Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ajaibbinladdenAvatar border
TS
ajaibbinladden
Rasulullah Nabi Muhammad Saja Bercanda, Masa Kita Nggak Bisa?

emoticon-Blue Guy Cendol (L)Assalamualaikum emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi sekaligus rasul terakhir kita, merupakan pribadi yang sangat berjiwa sosial. Beliau bergaul dengan siapa saja, orang tua, orang cacat, anak muda, hamba sahaya, bahkan anak-anak dan orang non-islam sekalipun. Tak heran bila Rasulullah memberikan kesan sebagai orang paling menyenangkan sepanjang masa bagi orang-orang yang mengenalnya. emoticon-Wowcantik

Sebab itulah Rasulullah diberikan Allah kemampuan untuk mudah bergaul dan luwes. Bahkan tak jarang Rasulullah sendiri bercanda, bersenda gurau dan melemparkan guyonan-guyonan kepada para sahabatnya. Beberapa diantaranya telah Ajaibbinladden rangkum dalam artikel ini.

Silahkan disimak. emoticon-Cendol (S)

Spoiler for Sumur dan Cerita Lainnya:


Naik Anak Unta Saja

Ummi Aiman, pengasuh nabi Muhammad SAW sewaktu muda merupakan satu dari sekian banyak orang yang disayangi Rasulullah. Bahkan sepeninggalan Aminah ibunda Rasulullah, Ummi Aiman inilah yang beliau sebut sebagai ibu. emoticon-Smilie

Suatu ketika, Ummi Aiman berkata pada Rasulullah, “Ya Rasulullah, bawalah saya naik unta!”

“Ya, aku akan bawa engkau naik anak unta,” jawab Rasulullah sambil tersenyum.

Mendengar jawaban Rasulullah, Ummi Aiman jadi heran dan menjawab lagi, “Mana sanggup anak unta membawa saya? Ia tidak akan mampu.”

“Tidak, aku akan naikkan engkau ke atas anak unta,” jawab Rasulullah lagi. Masih sambil tersenyum.

Ummi Aiman kembali heran mendengar jawaban Rasulullah. Tetapi sebelum Ummi Aiman protes lagi, para sahabat lain yang sudah mengerti maksud Rasulullah jadi ikut menimpali sambil ikut tertawa kecil.

“Ummi, bukankah unta juga anak unta?” kata mereka. emoticon-Ngakak (S)

Alhasil Ummi Aiman pun tersenyum malu. Mereka tertawa kecil, bergembira bersama mendengar kejenakaan Rasulullah yang menyenangkan tapi sekaligus lembut dan mulia. Ummi jadi tau, gurauan merupakan ungkapan kasih sayang dari Rasulullah Muhammad SAW kepada para sahabatnya.

Orang Tua Tidak Masuk Surga

Suatu ketika seorang wanita tua datang kepada Rasulullah Muhammad SAW. Ternyata nenek ini meminta Rasulullah untuk mendoakannya masuk surga.

“Wahai ibu, surga tidak dimasuki oleh orang tua,” jawab Rasulullah.

Mendengar jawaban tersebut, nenek tersebut sontak kaget hampir menangis tersedu-sedu.

Rasulullah pun dengan tersenyum lebar, langsung berkata lagi, “Tenang ummi, tenang. Bukankah ada firman Allah yang berbunyi: Kami jadikan perempuan-perempuan surga sebagai gadis perawan yang tetap mencintai jodohnya serta menjadi sebaya umurnya?”

Setelah mendengar penjelasan Rasulullah tersebut, barulah nenek tersebut sadar sambil tersipu dan menghentikan sedihnya. Dia baru ingat kembali, bahwa setiap orang-orang yang masuk surga akan dijadikan muda dengan umur sebaya.

Sang nenek senang, dia baru saja dikerjai Rasulullah dengan humor khas beliau yang santun. emoticon-Ngakak (S)

Itulah tadi beberapa canda dan guyonan dari Rasulullah. Walaupun bercanda, perlu diingat bahwa beliau tak pernah tertawa berlebihan. Beliau juga selalu sopan dan tenang saat bercanda.

Inilah Islam yang diajarkan beliau, kadang perlu menggenggam kuat saat Islam dilecehkan, tetapi juga harus tetap tenang, merakyat dan terbuka. Kita tidak pernah dicontohkan untuk selalu kolot dan keras menghadapi segala hal. Rasulullah saja menghiasi Islam dengan tawa yang bijak, masa kita tidak bisa? emoticon-Big Grin



emoticon-ToastSekian. emoticon-2 Jempol Jangan lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya gan emoticon-Jempol



0
4.2K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan