gidhanAvatar border
TS
gidhan
NASA Temukan Debu Setan Di Permukaan Mars
bhakkk, ane mau share robot kesukaan ane yang suka jelajah jelajah di planet orang nih emoticon-Ngakak
ternyata doi dapet waktu yang tepat buat dapetin dust devil atau debu setan emoticon-Cool cekidoottttt

Quote:


Quote:


Lebih dari 4.000 hari, rover–robot penjelajah berukuran sebesar mobil yang berfungsi untuk mengeksplorasi permukaan planet atau benda angkasa lain– milik NASA mulai melakukan penjelajahan di permukaan Mars.

Baru-baru ini, rover yang diberi nama Spirit itu berhasil menemukan sesuatu yang menakjubkan di Planet Merah — tetangga terdekat Bumi di Tata Surya.

Rover tersebut berhasil memotret sebuahdust devil atau ‘debu setan di Meridiani Planum. Hal tersebut merupakan yang ke sekian kalinya semenjak robot itu mendarat di permukaan Mars sejak 2004.

“Ini merupakan debu setan terbaik yang pernah kami lihat di Meridiani Planum,” ujar Ketua Deputi Investigasi, Ray Arvidson.

“Kami beruntung dapat memotret hal itu dalam satu gambar!”

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa fenomena debu setan atau angin pusar telah terjadi di Mars selama bertahun-tahun. Pada 2012, Mars Reconnaissance Orbiter berhasil menangkap angin pusar setinggi 19,3 kilometer.

Angin pusar di Mars maupun Bumi terbentuk dengan proses yang sama, walaupun atmosfer di Planet Merah tersebut lebih tipis.

Quote:


Menurut NASA, fenomena angin pusar terbentuk saat udara kering dan terdapat bagian dari tanah lebih panas daripada area di sekitarnya.

“Sebenarnya fenomena itu sangat jarang ditemukan (di Meridiani Planum), tapi rover Mars berhasil mengabadikannya,” ujar Ray Arvidson.

“Kami telah banyak melihat angin pusar ketika Spirit masih beroperasi di Gusev Crater. Namun di daerah Meridiani hal tersebut jarang terjadi,” tambahnya.

kek pusaran angin di lapangan bola tempat ane jirrr emoticon-Wakaka

Sumber : LuarAngkasa
Diubah oleh gidhan 10-04-2016 04:53
0
3.5K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan