CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jalur Kereta Api Perlu Diperbanyak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d7abdd54c07a41218b4569/jalur-kereta-api-perlu-diperbanyak

Jalur Kereta Api Perlu Diperbanyak

Quote:


Sumber

Pantai barat Sumatera, kalau gak salah memang sudah ada rencana buat jalur KA di RIPNAS, cuma ane gak tahu seperti apa medan di sana....

Yang penting Trans Sumatera lintas timur segera dirampungkan pengerjaannya dulu
Halaman 1 dari 2
harusnya kereta cepat dong, masa kereta biasa mulu, bosen!
Quote:


jalurnya berat klo pantai barat, gunung gunung gitu, yang penting terkoneksi aja dengan jalur pantai timur..
Nanya diluar topik ,tapi masih ada korelasinya dengan kereta
-Apa benar rel kereta api diindo itu beda lebarnye sama negara2 laen,jadi kalo beli kereta dri negara lean kudu dimodif dulu ban/rodanye ?
-Benarkah kereta api dijawa tidak bisa di pergunakan untuk mobilisasi aluttsista khususon tank sepeti dinegara2 lain ? Yg dmana ini masalh penting kalo.terjadi perang
-Kalo benar mau ditambah jalur /rel baru apakah kedua hal diatas jadi perhatian juga ,sangat disayangkan bila terlewatkan emoticon-Sorry

Trims sebelumnya emoticon-shakehand
Diubah oleh adoysudadoy
Quote:


HST cuma menang di gengsi doang, biaya operasional gede, profitnya tipis....

Quote:


iya gan, kata teman ane yang di Sumatera memang areal tersebut lebih berat.....

Quote:


- lebar jalur KA di Jawa dan Sumatera 1067 mm, sama dengan jepang sehingga jika mendatangkan KRL dari JEpang tidak perlu ada modif, kalaupun untuk lokomotif produsen-produsen besar bisa membuatkan yang sesuai dengan trek di Indonesia dengan mudah,

- kalau untuk mobilisasi memang susah karena lebar jalur 1067 mm tersebut

-penambahan jalur di Jawa dan Sumatera tetap menggunakan lebar 1067 mm, sementara untuk Kalimantan & Sulawesi menggunakan lebar jalur 1435 mm yang banyak digunakan di dunia sehingga disebut standard gauge
Quote:


Quote:


bukan karena lebar gaugenya, itu masih bisa diakalin make rel dengan kemampuan axle load lebih gede, klo jawa itu ribetnya, lebar terowongan ma lebar jembatannya dah mepet ga akan cukup lebar klo leopard misalnya ditumpangin ke kereta..bakalan mentok nyangkut emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:


o iya ya, di Thailand bisa mobilisasi alutsista dengan gauge 1000 mm gan, tapi repotnya jika ada terowongan dan jembatan sempit.......
Quote:


Kereta biasa aja masih kurang kok mau yang cepat gan....
Quote:


iya, makanya yang di makassar, or jalur yang mo diaktifkan kembali, dephub ma TNI dah singkronisasi data biar kereta bisa buat mobilisasi alutsista juga emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

yang lebih utama mustinya di jawa ini, udah musti dipikirkan, klo mo renov jembatan musti akomodir mobilisasi alutsista juga
Quote:


Apakah alasan utama sama.dengan jepang kita tetp make yg 1067 ?
Alasan utamanya apa sih gan make 1067 sama 1435 selain beda dilebar ,standar jepang ,standard dunia ? Akselerasi kah ,atau keselamatan
Quote:


duitnya ada, tinggal mau kerja atau gak
Quote:


Bujug buseeh iya juga yak terowongan sama jembatan penyebabnya ,btw dalam penambahan rel baru apakah hal ini dijadikan rujukan , setidaknya kalo bikin rel baru ya kalo bikin terowongan rada gedean dikit ataw standar jembatan baru lebih lebar ngikutin kebutuhan mobilisasi alutsista ,,btw dri pihak militer itu dimintai masukan,usul dan saran juga gak sih perihal pembangunan kereta api ? Kalo gak sungguh disayangkan emoticon-Berduka (S)
jangankan di sumatera, di jawa aja khususnya banten juga lagi dikebut untuk proyek double track (lanjutan) Maja - Rangkasbitung, dan elektrifikasi Maja - Rangkasbitung.. untuk jalur mati rangkasbitung - labuan sedang proses pembebasan lahan, udh ada tanda2 mau di hidupkan kembali, dan proyek double track rangkasbitung - merak juga dalam proses pembebasan lahan #TeamMerconMengabarkan emoticon-Traveller
Quote:


Di Jawa & Sumatera karena sudah terlanjur dibuat jalur 1067 mm oleh Belanda gan, bukan karena sama dengan Jepang

untuk melakukan perubahan lebar jalur bakal sangat mahal & makan waktu

Kalau di Kalimantan & Sulawesi menggunakan 1435 mm karena jalurnya benar-benar baru, plus ini jalur bisa untuk kereta yang lebih cepat, stabil serta mengangkut beban lebih berat
kata nasbunger....jangan diperbanyak...nanti arus barang dari luar negeri bisa cepet tersebar ke daerah2...^^^
kalo kata nasbungtol sih lbh baik dananya buat rakyat miskin...
Quote:


ga tau klo soal rel mah, tapi klo untuk jembatan merah putih ambon, dephub koordinasi kok ma TNI AL, meskipun hasil akhirnya ada yang miss emoticon-Hammer2

Quote:


Karena negara kita masih pake kereta bekas dari jepan bray..
Quote:


kakak, jalur KA lintas timur apakah sekalian untuk jalur kereta penumpang atau hanya lintasan kereta barang saja?.

lintas timur itu jalur paling banyak dilewati orang sumut kalau naik mobil untuk pulang kampung
Quote:


semuanya gan, untuk KA penumpang dan KA barang
Quote:


kabar baik ini, kakak.

kalau jadi, ane bakalan sering nih kayaknya pulkam bareng keluarga...

semoga cepat selesai tapi jangan seperti kereta yang kuala namu ya...kabarnya sering rusak akibat tikus-tikus berdasi menggigit besi kereta....
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di