gidhanAvatar border
TS
gidhan
DI SUPER JUPITER INI SERING TERJADI HUJAN KACA DAN BESI
bisa share lagi juga tentang astronomi emoticon-Ngakak (S) disimak ya emoticon-Malu (S)


gambar inframerah 2M1207 (kebiruan) dan 2M1207b (kemerahan).

Dengan menggunakan teleskop luar angkasa Hubble, para astronom mengukur tingkat rotasi sebuah exoplanet ekstrim dengan mengamati variasi kecerahan dalam atmosfernya.

Menurut ilmuwan, ini adalah pengukuran rotasi pertama sebuah planet masif menggunakan pencitraan langsung.

Planet ini bernama 2M1207b, sebuah planet yang memiliki massa sekitar empat kali massa Jupiter dan dijuluki sebagai “super–Jupiter.”

“Hasilnya sangat menarik. Ini memberi kita teknik unik untuk mengeksplorasi atmosfer exoplanets dan untuk mengukur tingkat rotasi mereka,” kata Daniel Apai dari University of Arizona di Tucson, pemimpin investigasi Hubble.

Para peneliti mengatakan planet itu adalah pendamping sebuah bintang gagal yang dikenal dikenal sebagai katai coklat yang dikenal sebagai 2M1207, mengorbit pada jarak lima miliar mil. Sistem ini berada 170 tahun cahaya dari Bumi.

Sebaliknya, Jupiter berjarak sekitar 500 juta mil dari matahari. Stabilitas gambar Hubble, resolusi tinggi, dan kemampuan pencitraan kontras tinggi memungkinkan para astronom secara tepat mengukur perubahan kecerahan planet saat berputar.

Para peneliti menghubungkan variasi kecerahan pola awan yang kompleks di atmosfer planet.Pengukuran baru yang dibuat Hubble tidak hanya memverifikasi keberadaan awan ini, tetapi juga menunjukkan bahwa lapisan awan ini tambal sulam dan tidak berwarna.

Para astronom pertama kali mengamati exoplanet ini 10 tahun yang lalu dengan Hubble. Pengamatan menunjukkan bahwa atmosfer exoplanet ini cukup panas untuk memiliki awan ‘hujan’ yang terbuat dari silikat – uap batu yang mendingin dan membentuk partikel kecil dengan ukuran mirip asap rokok.

Lebih dalam ke atmosfer, tetesan besi membentuk dan jatuh seperti hujan, akhirnya menguap saat mereka memasuki tingkat atmosfer yang lebih rendah.

“Jadi pada ketinggian yang lebih tinggi, terjadi hujan kaca, dan di dataran rendah hujan besi. Suhu atmosfernya antara 1204-1426 derajat Celcius,” kata Yifan Zhou dari Universitas Arizona.

Super–Jupiter ini begitu panas hingga ia muncul terang dalam cahaya inframerah. Para astronom menggunakan Hubble Wide Field Camera 3 untuk menganalisis exoplanet dalam cahaya inframerah untuk mengeksplorasi awan dan mengukur tingkat rotasi.

Planet ini panas karena baru berusia sekitar 10 juta tahun dan masih berkontraksi dan mendingin,kata para peneliti.

Planet ini tidak akan mempertahankan temperatur terus-menerus. Selama beberapa miliar tahun ke depan, objek ini akan mendinginkan dan memudar secara dramatis, kata mereka.

Suhu menurun, awan besi dan silikat juga akan membentuk lebih rendah dan lebih rendah di atmosfer dan akhirnya akan hilang dari pandangan.

Para peneliti juga menentukan bahwa Super-Jupiter ini melengkapi satu putaran kira-kira setiap 10jam, berputar di sekitar tingkat yang sama cepat seperti Jupiter.

Hasil dari penelitian ini dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal.

gak kebayang donk kalo di bumi hujan kaca dan besi kaya gimana emoticon-Wakaka

Sumur : LuarAngkasa
0
2.8K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan