neothinkpadAvatar border
TS
neothinkpad
🎉 Menko Darmin: Penguatan Rupiah Berdampak Negatif ke Ekspor
logicnya ajaib:
✔Melemah bagus pas ekspor menanjak
✔Menguat bagus pas jatuh tempo bayar hutang






JAKARTA- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan penguatan rupiah yang sempat mendekati kisaran level Rp12.000/USD akan berpotensi mengancam ekspor Indonesia. Dengan tegas dia menjelaskan bahwa penguatan nilai tukar rupiah juga bisa memberikan efek negatif terutama terhadap kinerja ekspor.

Lanjut dia Bank Indonesia (BI) diharapkan tidak membiarkan rupiah terlalu kuat sehingga dolar Amerika Serikat (USD) sekarang melemah. "Ekspor kita akan lemah jika rupiah terlalu kuat. Meski terlalu lemah juga tidak bagus dan terlalu kuat juga tidak baik," jelasnya di Jakarta, Senin (6/3/2016).


Berdasarkan data hari ini, rupiah dibuka pada kisaran level Rp13.019/USD dan sempat menyentuh posisi Rp12.990/USD, meski kemudian terkoreksi lagi di angka Rp13.045/USD. Dia menerangkan bahwa kondisi rupiah di angka Rp12.900/USD atau di bawah itu, merupakan tanda bahwa rupiah telah mengarah ke fundamentalnya.

"Itu sesuai. Tapi memang ada beberapa pandangan yang bilang Rp12.700 dan Rp12.500, tapi ada yang bilang kurang dari itu. Tergantung keseimbangannya dulu dianggap di tahun berapa. Kalau sekarang ya, bahaya untuk ekspor kita yang sebetulnya juga sedang melemah," pungkasnya.


Sementara itu sebelumnya dia juga mengungkapkan efek positif membaiknya rupiah terhadap pemilik dana asing untuk berinvestasi ke Indonesia. "Kita walaupun turun, masih relatif tinggi tingkat bunganya. Tapi pertumbuhan ekonomi kita dianggap membaik sehingga para pemilik dana menganggap investasi di Indonesia menjanjikan," ungkapnya akhir pekan kemarin.
(akr)

http://ekbis.sindonews.com/read/1091112/34/menko-darmin-penguatan-rupiah-berdampak-negatif-ke-ekspor-1457348120
Diubah oleh neothinkpad 07-03-2016 11:49
0
1.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan