Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wickycanggar97Avatar border
TS
wickycanggar97
peserta lomba KFC tewas. Ini kata parah ahli

Jakarta - Freedi Djajadi (39) tewas diduga tersedak ayam saat mengikuti lomba makan ayam KFC berhadiah Rp 5 miliar. Polisi masih melakukan penyelidikan.

Lomba yang seharusnya menggembirakan ini malah berujung celaka. Menurut Ahli Nutrisi dan Teknologi Pangan, Prof. Dr. Made Astawan, MSc tersedak bisa terjadi kepada siapa saja yang mengonsumsi makanan apapun secara terburu-buru.

"Tersedak itu karena buru-buru makan. Siapa saja kalau tersedak bisa meninggal kalau tidak segera dapat penanganan. Tidak mesti karena ayam, orang tersedak nasi goreng saja bisa meninggal," ujar Astawan saat dihubungi detikcom, Minggu (13/3/2016) malam.

Freedi tewas usai menyantap 3 potong sayap ayam KFC secara cepat karena memang dalam peraturannya, siapa yang tercepat menghabiskan ayam tersebut maka akan menjadi pemenang.

Dalam aturannya juga disebutkan peserta hanya diperbolehkan minum air putih dalam kondisi mendesak.

Saat tersedak, Freedi sempat diberi pertolongan dengan diberi air putih lalu dibawa ke klinik terdekat. Namun sayang, nyawanya tak tertolong.

Astawan menilai semestinya setiap peserta diizinkan minum untuk mendorong sebagian makanan agar tidak sampai tersedak. Juga sudah seharusnya, panitia menyediakan tim medis selama perlombaan berlangsung.

"Bahaya makan cepat-cepat seperti itu. Lomba-lomba makan seperti itu kalau di luar negeri harus diikuti orang yang profesional dan tetap diawasi oleh dokter. Nah, ini enggak tahu ada pengawasnya atau tidak," terangnya.

Menurutnya, panitia sudah benar dalam mengharuskan setiap peserta menandatangani surat keterangan sehat. Akan tetapi, hal itu juga harus diikuti dengan pengawasan yang benar-benar selama perlombaan berlangsung.

Baca Juga: Polisi: Penyelenggara Lomba Makan Ayam KFC Tak Siapkan Tim Medis

Pasalnya, lomba makan cepat ini tidak hanya membutuhkan keterampilan tetapi juga kondisi tubuh yang benar-benar prima. Apabila peserta terlihat kelelahan atau tidak sedang dalam kondisi optimal, maka panitia seharusnya bisa langsung menegurnya.

"Betul sudah ngisi formulir yang mengharuskan peserta harus dalam keadaan sehat. Tapi tetap harus didampingi tim medis saat lomba, kalau ada gejala-gejala enggak enak ya harus ditangani. Sebelum lomba juga harus dipastikan lagi sehat atau enggak, bergadang atau enggak," lanjut Guru Besar IPB ini.

"Harusnya ada tim medis supaya bisa bertindak. Kalau enggak ada, kecolongan. Dalam setiap perlombaan ahrus ada tim medis dong," ujarnya.

Atas kejadian ini, PT Makmur Usaha Fobe Inko (O2 ACCION) menyatakan bertanggung jawab atas wafatnya seorang peserta Freedi. Penyelenggara juga memutuskan untuk menghentikan lomba tersebut.

Baca Juga: Penyelenggara Putuskan Hentikan Lomba Makan Ayam KFC Berhadia Rp 5 M

Polisi pun sudah menggelar olah TKP dan menyita sejumlah barang bukti. Pada Jumat (11/3) lalu, Kanit Reskrim Polsek Cengkareng, AKP Taufik Ikhsan menyebut pihaknya mengamankan barang bukti berupa piring, sisa tulang ayam, air minum milik korban serta rekaman video dari salah satu penonton.
sumber: detik.com
0
7.1K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan