yonkzestAvatar border
TS
yonkzest
Bank Sentral Bangladesh Diretas, $80 juta Melayang




Di zaman yang serba digital ini, hampir semua yang kita lakukan dengan konvensional bisa dilakukan secara digital. Namun dari sekian banyak sisi positif dari adanya dunia digital, juga terdapat sisi negatif yang ada di dunia digital.

Salah satunya dari sisi negatif tersebut adalah pencurian dana melalui dunia maya yang dilakukan oleh peretas atau kracker. Hal ini terjadi pada Bank Sentral Bangladesh, para pencuri dunia maya ini berhasil membawa uang sekitar $80 juta.

Menurut pihak Bank Sentral Bangladesh, kemungkinan mereka telah memanfaatkan celah yang ada di bank tersebut dengan cara memantaunya selama berminggu – minggu. Dan menariknya mereka sepertinya sudah menanam sebuah malware di dalam salah satu komputer yang ada di Bank tersebut.
Pihak Bank Sentral Bangladesh mencurigai para kracker ini memanfaatkan sitem SWIFT untuk melakukan aksinya tersebut. Sistem SWIFT ini adalah sebuah sistem yang digunakan melindungi komunikasi finansial. Namun meskipun terdapat kejadian ini, pihak SWIFT tidak terpengaruh dan semua kegiatan masih berjalan secara normal.

"SWIFT dan Bank Sentral Bangladesh bekerja sama untuk menyelesaikan masalah operasi internal di Bank Sentral Bangladesh. Saat ini sistem inti SWIFT tidak terpengaruh akibat peretasan tersebut dan beroperasi normal," Ujar salah satu pihak dari Bank Sentral Bangladesh.


Namun aliran dana yang berasal dari hasil pencurian tersebut sudah di deteksi kemana saja, sebagian dana lari ke kasino yang ada di Filipina dan sekitar $20 Juta sudah ditransfer ke sebuah organisasi Nirlaba di Bangladesh.




0
2.1K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan