunya belajar bahasa asing, mengetahui apa yang dikerjakan seseorang, mendapatkan "tenaga" ketika ia memerlukan, mengetahui apa yang akan terjadi...

Namun apabila ia beribadah dengan khusu', mempersembahkan ibadahnya hanya untuk Tuhan, ia merasakan keanehan dalam tubuhnya. Ketika berdzikir badannya bisa terpelanting. Atau merasakan tubuhnya panas terbakar.

Kejadian itu hanya terjadi bila hatinya benar-benar ikhlas, niatnya tulus, dan tidak ada kehendak lain kecuali mendekatkan diri kepada Tuhan. Namun bila sedikit saja niatnya melenceng, misalnya sekedar membantu mengobati orang bukan sebagai ibadah, ia tidak merasakan panas dalam tubuhnya.

Singkat cerita, seluruh kemampuannya ia hilangkan melalui ibadah yang tulus kepada Tuhan. Setelah itu hampir semua sisi kehidupannya membaik. Secara psikis ia lebih sehat, terbuka, tidak sedih, lebih bahagia, dan pikirannya terarah. Tidak lagi banyak khayalan.

Dengan kata lain, ia merasakan hatinya jauh lebih tentram. Ada ketenangan yang sebelumnya tidak pernah ia rasakan. Memang ada godaan untuk sesekali menggunakan lagi kekuatan yang dahulu pernah ia miliki.

Tetapi apabila ia menggunakan kekuatan itu, ada hal lain yang dirasakan dalam tubuhnya. Ada sesuatu yang mengusik ketenangan di dalam hatinya. Oleh karena itu, ia kemudian tidak lagi menggunakan kemampuan indigo-nya.


PENGGOLONGAN ANAK INDIGO BERDASARKAN KARAKTERISTIK BERPIKIR



Anda tentunya pernah mendengar kata anak indigo. Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar anak indigo? Anak yang memiliki kelebihan khusus, memiliki indra keenam, dapat melihat lintasan masa depan, mengobati dengan cara di luar nalar?

Memang begitu-lah rata-rata persepsi masyarakat mengenai anak indigo. Namun demikian ada baiknya kita mengenal lebih bagaimana sebenarnya anak indigo. Sehingga dapat menilai anak indigo secara lebih objektif.





Karakteristik Anak Indigo




Anak indigo memiliki karakter khusus yang jarang sekali ada pada anak-anak biasa. Cara berpikir mereka sedikit lebih rumit. Begitu pula dengan alam perasaannya. Oleh karena itu, tidak sedikit anak indigo yang merasa kesepian (meskipun mereka tidak menyadarinya).

Bagaimana sebenarnya karakteristik anak indigo? Kita dapat membagi ciri-ciri anak indigo ke dalam beberapa golongan. Di bawah ini merupakan karakteristik anak indigo:

Konseptualis

penggolongan anak indigo
Anak indigo dengan ciri konseptualis sangat pandai dalam hal logika. Biasanya mereka berpikir secara filosofi untuk menyederhanakan sebuah pola pikir tertentu, atau mengambil inti dari sebuah pemikiran.

Saya beri contoh misalnya mengenai cinta. Bagaimana pola pikir konseptualis anak indigo melihat cinta? Cinta hanyalah salah satu dari sekian perasaan yang ada. Cinta tak ubahnya dengan perasaan lain: benci, rindu, suka, takut, dan lain sebagainya.

Dengan mengkonsep kata cinta seperti itu, anak indigo konseptualis dapat memahami cinta dengan lebih mudah. Ia dapat menerangkan konsep cinta "out of the box", berbeda dari orang pada umumnya.

Humanis

Humanis merupakan golongan lain dari anak indigo. Mereka memiliki rasa empati yang besar, bahkan dapat dikatakan berlebih. Ibu mereka biasanya menceritakan bagaimana anaknya ikut muntah ketika menengok orang sakit.

Mereka ikut merasakan penderitaan orang-orang di sekitarnya. Bukan sekedar peka terhadap perasaan orang lain, anak indigo sangat sensitif. Sehingga pada usia anak-anak mereka sebenarnya sudah menanggung "beban" yang pada umumnya baru dirasakan ketika seseorang beranjak dewasa.

Anak indigo humanis memiliki pola pikir khusus, yaitu ingin memberikan hidupnya demi kebahagiaan orang lain. Dalam bahasa psikologi dikatakan sebagai orang yang melayani umat manusia.

Dengan kata lain, mereka telah selesai dengan hidupnya sendiri. Mereka merasa tidak memerlukan apapun untuk dirinya. Yang mereka perlukan adalah kesempatan untuk menolong sesama. Padahal sebagai manusia, tetap saja ada kebutuhan seperti disayangi atau dicintai. Namun hal ini tidak disadari oleh anak indigo humanis

Artistik

Sebagian dari anak indigo adalah artis atau seniman. Hal ini ditunjang oleh cara berpikir yang tidak umum, perasaan yang juga sedikit berbeda, dan memang ada kecenderungan dalam hal seni.

Seni merupakan wadah untuk mengungkapkan perasaan, pemikiran, atau keyakinan mereka dalam kehidupan ini. Melalui seni juga, mereka dapat mendokumentasikan pemikiran-pemikirannya. Mungkin bagi orang biasa hanyalah sekedar coretan di atas kanvas. Namun bagi anak indigo, lukisan dan coretan tersebut menyimpan ribuan makna.

Seorang anak indigo bisa jadi mempunyai seluruh karakteristik di atas. Ia bisa seorang humanis, artis, sekaligus seorang konseptualis.



SUMBER
0
16.9K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan