sishim4ruAvatar border
TS
sishim4ru
Share: gak bisa lapor pajak tahunan karena sudah efiling? ini solusinya

Pagi agan semua...

maaf nih ya ane mau share lagi seputar SPT Tahunan, karena ane yakin masih banyak yang bingung dengan masalah perpajakan.

ini masih berkaitan dengan Efiling ya gan..

Apa itu efiling?

  1. Sistem pelaporan SPT Tahunan menggunakan sarana internet tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apapun melalui situs https://djponline.pajak.go.id/account/login
    https://djponline2.pajak.go.id/account/login

  2. Sampai saat ini, SPT yang dapat dilaporkan melalui e-Filing ada 2 jenis yaitu SPT Tahunan PPh 1770 SS dan SPT Tahunan PPh 1770 S

  3. Untuk dapat melaporkan SPT Tahunan melalui e-Filing, setiap WP harus melakukan aktivasi e-FIN* terlebih dahulu di KPP terdekat


Cara aktifasi Efin untuk Efiling

Yang Wajib Efiling
  1. ASN/TNI/POLRI

  2. Wajib Pajak Orang Pribadi yang telah menggunakan efiling sebelumnya



Permasalahan
  1. Saat semakin banyak masyarakat yang akan melaporkan SPT Tahunan secara online, masalah klasik yang timbul adalah aplikasi Efiling jadi lemot banget di aksesnya. Apalagi nanti menjelang batas akhir penyampaian SPT Tahunan.
  2. SPT Yang sudah pernah dilaporkan menggunakan Efiling sebelumnya, maka untuk pelaporan SPT Tahunan berikutnya wajib menggunakan Efiling.
  3. SPT Yang sudah pernah dilaporkan menggunakan Efiling sebelumnya tidak bisa diterima secara offline diloket kantor pajak maupun di dropbox pajak
  4. Kalo sampai tgl 31 Maret 2016 kita gak bisa lapor online karena misalkan aplikasi efilingnya down, kita harus gimana? padahal kita udah wajib make efliling.


Solusi

Nah ceritanya kemaren ane sempet ke salah satu kantor pajak untuk aktivasi EFIN dan lapor pajak lewat efiling, ane sempet ngobrol2 ama salah seorang petugas disana dan ini kesimpulan yg ane dapet.

Solusi Pertama :adalah mencari waktu atau jam-jam yang relatif lebih senggang untuk mengakses efiling. Dengan harapan agar koneksi bisa lebih stabil dan akses ke server efiling lebih cepat sehingga kita bisa melakukan input data untuk lapor pajak tahunan secara online

Solusi kedua : Jika sampai dengan tanggal 31 Maret 2016, kita tidak bisa melaporkan pajak tahunan secara online, maka kita bisa mengirimkan SPT Tahunan kita melalui Kantor Pos, dialamatkan ke Kantor Pelayanan Pajak dimana NPWP kita terdaftar.

Bagaimana jika SPT Tahunan tersebut kita antar langsung ke Kantor Pajak dimana kita terdaftar? Tetap tidak bisa diterima, jadi anda harus mengirimkan SPT Tahunan tadi melalui kantor pos.

nah itu kesimpulan yg ane dapet dr obrolan kemaren mudah2an bermanfaat.

Tapi kalo misal agan menemukan informasi yang sedikit berbeda untuk Solusi Tidak bisa lapor pajak offline karena sudah efiling dg yg ane share ini ya sebaiknya agan bis atanya lgsg ke Kring Pajak 1-500-200 aja

Sanksi tidak Lapor Pajak SPT Tahunan

biar gak hoax ane kasih mulustrasinya gan :
Spoiler for mulustrasi:


Update!
wah gak nyangka ternyata banyak yg butuh informasi ini ya, tapi ane minta maaf ya gan, gak bisa ngurus threadnya dg rapi.
dari bbrp pertannyaan2 agan sistah ane mau nambahin bbrp poin yg sering jadi pertanyaan


Masih bisa lapor secara offline gak gan?

masih bisa banget, dengan catatan :
1. Agan bukan PNS/TNI/POLRI
2. Agan blm pernah nyampein SPT Tahunan sebelumnya menggunakan efiling



Ane freelance gan, pake apa form nya?

Kalo agan freelance atau usahawan, agan lapor SPT Tahunanya pake Form 1770, klo agan pake 1770 mending lbh awal deh lapor SPT nya takutnya tar ada salah hitung pajak penghasilane kan msh ada waktu utuk perbaikanya.

Kalo masih bingung cara ngisi SPT dan ngitung pajaknya, agan datang aja ke Kantor Pajak Terdekat, bawa dokumen2 pendukung semisal rekapitulasi peredaran usaha dlm setahun, pajak bulanan yg udah agan setor dll.

Tutorial isi Efiling dan SPT 1770 s dari Dirjen pajak
Efiling / video dan artikel
Pengisian SPT 1770 S, Video dan Artikel


Ada informasi tambahan dari agan KyraAltair thanks gan

Quote:

Diubah oleh sishim4ru 21-03-2016 01:36
0
64.8K
337
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan