CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Miris! Gaji Guru Honorer K2 Cuma Rp 162 Ribu per Bulan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d792b5c2cb175a258b4567/miris-gaji-guru-honorer-k2-cuma-rp-162-ribu-per-bulan

Miris! Gaji Guru Honorer K2 Cuma Rp 162 Ribu per Bulan

sumber : pojoksatu.id
Miris! Gaji Guru Honorer K2 Cuma Rp 162 Ribu per Bulan

POJOKSATU.id, TAPTENG – Sebagian guru honorer kategori dua (K2) hanya mendapatkan gaji Rp162 per bulan. Gaji sekecil itu tentu sangat jauh dari kata layak.

Karenanya, sebanyak 306 guru honorer K2 yang menamakan diri Forum Honorer Kategori Dua (K2) Tapanuli Tengah (Tapteng) mendesak Bupati Sukran Jamilan Tanjung agar mengangkat mereka menjadi CPNS.

Sebab, banyak di antara mereka yang sudah belasan tahun menjadi guru honor. Mereka sangat berharap diangkat menjadi PNS agar mendapatkan gaji yang lebih besar.

G Purba, ketua tim aksi sekaligus ketua forum tersebut, saat dimintai keterangannya, membenarkan tujuan kedatangan mereka untuk menemui bupati, guna memastikan nasib mereka yang selama ini terkatung-katung.

“Kita mau minta kepada Pak Bupati agar kami diangkat menjadi PNS,” kata Purba, pimpinan massa, seperti diberitakan New Tapanuli (Jawa Pos Group) kemarin.

Mereka juga meminta agar honor mereka sebagai tenaga pengajar disetarakan dengan Upah Minimum Regional (UMR).

“Kalaupun tidak bisa diangkat, paling tidak honor kami disesuaikan dengan besaran UMR,” pintanya.

Besaran honor yang mereka terima sebagai tenaga pengajar selama ini yang dibiayai dari dana BOS, sangat minim. Parahnya, ada di antara mereka yang hanya menerima Rp 160 ribu per bulan.

“Gaji kami sekarang dari dana BOS. Saya saja menerima gaji hanya Rp 162 ribu per bulan. Dan yang paling besar menerima hanya Rp 600 ribu per bulan,” ungkapnya.

Itupun, lanjutnya, gaji tersebut mereka terima per tiga bulan. “Kami terima sekali tiga bulan, dirapel, belum ada ada penundaan penyerahan,” bebernya.

(ts/sam/jpnn)
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Kasian juga, seharusnya walaupun gak diangkat sebagai pns Digaji minimal umk setempat lah emoticon-Big Grin
kata nye klo mo di kirim ke desa tertinggal langsung diangkat PNS ya ?
memang kasihan guru honorer... kerja setara guru pns... bayaran bak bumi dan langit...
harusnya minimal umk daerah...
Naikkan gaji buruh..!!!!

Buruh kadang kok g ngaca sama guru2 mereka ya...
katanya kekurangan guru, saat ada orang mau jadi guru kok gak "digaji".
apa 20% apbn untuk pendidikan masih kurang ??
ya ampun pahlawan tanpa tanda jasa bener2 luar biasa...
mendingan gaji guru digedein daripada gaji pejabat2 kuplak!!
resiko jadi guru horor mang begitu.
pahlawan tanpa tanda jasa..
apa gegara slogan itu yg buat pemerintah seenaknya menggaji karyawan, entah itu honorer sekalipun? ckckckck...
ya ampun kasian amat ganemoticon-Berduka (S)
miris banget ini
coba kalo honorernya cuma satu, tentunya gaji dia udah diatas UMR, cuma karena honorernya bejibun ya wajar kalo duit bos yang porsi untuk honorarium dibagi rata emoticon-Ngakak (S)
Kasian...
beda nasib banget dgn yg sudah PNS.
kalo memang kebutuhan akan guru sudah memadai, di stop saja penerimaan honorer. Maksimalkan yang sudah ada. Supaya ketimpangan ini ga lagi terjadi.

sering dijumpai prakteknya dilapangan honorer ini buruhnya PNS
diSD emak ane juga ada 2 henorer
itu peninggalan kepalas sekolah lama
ya mai gimana lagi gan, guru yang PNS cuma ada 4 oang 5 kalo gak salah
itu udah termasuk guru agama sama olah raga, jadi kan ada defisit tenaga pengajar
nah makanya kepala sekolah dulu rata2 nrima orang yang istilahnya ngabdi jadi guru
tapi ironisnya murid sd di daerah ane sekelas rata2 cuma ada 12-13 itu udah bagus banget kata temen emak ane
oiya ini masih dijawa ya,
gaji cuma 150, dulunya cuma 100 dinaikin emak 50rbu
si honorer ini juga nyambi jadi ukang parkir dipasar gan buat tambahan uang emoticon-Berduka (S)
Quote:


sepertinya bukan hanya guru, tenaga honorer lain juga begitu
Quote:


Jangan salahkan buruh coy...wajar minta dikasih bayaran sesuai standar umk,udah bagussss bgt buruh mau capek capek mMperjuangkan UMK toh jika ada kenaikan UMK yg Layak,yg menikmati kan bukan cuma buruh...semua yg berstatus karyawan pasti kecipratan efeknya.

Jika serikat buruh nggak demo nuntut kenaikan upah bisa2 para karyawan ditindas oleh korporasi.

Di sini saya mEnilai justru pmErintah yg terLalu parah keliru nya dLm mMbuat sistem pengupahan pegawai'nya...antara PNS dan honorernya bak bumi dan Langit.
Terutama tenaga pendidik/guru,,negara kita mMang kekurangan tenaga pengajar artinya mMang negara butuh guru untuk mengajar.
Tapi beuhhh negara ngasih upah ke guru yg honorer nggak manusiawi bgt....kebetulan temen ane bnyak yg ngabdi jd guru dan ane kadang pngen nangis klo mereka pada ngeluh soal honor mreka yg nggak bisa diandalkan untuk mMenuhi kebutuhan sehari hari.

Betapa beruntungnya ane yg cuma lulus SMA doank tp dari kerja saya dLm sebulan bisa dapet Lebih banyak dr gaji PNS golongan trtentu,secara umum.
Kalau mempermasalahkan gaji yg kurang kenapa gak cari kerjaan yg gajinya lebih gede sih?
Atw jgn terlalu konsumtif
Kebanyakan ngeluh tapi gak mikir solusinya
emang gimana sih prosedur daftar jadi guru honorer, ane smp sekarang bingung...emoticon-Bingung (S)
Polemik pemerintah dikala banyak honorer dgn anggapan utk diangkat jd pns, menjadikan honorer bejibun akhirnya pemerintah susah utk menggaji honorer yg bgtu banyak namun kompetensi yg diharapkan tidak sesuai...
Kasihan mereka emoticon-Turut Berduka
Ane gagal paham ini, kalau emang gajinya kecil kenapa gak pindah kerja aja? Atau paling tidak pindah ke sekolah swasta.
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di