CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
UU Pilkada Calon Independent Direvisi, Target 1 bulan selesai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e84c9f642eb606088b456f/uu-pilkada-calon-independent-direvisi-target-1-bulan-selesai

UU Pilkada Calon Independent Direvisi, Target 1 bulan selesai

Jakarta - Wacana deparpolisasi yang memanas menjelang Pilkada Serentak 2017 bergulir di DPR. Komisi II DPR langsung bersiap merevisi UU Pilkada untuk memperberat pengajuan calon independen. Parpol takut tersingkir?

Isu deparpolisasi diembuskan oleh parpol-parpol seperti PDIP setelah cagub DKI incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memutuskan maju lewat jalur independen. Isu itu diembuskan tak lama setelah Ahok dan PDIP tak sepakat soal Pilgub DKI. PDIP mau jadi pengusung sementara Teman Ahok maunya parpol hanya jadi parpol pendukung.

Majunya Ahok lewat jalur independen pun dipolitisasi ke mana-mana, seolah Ahok adalah simbol kampanye deparpolisasi. Ahok pun mengklarifikasi bahwa dirinya maju lewat independen bukanlah soal deparpolisasi.

"Saya dari dulu orang partai, saya juga didikan partai. Ini soal independensi, ini bukannya deparpolisasi. Independen justru bagian dari demokrasi. Ini kan pilihan, makanya di dalam parpol dibuatlah boleh diusung parpol atau diusung rakyat dengan syaratnya," kata Ahok kepada wartawan, Sabtu (12/3/2016).

Ahok menegaskan tak ada upaya deparpolisasi terkait pilihannya maju Pilgub DKI lewat jalur independen. Hubungannya dengan sejumlah parpol juga tetap baik, utamanya dengan PDIP, partai yang paling keras bersuara soal deparpolisasi.

"Jadi nggak ada deparpolisasi, saya rasa sudah dikoreksi kok. Dari PDIP saya teman banyak, saya dengan Ibu Mega hubungannya baik. Bukan hanya secara partai, tapi juga secara pribadi baik. Saya masih makan bakso kok dengan Ibu Mega Minggu (6/3) sore, Senin (7/3) pagi sudah nyatakan pakai independen, ketemu beliau di OKI, ngobrol berdua terus sore janjian masih makan bakso, habis magrib," tuturnya.

Namun demikian apa yang dijelaskan Ahok sepertinya belum membuat parpol lega. Nyatanya Komisi II DPR malah mengebut pembahasan revisi UU KPK dengan agenda memperberat syarat pengajuan calon kepala daerah lewat jalur independen. 

"Timbul wacana di kita bahwa UU Pilkada ini harus pada azas keadilan. Karena syarat untuk calon independen jauh dari syarat untuk parpol, kita naikkan agar tetap berkeadilan," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edi dalam perbincangan, Selasa (15/3/2016).

Lalu sampai berapa persen syarat akan didongkrak?  "Ada 2 model yang diwacanakan. Yang pertama, syarat dukungan adalah 10-15 persen dari DPT (jumlah pemilih) atau yang kedua 15-20 persen dari DPT," jawab Wasekjen PKB ini.

secara terpisah, Menteri dalam negeri menegaskan Ampres( amanat Presiden) akan dikirim ke DPR RI dalam 2 hari kedepan, apa isinya belum ada yang tahu, tapi menurut nya Presiden sangat mendukung Revisi Undang-Undang Pilkada terkait calon independent. "ada lah itu, kurang lebih 14 poin akan kita revisi, semoga selesai di bulan april ini" tambahnya...

Komisi II DPR pun mengimbau para calon kepala daerah independen untuk sabar karena revisi UU Pilkada akan diselesaikan dalam waktu dekat. Apakah calon kepala daerah dari independen akan melewati beratnya ganjalan parpol? Ataukah misi parpol ini akan kandas diterjang kuatnya dukungan rakyat ke calon independen? (van/nrl) detik.com


wakil rakyat penuh semangat ya kerja nya emoticon-Shakehand2

emoticon-Travelleremoticon-Sundul Up
seru nh emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
emoticon-Malu
Giliran undang2 model begini aje cepet.

oh Indonesia negara yg indah tp sayang pejabatnya buruk.
Quote:



dpr kaya sales gan, setiap uud yg bisa gol, ada insentive nya gan emoticon-Travelleremoticon-Shakehand2
ayo pak yang rajin ya "kerja"nya... semangat-semangat...emoticon-Wow
Akhirnya kerja juga emoticon-Traveller
Kira2 para dHewan ini kalo pada ngrumpi suka ngobrolin apa yak?
Quote:



lobster gaan..... pada ngeluh sekarang udah jarang makan lobster sama jalan-jalan ke LN buat cek KANGKER....ehhhh salah, Kunker ya emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
ebuset.. demi seorang ahok sampai mau ngerevisi undang2. luar biasa..
Wuiiih, yang beginian gacer bener emoticon-Cape d...
Quote:


Eh iya, skrg jarang banget denger berita anggota dhewan plesiran ke luar negeri, ga kayak tahun2 kmrin pas presidennya pak sby
emoticon-DP ini direvisi bukannya tambah mudah... tambah berat bisa ...
Quote:


yang bahas ini kan mayoritas legeslatif yang berasal dari partai emoticon-Embarrassment

emoticon-Big Grin coba 50:50 yang bahas ini
parpol parpol emang sampah dah emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

azas keadilan

dasarnnya azas kradilannn..
Partai boleh gabung rampexx..satu calon gub and wakil dikeroyok oleh 4 hingga 5 parpol..cm mengejar 20 kursi
Sedang independen..harus berjyang sendiri..
Mana keadilannya??
Kl bisa gabung para pengumpul ktp..baru bicara keadilan.
Kroyokan lawan sendirian..dasarr indon
sah - sah aja tapi tambahin 2 syarat :
1. partai tidak boleh koalisi dalam mengusung cagub cawagub
2. kalau perolehan suara sebuah partai tidak memenuhi kuota 20% dari DPT di pilkada sebelumnya maka partai tersebut tidak berhak mengusung sendiri cagub cawagubnya

perolehan suara PDIP di pilkada 2012 : 1.231.843 suara dari total DPT 6.962.348 pemilih (17.6%)

Mereka aja gak nyampe hahahahahah
bukannya udah ada putusan MK soal threshold ini?emoticon-Confused

MK mestinya lebih tinggi.emoticon-medicine
klo urusan hal2 yg ngancem parpol kerjanya jd cepet
klo ngurus kepentingan rakyat leketnya minta ampun
BUKTI
Partai politik ingin menguasai bangsa ini
Saya yakin kedepan keprcayaan rakyat terhadap partai hilang sudah
Bukti ketidak percayaan rakyat terhadap parpol memunculkan calon Indenpenden

Sejarah mencatat 2017 Parpol vs Indenpenden
Atau partai Vs rakyat siapa yang bakal menang

klo udah begini, mo golput ato kaga sama aja akhirny, milih salah, ga milih tambah parah...

tikus2 parpol
Namun demikian apa yang dijelaskan Ahok sepertinya belum membuat parpol lega. Nyatanya Komisi II DPR malah mengebut pembahasan revisi UU KPK dengan agenda memperberat syarat pengajuan calon kepala daerah lewat jalur independen.

UU Pilkada Calon Independent Direvisi, Target 1 bulan selesai


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di