Kenali Garansi dan Jenis Garansi dari Suatu Produk
TS
purwanaash
Kenali Garansi dan Jenis Garansi dari Suatu Produk
SELAMATDATANG
Ketika membeli sebuah perangkat elektronik baik itu smartphone, laptop ataupun perangkat lainnya, kita biasanya akan mendapatkan sebuah jaminan dari barang yang kita beli yang disebut dengan nama “Garansi”
Jaminan yang biasanya berupa ganti rugi ketika barang yang dibeli rusak atau mengalami masalah ini biasanya berbentuk penggantian unit baru, penggantian spare part atau hanya biaya servis gratis saja.
Selain itu, garansinya pun ada bermacam-macam, mulai dari garansi resmi nasional, garansi distributor, garansi global dan garansi penjual atau tempat toko kita membeli.
Untuk lebih memahami lebih jauh tentang keempat garansi tersebut, yuk kita simak ulasannya di bawah ini.
Spoiler for 1. Garansi Resmi Nasional:
Garansi ini merupakan garansi yang diberikan oleh perusahaan pemilik merek barang elektronik yang kita beli khusus di negara kita saja.
Artinya, jika kita membeli suatu barang bergaransi di negara Indonesia, maka kita tidak akan dapat mengklaimnya di negara lain.
Dari satu sisi, garansi ini memang terlihat merugikan bagi mereka yang suka bepergian ke luar negeri. Namun di sisi lain, garansi ini biasanya memiliki garansi yang cukup panjang hingga 2 sampai 3 tahun.
Tapi jangan khawatir, karena umumnya garansi resmi itu adalah kombinasi antara garansi resmi nasional dengan garansi resmi global, dimana untuk garansi global klaimnya dapat dilakukan di negara manapun yang menjadi cakupan wilayah distribusi resmi suatu produk.
Yang harus menjadi catatan bagi kita selaku konsumen adalah jangan tergoda garansi yang panjang.
Contohnya saja sebuah laptop merek Acer memiliki garansi hingga 3 tahun. Sedangkan laptop MSi hanya memiliki garansi 2 tahun saja.
Disini lama tidaknya suatu garansi bukanlah faktor utama yang harus anda pertimbangkan soal garansi, melainkan apa saja jaminan yang diberikan oleh garansi tersebut.
Dari segi lamanya garansi, Acer memang memberikan 1 tahun lebih lama dibandingkan MSi. Namun, dari segi jaminan yang diberikan, Acer hanya memberikan 1 tahun sparepart dan servis gratis dan sisanya hanya servis gratis saja.
Sedangkan untuk MSi, pihaknya memberikan 2 tahun jaminan sparepart dan servis gratis.
Dengan adanya jaminan sparepart tentu konsumen tidak akan mengeluarkan uang sama sekali jika ada komponen yang rusak pada laptop. Karena selain biaya servis gratis, sparepart pun akan diganti dengan gratis.
Spoiler for 2. Garansi Distributor:
Berbeda dengan garansi resmi, garansi distributor biasanya tidak begitu banyak disukai orang-orang di Indonesia. Salah satunya adalah karena waktu garansinya yang pada umumnya hanya selama satu tahun saja.
Hal lain yang menjadi kekurangan garansi distributor adalah tempat klaim yang terbatas. Hal ini dikarenakan distributor biasanya hanya bertempat di beberapa kota besar saja.
Dari berbagai kekurangannya, garansi distributor biasanya muncul pada perangkat elektronik yang tidak atau belum hadir di negara tempat kita tinggal secara resmi.
Contohnya saja laptop buatan Dell bernama Alienware yang tidak hadir secara resmi di Indonesia melainkan lewat jalan distributor.
Spoiler for 3. Garansi Global:
Garansi global atau yang juga dikenal dengan nama garansi internasional adalah tipe garansi resmi yang menurut saya adalah tipe garansi terbaik yang pernah ada.
Selain kita bisa mengklaim garansi dari sebuah produk dimanapun selama wilayah tersebut merupakan cakupan dari perusahaan pembuat produk tersebut, klaim garansi global juga biasanya ditangani secara ekslusif dan profesional.
Contohnya saja dulu saya pernah membeli dua buah smartphone titipan saudara dari Singapura dengan garansinya adalah garansi global. Ketika saya kembali ke Indonesia, dan dua buah smartphone titipan tersebut kemudian bermasalah ketika digunakan.
Yang satu masalahnya ada pada layar yang mengalami dead pixel parah. Sedangkan yang satu lagi tidak dapat membaca kartu SIM.
Berhubung garansi kedua smartphone tersebut adalah garansi global / internasional. Saya pun membawanya ke pusat servis resmi terdekat untuk mengklaim garansi.
Setelah kedua smartphone tersebut saya serahkan ke pusat servis tersebut, dalam satu minggu kedua smartphone tersebut kemudian diganti dengan yang baru dengan tambahan sebuah surat berbahasa Inggris yang isinya adalah permintaan maaf dan terima kasih.
Spoiler for 4. Garansi Penjual:
Garansi penjual atau yang biasa kita kenal dengan garansi toko adalah sebuah garansi yang diberikan pada produk tertentu oleh toko atau penjual yang menjual produk tersebut.
Garansi penjual ini sendiri biasanya terbilang cukup singkat, yakni hanya beberapa hari saja dari waktu pembelian barang atau ketika barang diterima.
Walaupun begitu, garansi toko atau garansi penjual ini sendiri sangat menarik bagi para konsumen karena yang namanya garansi toko atau garansi penjual umumnya adalah garansi ganti baru jika produk yang dibeli di toko atau penjual tersebut bermasalah.
Hal lain yang menjadi kelebihan dari garansi penjual adalah garansi ini biasanya diberikan kepada suatu produk tanpa mempengaruhi garansi aslinya.
Itulah keempat garansi menurut pemahaman dan pengalaman saya. Akhir kata, jadilah konsumen atau pembeli yang pintar dan selektif, agar Anda tidak dirugikan ketika Anda membeli sebuah produk bergaransi baik itu garansi resmi, garansi global, garansi distributor ataupun garansi toko.
Jangan lupa visit yahh websitenya siapa tau ada kontes menulis artikel tuh,,, Sumber : Plimbi.com Jangan Lupa Bintangnya, Cendol dan Komentar ya Gan !!