deheliciousAvatar border
TS
dehelicious
Kok Anak Muda Jaman Sekarang Makin Ga Sopan Ya?
Coming from an Asian culture, I was always taught to respect my elders
to be a better listener than a talker (Lisa Ling)


Saya memang bukan warga aseli Jakarta, tapi selama saya hidup disini saya sering banget ngeliat dan denger kelakuan anak muda yang ga respect sama orang yang lebih tua. emoticon-Mad (S)

1. Dipinggir Jalan
"ah b*go lu Beh, masa maenin hape beginian aja kagak bisa" celoteh anak umur 8 tahunan ke lelaki yang umurnya jauh lebih tua banget >>> seumur hidup saya belum pernah bilang begitu sama orang yang lebih tua apalagi orang tua sendiri bisa dikutuk jadi batu ntar emoticon-Takut (S)

2. Disekolahan SMP Negeri daerah Jakbar
"Mama mah O*n dah, pan udah dibilang fotokopinya 3 kali..." protes remaja putri SMP ke Ibunya yang keliatan kuyup keringetan abis fotokopi jauh, dan (maaf) terlihat not well educated person >>> boooo biarpun bonyok pendidikannya ga tinggi bukan berarti kamu bisa hina sebebas2nya juga keleus, yang berojolon kamu siapa? yang ngempanin kamu siapa? yang nyekolain kamu supaya kamu pinter keblinger & ngerasa berhak ga sopan ke ortu siapa?? emoticon-Mad (S)

3. Di salah satu Mall Elite Jakarta Selatan
"tol*l banget deh nih babu, ngurus beginian aja ga bener" keluh seorang Ibu Muda yang lagi sibuk makan, sementara mbak babu nya lagi sibuk gendong anak bayinya plus batita yang naek-naek kursi makan plus cuma ngeliatin tuan ama nyonya nya makan lahap, padahal usia beliau memang terlihat lebih tua >>> ini nih karena tuan ama nyonya yang bayar, mereka ngerasa berhak buat eksploitasi hidup orang bayarannya dengan berlaku ga sopan plus kasih beban berlebihan, money talk. Coba kalo kamu ntar ga punya uang lagi buat bayar orang, masih sanggup ga buat handle semuanya sendirian??

4. Di Busway Harmoni - Blok M (ini kemaren banget ni)
Sepasang muda mudi tengah dimabuk cinta alaihim gambreng, yang cewenya duduk yang cowonya berdiri pas didepannya, sambil pegang tangan si cowo manja mereka cekikikan kek makhluk malam, kadang saling dorong2an, cubit-cubitan manja. Si cowo ga bisa diem ajeg, sering senggol kiri kanan buat menghindari cubitan manja si cewek, ga sedikit orang yang kegeser atau hampir jatuh gegara cowok yang ga mau diem ini, dilala nya pas mau turun, di halte karet lumayan rame ni cowo ga mau geser malah nyenggol Ibu yang mau keluar, dan gubrak gedumbrang gulipak gulimbambang tu ibu jatoh, saya yang bantu ibu itu bangun negor tuh cowo buat geser dikit karena ngehalangin jalan orang, ehhh dengan indahnya dia nyeletuk "lagi tuh ibu bego..!!", haaaa ga salah tuh anak kampret ngomong? tapi emang dia sih yang ngomong pasang muka nyolotin, ga perlu ibu itu yang bales kok, abang petugas busway dg sigap nyuruh turun dua mudamudi yang ga sopan itu.

5. Di Commuter Line Serpong - Bogor
Anak cowo pake seragam SMA jelas2 nolak permintaan nenek2 yang disuruh duduk sama penumpang lain di kursinya, dia bilang "saya juga capek" padahal mah, dari serpong ampe sudirman cuma maen game di handphone emoticon-Mad (S)

Haduh pokoknya masih banyak contoh yang saya liat disini, sering gagal paham sama arti sopan disini, agak risih ya liat anak ngobrol ama ortunya kayak ke sohib, ga ada tata kramanya gitu, tapi ortunya juga diem aja. Saya mah ngomong agak kenceng dikit ama orang tua aja segan apalgi ngehina atau berlaku ga sopan, beuhh.

Orangtua yang harus di hormati bukan cuma orang tua kandung doang lho, biar kata dia asistan rumah tangga, orang ga dikenal, bawahan kantor, kalo lebih tua ya hormati lah, ga rugi kok, ga bikin turun derajat juga.

emoticon-Kiss (S) emoticon-Kiss (S) emoticon-Kiss (S)
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 52 suara
Setuju Ga kalo makin banyak anak yang ga sopan sama orang tua?
Setuju
94%
kurang lebih
6%
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
44K
299
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan