Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

no.2nd.chanceAvatar border
TS
no.2nd.chance
Beberapa Peristiwa Penting yang Juga Terjadi Saat 29 Februari. Sudah Tahu, Belum?
Quote:


Quote:


Tahun 2016 diketahui sebagai tahun kabisat. Tahun kabisat ditandai dengan adanya tambahan satu hari di bulan Februari. 29 Februari pun "dirayakan" setiap empat tahun sekali. Sejumlah kejadian pun pasti terselip secara sengaja ataupun tak sengaja di tanggal ini.

Quote:


1. Petualangan seorang pelaut berlanjut.


Pada 1644, Abel Tasman melakukan ekpedisi samudera Pasifiknya yang kedua dimulai. Pelaut asal Belanda ini juga yang pertama kali mencapai pulau Tasmania, Australia dan Selandia Baru. Dirinya juga bekerja untuk VOC, dan menghabiskan sisa hidupnya di Batavia (Jakarta), Indonesia.

2. Kelahiran dinasti/monarki terakhir di Burma/Myanmar.


Pada 1752, Raja Alaungpaya mendirikan Konbaung Dinasti. Dinasti tersebut merupakan kepemimpian monarki terakhir di Burma atau Myanmar. Konbaung Dinasti akhirnya runtuh pada 1885.

3. Berlakunya Perjanjian Jay (Jay Treaty) antara Amerika Serikat dan Inggris.


Pada 1796, kedua negara membentuk kerjasama bidang perdagangan selama 10 tahun. Perjanjian ini ditandatangani di London pada November 1794 dan berlaku dua tahun kemudian.

4. Ceko menganut paham konstitusi.


Pada 1920, negara nasional majelis Ceko mengadopsi paham konstitusi yang bertahan sampai saat ini.

5. Aktris Afrika-Amerika pertama meraih Academy Award.


Pada 1940, seorang aktris keturunan Afrika, Hattie McDaniel menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang meraih Academy Award. Penghargaan sebagai Best Supporting Actress ini diraih berkat film Gone With The Wind (1939).

6. Ernest Lawrence meraih penghargaan nobel dalam bidang fisika.


Pada 1940, ilmu nuklir asal Amerika, Ernest Lawrence meraih penghargaan nobel dari bidang fisika untuk ciptaannya, cyclotron. Ernest juga dikenal dengan teori pemisah isotop dan uranium untuk Manhattan Project.

7. Sebuah pulau kembali bergabung dengan negara Jerman.


Pada 1952, pulau Heligoland akhirnya dikembalikan ke otoritas Jerman. Sebelumnya Heligoland adalah bagian kekuasaan Denmark dan Inggris.


8. Gempa bumi yang menghancurkan bagian barat negara Maroko.


Pada 1960, pukul 23.40 waktu negara bagian Eropa Timur, sebuah gempa bumi 5.7 SR mengguncang Agadir. Kota tersebut memang berada di tepi pantai Maroko yang dekat dengan Samudera Atlantic. Dengan durasi hanya 15 detik hampir 15.000 penduduk Maroko meninggal.

9. Korea Selatan menarik diri dari perang Vietnam.


Pada 1972, Korea Selatan menarik diri dari ikut campurnya dengan Perang Vietnam. Korea menarik lebih dari 300.000 personilnya dari daratan Vietnam. Peran Korea Selatan berawal sejak 1964 dengan mendukung pihak sekutu Amerika Serikat dan ikut mendukung negara bagian selatan Vietnam.

10. Anggota Parlemen Kanada terbuka mengaku sebagai gay.


Pada 1988, dalam sejarah Amerika, untuk pertama kalinya seorang anggota parlemen mengakui diri sebagai gay. Anggota parlemen tersebut bernama Svend Robinson. Dengan pengakuannya itu justru Svend bertahan lebih lama sebagai anggota, sebelum memutuskan untuk pensiun pada 2004.

11. Referendum kemerdekaan Bosnia & Herzegovina.


Pada 1992, Bosnia & Herzegovina dibuat referendum atau usulan melepas diri dari negara bagian Yugoslavia. Akhirnya, Bosnia & Herzegovina berhasil merdeka pada 3 Maret 1992. Mereka melepas diri setelah perang saudara yang melibatkan seluruh negara bagian Yugoslavia pada tahun 1970-an.


12. Kecelakaan penerbangan Faucett 251 tujuan Arequipa dan Tacna, Peru.


Pada 1996, sebuah pesawat Boeing 737-200 yang dijadwalkan melakukan penerbangan dalam negeri di Peru mengalami kecelakaan. Ketika menuju tujuan pertama, Arequipa, pesawat tersebut mengalami gangguan teknis, selain itu kondisi cuaca yang hujan dan malam hari pun memperburuk situasi. Akhirnya 123 orang dalam pesawat, dengan 117 penumpang dan enam kru, pun tak terselamatkan.


13. Kudeta Presiden Haiti.


Pada 2004, Presiden Haiti kala itu, Jean-Bertrand Aristide dikudeta dan diasingkan. Hal tersebut merupakan akhir dari kerusuhan terjadi antara sejumlah kelompok di Haiti akibat terbunuhnya salah satu kepala organisasi di Haiti.

14. Gedung pencakar langit di Jepang selesai dibangun.


Pada 2012, Tokyo Skytree selesai dibangun dan langsung dijadikan sebagai tower paling tinggi kedua dunia setelah Burj Khalifa di Uni Emirat Arab. Tokyo Skytree berfungsi sebagai gedung pemancar, restoran, serta lokasi wisata dengan ketinggian 634 meter.


15. Indonesia Kalah 10-0 dari Bahrain.


Pada 2012, dalam kualifikasi grup E Piala Dunia 2014, secara mengejutkan tim nasional Indonesia kalah 10-0 atas Bahrain di Stadium Nasional Bahrain. Kekalahan 10 gol tanpa balas ini menggelitik FIFA untuk melakukan investigasi atas pertandingan ini. Hal tersebut juga dikarenakan, sebelum pertandingan, Bahrain yang harus mampu menang 9-0 atas Indonesia jika ingin lolos kualifikasi karena beda jumlah gol dengan Qatar.

Kekalahan ini merupakan kekalahan besar kedua Indonesia setelah kalah dari Denmark 9-0 pada 1974.


16. Kalijodo (Jakarta Utara) dieksekusi!!


Karena menempati ruang terbuka hijau (RTH) ya gimana lagi ya, aturan pemerintah mesti jalan.

17. Orang-orang yang berulang tahun lagi happy-happy nya karena udah lama menanti hari ulang thn nya yg akhirnya mampir juga wkwkw emoticon-Big Grin


Ada suka maupun duka terjadi di tanggal 29 Februari ini. Namun, kejadian-kejadian itu akan selalu diingat, bukan hanya karena dampak, tapi juga "tanggal cantik" yang jadi waktu terjadinya.

Quote:


0
2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan