clonetrueAvatar border
TS
clonetrue
Ribut2 soal kantong plastik, cek ini dulu gan..
Barusan ane belanja gan di giant sama diindomaret, pas bayar dikenain 200 rupiah mengikuti aturan pemerintah.. dan akhirnya selesai, dalam hati ada yg mengganjal, bukan soal 200 nya gan, tp coba agan cek dibawah ini. Mana yg lebih banyak penggunaan plastiknya ? Trus yg mo diminimalisir dan untuk menjaga lingkungan hidup yang mana ?
Belanjaan ane 1 kantong plastik di giant. Dan itu bisa terurai. 1 kantong lagi di indomaret, dan itupun bisa terurai. Lantas mana yang mo dijaga, sementara isi belanjaan ane yg dlm kantong plastik tadi rata2 menggunakan plastik. Itupun item yg ane beli ga banyak. Bayangkan kemasan plastik yg dipajang didalam toko, bukan main banyaknya. Lalu hasil penjualan plastik tadi kemana ? Mmg sih murah 200, tp kalo sdh dikalikan jutaan org belanja, sdh berapa? Dan itu larinya kemana ? Kmrn baca trit, perputaran uang di kantong plastik menyentuh trilyunan loh.. kalo itu uang masuk ketoko, betapa untungnya itu toko, karena cost yg seharusnya ditanggung toko kini sdh menjadi beban costumer. Belum lagi jika nanti dinaikkan jadi 5000. Wuiihh makin untung itu toko, modal ga sampe 200 untuk 1 kantong plastik, kini bisa dijual 5000, dikalikan jutaan orang. Wiiiihhhh...
Seandainya uang disetor kepemerintah, yakin tidak akan ada penyimpangan ?
Jd mnrt agan, sberapa efektif aturan ini ? Kantong plastik dijaga, tp plastik isi belanjaan yang dominan menggunakan plastik, tidak dijaga.

ane bukan masalahkan soal 200nya, tp isi belanjaan yg dominan menggunakan plastik untuk kemasan barangnya dimana aturan digadang2 untuk menjaga lingkungan hidup, kalo alasan menjaga lingkungan hidup, peraturan jangan cuma kantong plastik nya tetapi ada kemasan produsen juga diatur agar menggunakan bahan ramah lingkungan. caranya ?? itu yang harus dipikirkan pemerintah. jangan cuma cari gampangnya lempar ke end user.

Spoiler for plastik:


Diubah oleh clonetrue 04-03-2016 01:57
0
47.7K
376
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan