Kaskus

Entertainment

tjoa_ruo_tongAvatar border
TS
tjoa_ruo_tong
[SHARE] Berbagi pengalaman CS Resolusi Tokopedia Yang Tidak Profesional
Ane merupakan salah satu seller Tokopedia yang sudah lama berjualan di sana, ingin share aja pengalaman ane..

Kronologis :
Ada pesanan masuk dari pembeli di hari sabtu tgl 12 Maret via JNE YES, karena barang tsb stok gak cukup di hari itu, maka seller ada menawarkan tipe lain ke pembeli, tapi pembeli gak mau. Terus ane nyari2 barang pesanan pembeli, ketemu, lansung ane info smskan barangnya dah ada, di hari senin baru bisa dikirimkan, gak ada balasan dari pembeli, berarti pembeli ane anggap dah ok dan barangnya beneran ane kirimkan di hari senin

Hari kamis, pembeli sms ane paket lama betul, belum sampai, ane cek ke JNE ternyata barangnya misrute, ane bantu kejar JNEnya biar barangnya bisa sampai tujuan, di hari itu pembeli dah ngotot maksa seller untuk claim ongkir, tapi ane informasikan seller gak bisa bantu melayani claiman ongkir baik JNE maupun POS ( di aturan beli toko juga sudah ada ane jelaskan juga gak melayani pengclaiman ongkir )

Beberapa hari kemudian, pembeli complain barang belum diterima di Toped, ok, ane cekkan, rupanya barangnya sudah diantar kurir JNEnya, tapi pembeli menolak menerima paketnya : alasannya seller gak mau bantu claim ongkir, jadi barang ditolak terakhir barang dipulangkan ke lokasi asal pengiriman

Seller memang gak bisa bantu melayani pengclaiman dana ongkir JNE YES karena prosesnya ribet, lama dan keterbatasan waktu juga

Pembeli bahkan menuduh ane mau memakan claiman ongkirnya sendiri, dan menuduh ane korupsi uang ongkir (padahal ongkir yang dia bayar di tranksaksi toped dan ane bayar di JNE sama) sampai ane foto bukti resinya lansung masih aja nuduh...

Yang gak enaknya di cs toped, sebelum barang dikirim balik ke asal, cs toped sudah bersedia memisahkan saldo barang dan saldo ongkir waktu barang sudah ane terima, Rentang waktu pengembalian barang sekitar 10hari dari sana ke tempat asal agen JNE ane (di rentang waktu itu tiap hari pembeli klik tombol bantuan yang ada di sana), dan ketika barang sudah ane terima, ane informasikan ke cs untuk memisahkan saldo ongkir dan saldo barang, eh tau taunya cs toped jadi maksa suruh ane claim ongkir ke JNE, dan sampai mengancam akan mengembalikan seluruh dana tranksaksi ke pembeli, berbeda 180derajat sebelum waktu barang returannya ane terima

Bukti bisa cek di spoiler :
Spoiler for bukti:


CS toped terkesan sangat plin plan dan sangat tidak profesional dengan keputusan yang diberikan, hanya karena pembeli tiap hari klik tombol bantuan, terakhir sampai memaksa dan mengancam seller akan mengembalikan dana full ke pembeli jika masih tidak ingin pergi claim

Di halaman depan lapak Toped, ada seller tulis baca catatan FAQ sebelum berbelanja, dan di catatan itu ada seller tulis tidak bisa bantu melayani pengclaiman dana ongkir baik JNE ataupun pos. CS Toped terkesan tidak menghargai catatan FAQ / aturan yang ada di lapak seller.

Resolusi terakhir yang diberikan dana tranksaksi balik full ke pembeli

Kesimpulan :
- Klik tombol bantuan terus, jika ingin didukung CS Toped
- CS Toped terkesan tidak menghargai catatan FAQ yang ada di toko seller
- CS Toped terkesan plin plan dan tidak konsisten dengan keputusan resolusi yang diberikan
- CS Toped terkesan tidak menghargai seller, alasan seller gak bisa pergi claim sudah ane tulis panjang lebar di sana tapi masih aja maksa pergi ke JNE claim

CS Toped memang bisa memaksa seller untuk pergi urus ke JNE jika barang terlambat sampai ataupun paket hilang, karena itu memang kewajiban seller, tapi sepertinya tidak etis jika seorang cs memaksa untuk pergi claim ongkir jika seller tidak ingin mengurus masalah claiman ongkir...

0
4.1K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan