lotus8Avatar border
TS
lotus8
Ternyata Warna Asap Knalpot itu Ada Artinya Lho!
emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News



Ada banyak hal sepele yang kita abaikan karena dianggap tidak penting. Salah satunya adalah warna asap knalpot. Paling-paling hanya komplain jika baunya menyengat dan warnanya pekat, seperti asap dari bus kopaja. emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2

Ternyata, warna asap dari knalpot mobil itu ada artinya lho. Dari contoh di atas, knalpot kopaja asapnya bisa hitam pekat tentu berbeda dengan asap mobil mewah yang hampir tak ada warnanya. Ini bukan tentang harga mobil tapi merupakan kondisi kendaraan tersebut.

Ini loh penjelasan lengkapnya:

Berwarna Hitam Apa artinya? Rupanya, jika warnanya sampai hitam maka mesin tersebut boros dalam membakar BBM. Jika mobil Anda mengalami hal ini, maka periksalah filter udara dan komponen lainnya seperti sensor, injeksi bahan bakar dan fuel pressure regulator. Soalnya jika tidak segera diperbaiki, Anda bakalan boros banget untuk mengisi BBM, rugi banget kan?

Putih Bagaimana jika asapnya putih tipis? Apakah menandakan ada masalah? Anda harus bersyukur berarti kendaraan Anda kondisinya normal dan tidak butuh ‘perawatan’ yang menguras kantong. Tapi jika putih tebal, Anda wajib waspada. Ini adalah indikasi bahwa ada masalah disebabkan mesin yang membakar coolant. Problem bisa ada di packing head, silinder head, atau blok mesin yang retak. Segera bawa mobil Anda ke bengkel sebelum semakin rusak ya.

Kebiruan Waduh kok aneh banget, asapnya bisa keluar warna biru? Rupanya ini tandanya mesin mobil membakar oli mesin! Waduh… ini bisa terjadi karena katup sil atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor. Tandanya, Anda harus lebih perhatian pada mobil dan oli yang bocor juga dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi kasar hingga akhirnya dapat merusak busi dan komponen lainnya.

Oleh karena itulah, jangan malas merawat mobil ya! Panggil saja bengkel dan tukang servisnya ke rumah jika malas mengantri lama di bengkel tempat biasanya Anda servis. emoticon-Cool emoticon-Cool

(Source from Rumah Bengkel Weblog)
0
3.4K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan