Langsung aja nih gan! Cekidot!
Agan pasti udah tau dong yang namanya Toyota Kijang itu kayak apa? Ini mobil emang udah kayak saksi sejarah transportasi di Indonesia gan. Dari jaman 70an sampe jaman modern sekarang, masih tetep ngeksis. Tapi yang namanya teknologi, pasti perlu ada perubahan. Dan ternyata, sampe sekarang mobil Toyota Kijang ini udah sampe generasi ke lima. Kayak apa bentuknya? Cekidot!
Quote:
Generasi Pertama (1977-1980)
Agan pasti tau kijang kotak kan? Ini pertama kali dikenalin tahun 1975 di Jakarta fair gan. Nama Kijang 'Kotak' sendiri muncul karena sosoknya yang berbentuk boxy dan begitu sederhana. Selain 'Kotak' ia juga disebut-sebut sebagai Kijang 'Buaya' atau 'Bajul'. Seri pertama ini menggunakan mesin 1.2 liter 3K yang dikolaborasikan dengan 4 percepatan transmisi manual.
Quote:
Generasi Kedua (1981-1985)
Sebenernya hampir sama kayak generasi pertama. Cuma ada perubahan di mesinnya gan. Mesin yang dipakai diganti jadi 1.3 liter 4K yang kemudian turut dikembangkan kembali pada tahun 1985 sehingga menjadi 1.5 liter 5K. Pada saat itu, hanya disediakan transmisi 4 percepatan manual.
Quote:
Generasi Ketiga (1986-1996)
Jangan salah fokus gan! Liat gambar kijangnya!
Pertama kali dikenalin tahun 1986 modelnya short wheelbase (KF40 series) dan long wheelbase (KF50 series). Seri tersebut selanjutnya dijabarkan sebagai Standard Kijang dan Super Kijang.
Karena sampai 10 tahun dirilis, toyota kijang generasi ini punya varian yang lebih banyak gan. Toyota Original Body, Standard (SX/KF42 & LX/KF52), Deluxe (SSX/KF42 & LSX/KF52), Grand Extra (SGX/KF42 & LGX, KF52), Kijang Rover (SGX-based model, KF42), Kijang Jantan (LGX-based model, KF52), dan Kijang Kencana (KF42/KF52).
Agustus 1995, Toyota Kijang pertama kali ngeluarin yang versi matik yang dipasang untuk varian SGX/LGX. Peluncuran model ini bertepatan saat momen ulang tahun Toyota sehingga hanya dijual terbatas dan dihargai cukup mahal. Pada saat itu, mobil ini diketahui dibanderol hingga Rp 100 jutaan.
Quote:
Generasi Keempat (1997-2004)
Model keempat menjadi masa-masa peralihan yang membuat tampilan Toyota Kijang semakin modern. Kalo agan pernah denger Kijang 'Kapsul', nama tersebut sebenarnya berasal dari generasi keempat ini.
Kijang generasi keempat ini sudah disediakan mesin diesel yang cukup menarik banyak peminat para konsumen Indonesia. Diketahui juga saat itu bahwa mesin diesel tersebut sanggup memberikan keiritan BBM hingga 14 Km/liter dan sekaligus membuatnya bersaing dengan Isuzu Panther.
Quote:
Generasi Kelima
Nah! Ini yang generasi sekarang gan. Udah ada Toyota Innova. MPV ini disediakan dengan tiga pilihan yakni 2.0 liter 1TR-FE VVT-i dan 2.7-liter 2TR-FE VVT-i berbahan bakar bensin serta 2.5 liter 2KD-FTV D4-D bertenaga diesel.
Untuk versi Indonesia, pihak Toyota sudah menyediakan varian J, E, G, V dan juga Luxury. Seri terakhir yang kini tengah menjadi andalan Toyota merupakan facelift dari Kijang Innova.
Quote:
Gimana gan?
Agan pasti punya cerita yang lebih seru dong soal Toyota Kijang? Share dimari yuk gan!
