Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ketapangcyberAvatar border
TS
ketapangcyber
Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10
Ketapang Cyber – Sebagian besar kita pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah safe mode. Safe mode merupakan opsi pilihan start up windows yang fungsi utamanya menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang di aktifkan, termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan.

Apa Manfaat dari Safe Mode ?
Safe mode sendiri memiliki beberapa manfaat yaitu :
  • Menghapus atau meng-uninstall software di PC yang sebelumnya telah menyebabkan lag, hang, error dan sebagainya. Beberapa software yang tidak compatible dengan OS windows bisa menyebabkan error bahkan bisa menyebebabkan blue screen Baca Selengkapnya > Cara mengatasi Blue Screen pada Windows. Jika masuk ke windows safe mode, maka kalian bisa menghapus software yang error tersebut dengan aman.
  • Memeriksa permasalahan dengan tampilan grafik windows (VGA). Ketika tampilan windows bermasalah, bisa di cek dengan memilih “Enable VGA Mode”, jika berhasil dan tidak melihat masalah, kemungkinan masalah di driver VGA.
  • Menghapus file/virus yang tidak bisa melalui mode biasa. Sebagian antivirus masih bisa dijalankan di safe mode, dan bisa dicoba scan melalui safe mode. Kadang virus tidak berjalan di safe mode, meski banyak juga yg bisa berjalan/aktif meski di Safe Mode.
  • Menjalankan System Restore jika sebelumnya diaktifkan, sehingga kondisi sistem bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya.
  • Menjalankan berbagai fitur dari Control Panel, Administrative tools dan sebagainya.
  • Membuka Registry Editor, baik untuk memeriksa maupun untuk mengedit sebagian isinya.


Mungkin untuk pengguna windows 7 dan windows 8 cara masuk ke safe mode sangatlah mudah. Saat di bios tinggal tekan F8 terus menerus hingga muncul pilihan untuk masuk safe mode. Hanya saja, cara ini tidak berlaku untuk pengguna windows 10. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara masuk ke safe mode di windows 10.


Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10

  • Ketik msconfig pada kolom search di Taskbar untuk masuk ke pengaturan System Configuration.
    Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10

  • Setelah masuk ke System Configuration, pilih tab Boot dan kemudian centang pliihan Safe Mode, pilih yang minimal.
    Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10


  • Tekan apply. Setelah itu akan muncul perintah untuk merestart komputer kamu atau tidak, setelah kalian restart maka otomatis system akan menuju ke safe mode.


Bagaimana Cara Keluar dari Safe Mode Windows 10.

  • Setelah masalah pada windows telah terselesaikan dalam mode safe mode, langkah selanjutnya agar bisa keluar dari safe mode adalah :
  • Gunakan tombol kombinasi windows+R untuk mengaktifkan kolom run, ketik msconfig.
  • Kemudian hilangkan tanda centang dari safe mode, setelah itu restart.


Bagaimana caranya mudah sekali bukan, jika masih belum mengerti jangan segan untuk bertanya di kolom komentar. Jangan lupa gan kunjungi blog saya http://www.ketapang-cyber.tkdisana ada kumpulan tips dan trik seputar komputer dll.

Credit By : http://www.ketapang-cyber.tk
Polling
0 suara
Apa itu blog Ketapang Cyber ?
0
2.6K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan