Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RobeckCalanoAvatar border
TS
RobeckCalano
Ulasan TBC (Tubercolosis) Tulang
Selamat datang di 1st thread ane

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


jika berkenan tolong berikanemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
serta emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
tidak menerima emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L) udah banyak dirumah emoticon-Ngakak

oke gan ketahuilah TBC (Tubercolosis) itu gak cuma menyerang paru-paru, seperti yang orng indonesia awam ketahui, karna TBC bisa terkena ke tulang, dan organ organ lain tak terkecuali otak gan.

mungkin kalau TBC Paru-paru udh pada awam kini saya ulas tentang TBC Tulang.

Tubercolosis ( TBC ) tulang adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Mycobacterium Tuberculosa. Tuberkulosis tulang adalah suatu proses peradangan kronik dan destruktif yang disebabkan basil tuberkulosa yang menyebar secara hematogen dari focus jauh. Virus ini menyebar lewat udara. Pintu masuk pada tubuh manusia adalah lewat saluran pernafasan / paru-paru. Perkembangan virus TBC didalam tubuh sangat lamban, tergantung pada daya tahan tubuh orang yang bersangkutan.

Tubercolosis tulang ( TBC Tulang ) dapat menyerang hampir semua tulang tapi yang paling sering terjadi adalah TBC pada tulang belakang, pinggul, lutut, kaki, siku, tangan dan bahu. Rahang bawah (mandibula) dan sendi temperomandibular adalah daerah yang paling jarang terjangkit oleh kuman TBC.

Spoiler for Spoiler for Tulang yang rusak karena grogotan kuman TBC:


Pemeriksaan yang dilakukan untuk medeteksi adanya TBC tulang adalah melalui pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologis. Pemeriksaan radiologis dilakukan dengan photo toraks PA karena penyakit TBC tulang 80% disebabkan karena penyebaran dari TBC paru. Jika dicurigai adanya TBC tulang maka dilakukan pemeriksaan tingkat lanjut melalui photo pada tulang (photo polos posisi AP, Lateral dan CT-Scan atau MRI).

-Gejala TBC tulang:

Pada awalnya penderita merasa pegal-pegal disertai rasa lelah pada sore hari. Pada tingkat selanjutnya penderita mengalami penurunan berat badan, demam, berkeringat di malam hari, kehilangan nafsu makan.

Pada sendi gejalanya mirip arthritis yaitu nyeri pada sendi, bengkak, mengalami keterbatasan gerak. Kulit diatas daerah yang terasa nyeri kadang teraba panas dan kadang terasa dingin, kulit berwarna merah kebiruan.

Pada anak-anak gejalanya dapat ditemukan spasme otot pada malam hari (night start). Terkadang disertai demam ringan. Pada kasus yang berat, kelemahan otot bisa terjadi sedemikian cepatnya menyerupai kelumpuhan.

-Cara pengobatan TBC tulang:

Pada tahap awal penderita mendapat obat setiap hari dan diawasi langsung untuk mencegah terjadinya kekebalan terhadap semua OBAT. Sedangkan ditahap selanjutnya penderita mendapat jenis obat lebih sedikit namun dalam jangka waktu yang lebih lama. Tahap lanjutan ini penting untuk membunuh kuman persistent sehingga mencegah terjadinya kekambuhan.

Penyakit TBC tulang dapat menyebabkan tulang yang yang terserang menjadi rusak, sehingga bisa terjadi pengeroposan tulang. Untuk memulihkannya diperlukan kesabaran dan waktu yang lama. Apalagi jika penderita sudah berusia lanjut. Penyakit ini tidak bersifat menurun, tapi kemungkinan menular.

Untuk pengobatan, TBC tulang harus rutin minum obat TBC setiap hari tanpa putus dalam jangka waktu 12 bulan sampai 18 bulan

Spoiler for Spoiler obat TBC tulang, ini obat TBC tulang ane gan....:

dan melakukan tindakan Operasi untung mengangkat dan membersihkan kuman-kuman TBC yg nempel dan di pasang pen (seperti Besi untuk merapatkan tulang yg rusak). kebetulan ane pun adalah penderita TBC tulang.
Spoiler for Spoiler for tulang yang di pasang PEN:


dan satu lagi, TBC tulang bisa menyebabkan syaraf terjepit, seperti satu kasus. syaraf biisa terjepit di karenakan terjepit oleh tulang yang retak, dan hingga bisa mengalami kelumpuhan.

sekian untuk thread ane, kalau ada yang salah ane mohon maaf, karna ane newbie. mohon bantuannya untukemoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)

jangan lupa untuk leave komen dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)serta emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh RobeckCalano 02-05-2013 11:02
0
10.6K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan