Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sahabatanyukAvatar border
TS
sahabatanyuk
“Bangkit” dan Bikin Heboh, Akhirnya Pemilik Friendster Terlacak
Agan agan, dapet informasi menarik

Sumurnya gan
http://moneter.co.id/bangkit-dan-bik...ster-terlacak/

“Bangkit” dan Bikin Heboh, Akhirnya Pemilik Friendster Terlacak

Baru-baru ini dunia maya sempat dibuat heboh dengan kehadiran situs sosial media Friendster.id. Ketika kita klik, situs ini langsung menawarkan layanan jejaring sosial yakni pendaftaran, dan sign in akun. Situs yang sempat booming era 2000 awal sempat menghentikan layanan pada tahun 2009, berubah menjadi situs gaming dan berhenti total pada 2015.

Berdasarkan penelusuran, Moneter.co.id berhasil menemukan titik terang misteri Friendster. Berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan root domain .com, website ini menggunakan root domain .id yang merupakan salah satu domain Indonesia. Moneter.co.id melacak melalui situs resmi Pengelola Nama Domain Internet Indonesia yakni whois.pandi.id.

Situs tersebut menggunakan name server bacaberita.id. Akan tetapi hal tersebut sampai detik ini masih belum diketahui secara pasti informasi tentang server tersebut. Seperti apa yang dikutip dari salah satu portal media online mengungkapkan bahwa Direktur Operasional PANDI, Sigit Widodo mengatakan jika friendster.id telah didaftarkan oleh orang Indonesia asli.

Domain tersebut telah didaftarkan oleh seseorang yang bernama Steve Stanley Budi Mulyono yang memiliki identitas dengan KTP Kota Batu, Jawa Timur. Namun, Sigit tidak bisa menjelaskan hubungan afiliasi Steve dengan Friendster.com yang sebelumnya bermarkas di California maupun setelah pergantian pemilik.

Seperti diketahui, situs ini sempat menjadi trend era tahun 2000 awal di Indonesia sebelum booming Facebook dan twitter. Friendster menutup layanan media sosialnya pada 2009, Indonesia masih merupakan salah satu negara dengan pengguna terbanyak di situs itu.

Jika mengakses [url=http://www.friendster.id,]www.friendster.id,[/url] maka Anda akan menemukan sebuah website berwarna biru tua dengan tagline, “Temukan Teman Lamamu”.

“Friendster adalah sebuah media sosial yang membantu untuk berbagi asa, cerita, dan tawa bersama orang-orang terpenting dalam hidup Anda. Sebagai situs jejaring sosial karya anak bangsa, Friendster merupakan sebuah manifestasi dari karakter rakyat Indonesia. Bersama Friendster Anda akan tetap dekat dengan kami, kita, dan mereka. Selamanya,” bunyi penjelasan di dalam situs tersebut.

Adapun friendster.com, yang didirikan pada 2002 punya hubungan yang unik dengan para pengguna internet di Indonesia. Bahkan setelah Friendster.com menutup layanan media sosialnya pada 2009, Indonesia masih merupakan salah satu negara dengan pengguna terbanyak di situs itu.

Bahkan menurut penelitian Michael Saylor, dalam bukunya “The Mobile Wave: How Mobile Intelligence Will Change Everything” (2012), Friendster.com masih sangat populer di Indonesia pada 2012.

Friendster.com sendiri dibeli oleh MOL Global, sebuah perusahaan internet asal Malaysia. Pada 2011 Friendster.com berubah dari media sosial untuk pertemanan, menjadi sebuah jejaring sosial untuk game. Pada Juni 2015, Friendster.com berhenti beroperasi untuk waktu yang tidak ditentukan.

Namun, Anita Puspawardani, salah satu nitizen berpendapat, kehadiran Friendster tidak lagi punya daya pikat. Jika benar-benar bangkit, Friendster sudah tertinggal banyak dengan inovasi dua raksasa sosial media Facebook dan Twitter. “Ah bisa jadi Friendster.id hanyalah akal-akalan pemilik domain lokal untuk mencari perhatian dengan mamakai domain Friendster,” ketus Anita.

Cek Sumurnya gan
http://moneter.co.id/bangkit-dan-bik...ster-terlacak/


Cendolnya ya gann....
momok2002
anasabila
anasabila dan momok2002 memberi reputasi
2
5.4K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan