- Beranda
- Komunitas
- Sports
- Berita Olahraga
kenapa balapan di F1 itu harus bayar?


TS
kirisaki.chan
kenapa balapan di F1 itu harus bayar?

Kenapa balapan di F1 itu harus bayar?

Quote:
Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Indonesia Rio Haryanto harus menyetor dana sebesar 15 juta euro kepada tim Manor Racing untuk tampil di Formula 1 musim ini. Bila dirupiahkan totalnya mencapai angka Rp 225 Miliar.
Bos Mercedes, Toto Wolf, sebelumnya pernah menganggap harga yang harus dibayarkan Rio ke Manor cukup mahal. Wolf berang karena angka ini membuat peluang pembalapnya, Pascal Wehrlein bergabung dengan Manor bakal menipis karena mereka hanya bersedia membayar 4 juta euro.
Seperti dilansir Autosport, Wolf juga menuding harga Rio Haryanto juga berpotensi merusak pasaran F1. Meski demikian, belakangan Wolf bisa bernapas lega karena Manor akhirnya merestui Wehrlein menempati satu dari dua kursi yang tersedia, tanpa merinci dana yang disetorkan.
Pembalap jebolan Akademi Renault, Oliver Rowland juga sempat mengungkapkan betapa mahalnya kursi Manor. Seperti dilansir f1i.com, Rowland, yang merebut 8 kemenangan di Formula Renault musim lalu akhirnya menolak bergabung dengan tim asal Inggris itu karena tidak punya cukup uang.
"Kami sudah berbicara--jangan salah, namun saya pikir saya mungkin siap (untuk F1). Tapi saya tidak punya kesempatan. Saya tidak uang yang dibutuhkan untuk gabung Manor," katanya.
Menanggapi hal ini, Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, punya pendapat lain. Menurut pria kelahiran 1966 tersebut, harga 15 juta euro yang diminta Manor sebenarnya tidak tergolong mahal. Apalagi bila dibandingkan dengan tim lain yang membandrol satu kursinya hingga 20 juta euro.
Piers mencontohkan pembalap asal Swedia, Marcus Ericsson mengeluarkan lebih banyak uang untuk bergabung dengan Sauber-Ferrari tahun ini. "Ericsson membayar lebih dari 20 juta euro," katanya.
Piers juga tidak habis pikir dengan komentar Wolf. Sebab menurutnya, Mercedes seharusnya membayar lebih mahal. "Aneh dia bilang seperti itu. Wehrlein disponsori oleh Mercedes," katanya.
"Kasus dia sama seperti Petronas yang memberikan jutaan euro kepada Lewis Hamilton dan Nico Rosberg," kata Piers.
Piers juga menjelaskan bahwa, bahwa untuk balapan musim ini, Manor butuh 100 juta euro. Karena itu, tim asal Inggris itu butuh tambahan dana dari Rio Haryanto. Dana-dana ini nantinya akan digunakan untuk membeli dan mengembangkan mesin Mercedes yang dipakai pada musim ini.
"Semakin banyak uang yang masuk, maka mobilnya akan semakin berkembang," kata Piers.
Bos Mercedes, Toto Wolf, sebelumnya pernah menganggap harga yang harus dibayarkan Rio ke Manor cukup mahal. Wolf berang karena angka ini membuat peluang pembalapnya, Pascal Wehrlein bergabung dengan Manor bakal menipis karena mereka hanya bersedia membayar 4 juta euro.
Seperti dilansir Autosport, Wolf juga menuding harga Rio Haryanto juga berpotensi merusak pasaran F1. Meski demikian, belakangan Wolf bisa bernapas lega karena Manor akhirnya merestui Wehrlein menempati satu dari dua kursi yang tersedia, tanpa merinci dana yang disetorkan.
Pembalap jebolan Akademi Renault, Oliver Rowland juga sempat mengungkapkan betapa mahalnya kursi Manor. Seperti dilansir f1i.com, Rowland, yang merebut 8 kemenangan di Formula Renault musim lalu akhirnya menolak bergabung dengan tim asal Inggris itu karena tidak punya cukup uang.
"Kami sudah berbicara--jangan salah, namun saya pikir saya mungkin siap (untuk F1). Tapi saya tidak punya kesempatan. Saya tidak uang yang dibutuhkan untuk gabung Manor," katanya.
Menanggapi hal ini, Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, punya pendapat lain. Menurut pria kelahiran 1966 tersebut, harga 15 juta euro yang diminta Manor sebenarnya tidak tergolong mahal. Apalagi bila dibandingkan dengan tim lain yang membandrol satu kursinya hingga 20 juta euro.
Piers mencontohkan pembalap asal Swedia, Marcus Ericsson mengeluarkan lebih banyak uang untuk bergabung dengan Sauber-Ferrari tahun ini. "Ericsson membayar lebih dari 20 juta euro," katanya.
Piers juga tidak habis pikir dengan komentar Wolf. Sebab menurutnya, Mercedes seharusnya membayar lebih mahal. "Aneh dia bilang seperti itu. Wehrlein disponsori oleh Mercedes," katanya.
"Kasus dia sama seperti Petronas yang memberikan jutaan euro kepada Lewis Hamilton dan Nico Rosberg," kata Piers.
Piers juga menjelaskan bahwa, bahwa untuk balapan musim ini, Manor butuh 100 juta euro. Karena itu, tim asal Inggris itu butuh tambahan dana dari Rio Haryanto. Dana-dana ini nantinya akan digunakan untuk membeli dan mengembangkan mesin Mercedes yang dipakai pada musim ini.
"Semakin banyak uang yang masuk, maka mobilnya akan semakin berkembang," kata Piers.

seberapa mahal kah balapan di F1?
Quote:
Penelitian dan Pengembangan: £ 41 juta (Rp 885 miliar)
- Track testing: £ 10 juta (Rp 208 miliar)
- Wind-tunnel testing: £ 16 juta (Rp 333 miliar)
- Lain-lain: £ 15 juta (Rp 313 miliar)
Upah: £ 42 juta
- Kru: £ 26 juta (Rp 542 miliar)
- Pebalap: £ 13 juta (Rp 271 miliar)
- Atasan: £ 3 juta (Rp 62 miliar)
Produksi: £ 39 juta (Rp 813 miliar)
- Perakitan: £ 13 juta (Rp 271 miliar)
- Suplier mesin: £ 20 juta (Rp 417 miliar)
- Komponen kunci: £ 6 juta (Rp 125 miliar)
Operasi
- Logistik: £ 13 juta (Rp 271 miliar)
- Hiburan: £ 10 juta (Rp 208 miliar)
- Pengiriman: £ 5 juta (Rp 104 miliar)
- IT: £ 3 juta (Rp 62 miliar)
- Biaya pabrik: £ 2 juta (Rp 41 miliar)
- Servis: £ 2 juta (Rp 41 miliar)
- Bahan bakar: £ 1 juta (Rp 20 miliar)
Total per musim: £ 158 juta atau sekitar Rp 3,2 triliun
Sponsorship Placement
Hidung atas sayap depan: £ 2 juta (Rp 41 miliar)
Sayap kaca spion: £ 3,4 juta (Rp 70 miliar)
Sisi lubang angin bodi: £ 6,8 juta (Rp 141 miliar)
Lubang angin atas: £ 17 juta (Rp 354 miliar)
Sidepod: £ 17 juta (Rp 354 miliar)
Sayap belakang: £ 17 juta (354 miliar)
Bagian bawah sayap belakang: £ 3,4 juta (Rp 70 miliar)
- Track testing: £ 10 juta (Rp 208 miliar)
- Wind-tunnel testing: £ 16 juta (Rp 333 miliar)
- Lain-lain: £ 15 juta (Rp 313 miliar)
Upah: £ 42 juta
- Kru: £ 26 juta (Rp 542 miliar)
- Pebalap: £ 13 juta (Rp 271 miliar)
- Atasan: £ 3 juta (Rp 62 miliar)
Produksi: £ 39 juta (Rp 813 miliar)
- Perakitan: £ 13 juta (Rp 271 miliar)
- Suplier mesin: £ 20 juta (Rp 417 miliar)
- Komponen kunci: £ 6 juta (Rp 125 miliar)
Operasi
- Logistik: £ 13 juta (Rp 271 miliar)
- Hiburan: £ 10 juta (Rp 208 miliar)
- Pengiriman: £ 5 juta (Rp 104 miliar)
- IT: £ 3 juta (Rp 62 miliar)
- Biaya pabrik: £ 2 juta (Rp 41 miliar)
- Servis: £ 2 juta (Rp 41 miliar)
- Bahan bakar: £ 1 juta (Rp 20 miliar)
Total per musim: £ 158 juta atau sekitar Rp 3,2 triliun
Sponsorship Placement
Hidung atas sayap depan: £ 2 juta (Rp 41 miliar)
Sayap kaca spion: £ 3,4 juta (Rp 70 miliar)
Sisi lubang angin bodi: £ 6,8 juta (Rp 141 miliar)
Lubang angin atas: £ 17 juta (Rp 354 miliar)
Sidepod: £ 17 juta (Rp 354 miliar)
Sayap belakang: £ 17 juta (354 miliar)
Bagian bawah sayap belakang: £ 3,4 juta (Rp 70 miliar)
Just DU-IT

Sekian dari TRIT yang berantakan ini~

Jika bermanfaat, silahkan

Spoiler for SUMUR!:
0
3.5K
Kutip
25
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan