aldisyahroni200Avatar border
TS
aldisyahroni200
PETUGAS DAMKAR GENDUT GENDUT


SERANG – Banyaknya petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Serang yang kini tidak lagi memiliki tubuh proposional, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengambil langkah tegas. Yakni, dengan memaksa petugas untuk mengikuti latihan fisik setiap hari Jumat.

Kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusmana menerangkan, petugas Damkar itu merupakan satuan yang mengutamakan kecematan dan ketepatan dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu, dalam menjalankan fungsinya diperlukan petugas yang memiliki mental kuat dan tentunya fisik yang mendukung.

Tapi, saat ini, petugas Damkar yang ada di Kabupaten Serang dinilai tidak lagi memiliki fisik mendukung lantaran berat badan petugas yang berlebih.

“Bukan rahasia lagi, sebagian petugas Damkar kita memiliki badan yang tidak proporsional. Dari 54 orang ada, sebagian di antaranya berbadan gemuk, perutnya besar. Dampaknya sangat terasa ketika proses pemadam api, kondisi fisik seperti itu terkadang menyulitnya pergerakan cepat yang selalu diusung damkar,” ujarnya di Aula Tb Suwandi setda Kabupaten Serang, Selasa (15/3).

Ia menuturkan, melihat kondisi itu maka pihaknya telah mengambil suatu kebijakan khusus untuk petugas Damkar yang memiliki badan yang tidak proporsional untuk mengecilkan ukuran perutnya. Mereka diwajibkan untuk berolahraga rutin setiap Jumat.


“Setiap Jumat petugas Damkar harus berolahraga lari-lari, shit up, push up, pokoknya olahraga fisik. Kita sedikit paksa agar petugas Damkar yang berbadan gemuk untuk diet,” katanya.

Selain membenahi faktor non teknis, Nana juga mengungkapkan, kini tengah membenahi faktor teknis. Salah satunya dengan membenahi penerapan Standard Operasional Procedure (SOP) saat memadamkan kebakaran.

“Masih banyak petugas yang saat memadamkan api memakai sistem debus atau melakukan semuanya tanpa memakai alat keselamatan. Untuk yang satu ini kami juga sedang benahi,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Sub Bidang Penanggulangan Bencana dan Bantuan Teknis pada BPBD Kabupaten Serang Hotman Siregar mengatakan, pembenahan pada bidang Damkar memang harus dilakukan. Pasalnya, wilayah kerja Damkar Kabupaten Serang cukup luas mencapai 29 kecamatan. Bahkan, mereka juga kerap membantu pemadaman di wilayah Kota Serang.(ava)

SUMBER http://tangselpos.co.id/2016/03/16/p...gendut-gendut/
0
2.5K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan