marthinsaurAvatar border
TS
marthinsaur
Riwayat Buku
Quote:


Quote:


Siapa yang tidak mengenal buku, buku adalah salah satu sumber pengetahuan yang bisa kita dapat. Dulu buku yang digunakan oleh orang – orang yang tinggal disekitar Sungai Eupharates pada tahun 2000 SM terbuat dari tanah liat yang dibakar mirip dengan cara batu bata dibuat pada saat ini.

Quote:


Beda sekali dengan orang yang tinggal di daerah sekitar sungai Nil, mereka membuat buku dengan batang papirus yang banyak didapatkan di pinggiran laut tengah yang tidak jauh dari sungai nil. Bentuk buku ini masih bisa kita saksikan atau kita bisa cari gambarnya di google karena bentuk buku ini masih dipakai sampai tahun 300 Masehi .

Quote:


Seiring Zaman bentuk buku mulai berangsur lebih baik, dari yang berbentuk gulungan berubah menjadi bentuk satuan lembar demi lembar yang disatukan dengan cara dijahit yang biasa dikenal dengan nama Codex, dan bentuk inilah yang masih kita bisa kita lihat sampai saat ini.

Quote:


Tetapi Bangsa China yang menemukan kertas, yaitu sekitar tahun 105 Masehi, Seorang China yang menetap di Tiongkok bernama , Ts’ai Lun. Hingga pada tahun 751 Masehi cara pembuatan kerta sudah menyebar hingga kedaerah Asia Tengah dikarenakan pada saat itu para pembuat kertas berasal dari China dijadikan tawanan untuk memberikan rahasia cara pembuatan kertas oleh bangsa Arab.

Quote:


Hingga pada tahun 1189 pabrik kertas pertama yang berada di Perancis, diikuti oleh pabrik kertas di Italia (1276 Masehi) dan Jerman pada tahun 1391. Dari pembuatan kertaslah yang membuat dunia buku menjadi berkembang

Quote:


Begitulah riwayat perkembangan buku dari awal sampai saat ini yang bisa kita nikmati sekarang. Internet pun sampai saat ini juga belum mampu membuat buku itu menjadi punah, dan mudah – mudahan buku tetap bertahan seiring era teknologi yang semakin maju.


Quote:
Diubah oleh marthinsaur 02-03-2016 17:21
0
21.8K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan