g.sorrosAvatar border
TS
g.sorros
Pemerintah Siapkan Cukai untuk BBM
Selasa, 29/03/2016 08:14 WIB

Jakarta -Selain pengenaan cukai untuk plastik kemasan air minum, pemerintah juga sedang mengkaji pengenaan cukai untuk bahan bakar minyak (BBM).

Menurut Kepala Pusat Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara BKF Kementerian Keuangan, Goro Ekanto, kebijakan ini untuk menekan perilaku konsumtif terhadap BBM.

"BBM akan dikenakan cukai alasannya karena perilaku konsumtif. Supaya lebih bijaksana menggunakan bahan bakar. Kita ini sebenarnya kan sudah nggak net eksportir, tapi net importir," ujar Goro kepada detikFinance, Senin (28/3/2016).

Goro menjelaskan, pemerintah menghendaki konsumsi BBM itu diarahkan untuk tujuan produktif. Misalnya, konsumsi BBM lebih banyak untuk angkutan umum yang bisa mengangkut orang dalam jumlah banyak, bukan sebaliknya untuk kendaraan pribadi yang kapasitas angkutnya terbatas.

Intinya, kata Goro, pemerintah menghendaki konsumsi BBM menjadi lebih bijak melalui kebijakan cukai tersebut.

"Jangan karena harga BBM turun jadi orang jor-joran juga beli BBM. Seharusnya bijaksana juga beli BBM, jangan cuma dipakai untuk mutar-mutar, tapi digunakan untuk tujuan produktif. Produktif artinya, kalau kita naik kendaraan umum maka BBM digunakan untuk kegiatan produktif karena bisa untuk lebih banyak orang," kata Goro.

Dia menambahkan, pemerintah akan membahas lebih lanjut rencana kebijakan cukai tersebut dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta para pemangku kepentingan lainnya, seperti asosiasi produsen minyak, dan pengusaha BBM

"Kita minta Kementerian ESDM, dan stakeholder yang lain seperti asosiasi produsen minyak akan dilibatkan juga. Semua akan dilibatkan," kata Goro.

sumber waras

Apa benar sekarang harga BBM itu murah????
Sekedar perbandingan harga premium 88 di awal pemerintahan yg sekarang ini naik Rp 2000/liter dari Rp 6500/liter, dan skr masih di kisaran Rp 7000-8000/liter tergantung lokasi daerah, sementara harga minyak dunia turun dari $140/barrel menjadi $30-40/barrels. tapi harga bbm dalam negeri justru naik padahal subsidi sudah dihapuskan dan katanya mengikuti mekanisme harga pasar.
Harga Pertamax itu loh yg ga masuk akal, mosok harga pertamax jaman harga minyak $140/barrels hampir sama dengan harga pertamax92 dan pertamax plus 95jaman minyak dunia sudah dibawah $40/barrel. cuma turun dari Rp 12000 menjadi Rp 9000-10000/liter
Harga sollar yg lebih aneh turunnya hampir tak terasa padahal katanya disubsidi Rp 1000/liter.
0
47.4K
502
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan