Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

winsihshopAvatar border
TS
winsihshop
7 Fakta yg agan belum ketahui tentang R.A Kartini
7 Fakta yg agan belum ketahui tentang R.A Kartini


ingat kah sekarang gan? kalo hari ini adalah hari memperingati pahlawan nasional kita yaitu Raden Adjeng Kartini atau biasa sering di sebut R.A Kartini

kali ini ane mau membahas tentang 7 fakta tentang kartini yg agan belum ketahui

1. Raden Adjeng Kartini berasal dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa. Lahir di Jepara pada tanggal 21 april 1879 Ia merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera setelah Kartini lahir.Kartini adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI. Garis keturunan Bupati Sosroningrat bahkan dapat ditilik kembali ke istana Kerajaan Majapahit.Semenjak Pangeran Dangirin menjadi bupati Surabaya pada abad ke-18, nenek moyang Sosroningrat mengisi banyak posisi penting di Pangreh Praja.
Ayah Kartini pada mulanya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi, maka ayahnya menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan (Moerjam), keturunan langsung Raja Madura. Setelah perkimpoian itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, R.A.A. Tjitrowikromo.

Spoiler for R.A Kartini dengan suaminya:


2. Kartini menikah pada tanggal 12 november 1903 dengan bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri. wow...emoticon-Bingung kartini mau yah di jadikan istri ke 3 oleh orang tua nya hehe..nama nya juga hidup jaman dlu gan kyk siti nurbaya gitu emoticon-Ngakak (S) lanjut lagi gan..pada waktu itu R.A Kartini berkeinginan ingin mendirikan sekolah wanita di kabupaten rembang tersebut yg kini sekarang mulai di kenal sebagai Gedung Pramuka

Spoiler for Kartini school:


3. yang melatarbelakangi Kartini untuk memajukan perempuan pribumi di Indonesia salah satu nya adalah cara berpikir perempuan eropa yg hebat...dan kartini pun melihat karena status sosial perempuan pribumi yang rendah..sejak masih kecil Kartini sudah belajar bahasa eropa terutama belanda, saat itu kartini bersekolah di ELS (Europese Lagere School).

Kartini banyak membaca surat kabar Semarang De Locomotief yang diasuh Pieter Brooshooft, ia juga menerima leestrommel (paket majalah yang diedarkan toko buku kepada langganan). Di antaranya terdapat majalah kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang cukup berat, juga ada majalah wanita Belanda De Hollandsche Lelie. Kartini pun kemudian beberapa kali mengirimkan tulisannya dan dimuat di De Hollandsche Lelie. Dari surat-suratnya tampak Kartini membaca apa saja dengan penuh perhatian, sambil membuat catatan-catatan. Kadang-kadang Kartini menyebut salah satu karangan atau mengutip beberapa kalimat. Perhatiannya tidak hanya semata-mata soal emansipasi wanita, tapi juga masalah sosial umum. Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas. Di antara buku yang dibaca Kartini sebelum berumur 20, terdapat judul Max Havelaar dan Surat-Surat Cinta karya Multatuli, yang pada November 1901 sudah dibacanya dua kali

Spoiler for salah satu buku bacaan kartini:


4. Pada Tahun 1952 muncul uang kertas pecahan dengan nominal 5 rupiah berhiaskan gambar Kartini..kebetulan ane gemar banget koleksi barang barang jadul salah satu nya duit jadul gan emoticon-Ngakak (S)

Spoiler for pecahan 5 rupiah gambar kartini:


5. Kartini wafat pada usia 25 tahun tepat nya pada tanggal 17 september 1904 dan dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang.

Spoiler for makam kartini:


setelah kartini wafat muncul buku buku terkenal tentang buah pemikiran nya tentang emansipasi wanita demi membela kaum perempuan yg sering di tindas, cekidot neh gan untuk gambar nya

Spoiler for buku buku terkenal tentang buah pemikiran kartini:


Spoiler for buku buku terkenal tentang buah pemikiran kartini:


6.Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Spoiler for peringatan hari Kartini:


7. Nama R.A Kartini sendiri di gunakan sebagai nama jalan di Belanda..hebat banget yah pahlawan perempuan kita ini, nama nya dah jalan jalan sampe disana emoticon-Traveller, eitsss tunggu dulu itu juga karena ada sebab nya..kartini membuat tulisan yg berisi pikiran pikiran nya tentang emansipasi wanita dan di muat media media kabar atau majalah belanda..maka nya ga heran seluruh dunia bisa baca langsung isi tulisan tulisan kartini tersebut

berikut nama nama kartini yg sudah di buat nama jalan di belanda

Nama jalan di Belanda
Utrecht: Di Utrecht Jalan R.A. Kartini atau Kartinistraat merupakan salah satu jalan utama, berbentuk 'U' yang ukurannya lebih besar dibanding jalan-jalan yang menggunakan nama tokoh perjuangan lainnya seperti Augusto Sandino, Steve Biko, Che Guevara, Agostinho Neto.

Venlo: Di Venlo Belanda Selatan, R.A. Kartinistraat berbentuk 'O' di kawasan Hagerhof, di sekitarnya terdapat nama-nama jalan tokoh wanita Anne Frank dan Mathilde Wibaut.

Amsterdam: Di wilayah Amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, jalan Raden Adjeng Kartini ditulis lengkap. Di sekitarnya adalah nama-nama wanita dari seluruh dunia yang punya kontribusi dalam sejarah: Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, Isabella Richaards.

Haarlem: Di Haarlem jalan Kartini berdekatan dengan jalan Mohammed Hatta, Sutan Sjahrir dan langsung tembus ke jalan Chris Soumokil presiden kedua Republik Maluku Selatan.

Spoiler for kartini street:


tambahan dari ane neh gan salah satu ciptaan W.R.Supratman judul nya "Ibu Kita Kartini"

Ibu kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri jauhari
Putri yang berjasa
Se Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri yang suci
Putri yang merdeka
Cita-citanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendeka kaum ibu
Se-Indonesia

Ibu kita Kartini
Penyuluh budi
Penyuluh bangsanya
Karena cintanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

sekiat thread dari ane semoga bermanfaat buat agan agan semua..ada baik nya kita menghargai perempuan, tanpa mereka kita ga bisa lahir di dunia... selamat hari kartini agan agan sekalian

bagi yg mau kasih cendol or bata gpp ane ikhlas kok.. hehe emoticon-Ngakak (S)

emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh winsihshop 21-04-2015 03:45
ningdidien
bos.kutang
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
8.8K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan