JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memamerkan 10 jembatan gantung yang selesai dibangun Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
Jembatan-jembatan yang berada di Banten itu diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Rabu (17/2/2016) lalu.
"10 jembatan gantung di Banten telah selesai dibangun dan diresmikan beberapa waktu lalu," tulis Presiden dalam akun Facebook resminya, Jumat (26/2/2016).
Jokowi menyebutkan nama-nama sepuluh jembatan gantung yang dahulu kondisinya memprihatinkan itu. Jembatan Kolelet, Jembatan Ranca Wiru, Jembatann Leuwi Loa, Jembatan Cisimeut, Jembatan Cigeulis, Jembatan Cidikit, Jembatan Cicariu, Jembatan Bojong Apus, Jembatan Cihambali dan Jembatan Cidadap.
Tidak lupa, Jokowi juga mengunggah foto tiga jembatan dalam kondisi sebelum dan sesudah dibangun.
Penggerak ekonomi lokal
Berdasarkan catatan pemberitaan Kompas.com, pembangunan 10 jembatan itu dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian PUPR tahun anggaran 2015 sebesar Rp 45,6 miliar.
Jembatan-jembatan gantung itu dibangun dengan tujuan memberikan kemudahan akses penghubung lintas sungai bagi masyarakat setempat terutama akses anak-anak menuju ke sekolah.
Rampungnya pembangunan jembatan itu diharapkan juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperlancar arus ekonomi masyarakat lokal.
"Meskipun proyek kecil, tapi jembatan-jembatan tersebut akan sangat berguna bagi anak-anak sekolah dan petani yang membawa hasil panennya ke pasar untuk dijual," tulis Presiden lagi.
Curhat dan harapan "Facebookers"
Pujian bertaburan di kolom komentar unggahan itu.
Salah satu pemilik akun bernama Hasan Basri menulis: "kampung saya kebetulan di desa kolelet, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah, rakyat di sana sudah bertahun-tahun meengajukan pembuatan jembatan untuk menghubungkan jalan di kolelet ke kecamatan catang karena di catang ada akses stasiun kereta api...".
Pemilik akun Dinmas Oktapriyanto melalui akunnya juga mengapresiasi pembangunan itu. Dia menulis: "Mantab, menjawab berita tentang adanya anak yang masih menyeberangi tali ke sekolah..maju terus Pak Jokowi, ga cukup kalau cuma 10...bangun 100, 1000 atau sejuta jembatan di seluruhh penjuru Indonesia Pak, terima kasih.".
Sementara, akun lainnya, Hasan, menuliskan, "Selamat buat warga Banten. Kami di Samarinda jembatan mahkota 2 sudah 12 tahun lebih belum selesai-selesai. Proyek Pemkot.".
sumber :
http://nasional.kompas.com/read/2016...iresmikan.Puan
Sumber FB Presiden Jokowi :
https://www.facebook.com/Jokowi/phot...type=3&theater
--------------------------
Selamat kepada warga banten, setelah mendapat cobaan sekian tahun. sekarang sudah diperhatikan pemerintah pusat.
Indonesia ke arah lebih baik
Banyak yang nanya kenapa pakai APBN bukan APBD, mungkin ini jawabannya...
Quote:
Jembatan Lebak Putus, Menteri Marwan: Saya Tunggu Anggaran
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengaku pernah melewati jembatan gantung di Kabupaten Lebak, Banten, yang putus pada Selasa (10/3) lalu akibat kelebihan beban. Marwan mengatakan saat itu sudah melihat adanya indikasi rusak pada jembatan tersebut.
"Sudah saya. Jembatan yang saya lewati itu yang jebol. Sudah ada indikasinya (rusak) dan memang butuh perhatian serius, " kata Marwan ditemui usai melakukan breakfast meeting dengan para menteri Kabinet Kerja, di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/3) pagi.
Akibat putusnya jembatan gantung, sebanyak 45 siswa sekolah dasar tercebur ke Sungai Ciberang dalam kondisi arus deras. Jembatan tersebut menghubungkan Desa Sindai, Kecamatan Sajira dengan Pasir Eurih, Kecamatan Cimarga di Kabupaten Lebak. Para siswa yang menjadi korban merupakan siswa SDN 1 Pajagan Kecamatan Sajira. Mereka terjatuh dari ketinggian sekitar 15 meter.
Marwan mengatakan saat itu usai melewati kondisi jembatan gantung, dia telah mengimbau kepada pemerintah daerah Banten untuk membangun segera jembatan gantung yang rusak di daerah Lebak. "Kurang lebih ada total 300 jembatan gantung di Lebak."
Menurut Marwan, Kabupaten Lebak termasuk ke dalam salah satu daerah tertinggal yang berada di bawah tanggung jawab kementeriannya. Namun, dia mengaku hingga saat ini masih menunggu anggaran bulan April untuk membangun beberapa daerah tertinggal di Indonesia, termasuk Lebak.
"Saya memang juga akan membangun tetapi nunggu anggaran bulan April ini. Tidak seluruh daerah tertinggal sekaligus kami bantu kecuali saya punya anggaran cukup banyak baru saya bantu seluruhnya," kata dia menjelaskan.
Selain persoalan ketertinggalan infrastruktur, Kabupaten Lebak juga pernah disorot publik akibat kasus suap sengketa Pilkada Lebak, yang melibatkan Gubernur nonaktif Banten Ratu Atut Chosiyah dan adiknya, Tubagus Chaeri Wardana. Suap dimaksudkan untuk memenangkan memenangkan gugatan pasangan calon bupati dan wakil bupati Lebak, Amir Hamzah dan Kasmi di MK.
Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Mulyono dijadwalkan melakukan peninjauan ke lokasi jembatan gantung yang putus di Lebak, Banten, Jawa Barat. Mereka dijadwalkan melakukan kunjungan pada Senin pagi ini. (utd)
sumber :
http://www.cnnindonesia.com/nasional...nggu-anggaran/
Quote:
Original Posted By atfrie►Selamat buat warga banten semoga ga gampangan rusak? ????????? Uuntuk daerah lain semoga cepat di bangun juga jembatannya? S E N S O R??????????????
Quote:
Original Posted By superaymond►Beginilah hasilnya Indonesia kl pemerintah sayang sm rakyatnya, dan mau bekerja untuk rakyat! Lanjutkan! Sampe seluruh pelosok Indonesia!
Quote:
Original Posted By semvakbuluk►Syukurlah jembatannya gak kayak dulu lagi, yg dulu itu jembatan apa tempat uji nyali
Quote:
Original Posted By 259X3►orang banggo boleh, tapi kalo bangga dibumbui pencitraan itu yang gak boleh ...
Quote:
Original Posted By fathkids►Alhamdulillah, akan sangat berarti buat masyarakat sekitar

Quote:
Original Posted By dann.adi19►
Jembatan apaan gan cuma abis 370 juta, apalagi sumber dari facebook. Lagian yg dibilang kan 10 jembatan 45 milyar. Dari 10 jembatan itu kan konstruksi nya bisa beda2, mungkin aja ada yg jembatan gede. Belom lagi kalo formasi batulempung, bisa 3 kali lipat abis nya. Jadi banyak banget faktor nya. Tapi kalo cuma jembatan kayak gini harus nya cuma abis 1-2 milyar.
Quote:
Original Posted By Tiebo►kasian warga banten.. sbnrmya ga terlalu jauh dari ibukota tp kurang mendapat perhatian

Quote:
Original Posted By yagamisaya►wah keren juga, semoga semakin banyak lagi jembatan yang dibangun
sungguh 32+10 tahun yang . .. . .
Quote:
Original Posted By papaohang►waaaah bagus deh, jadi bisa dengann mudah mengakses kemana mana. good job pemerintah. semoga merata ke semua wilayah ya hahahaha
Quote:
Original Posted By pnonton666►pdhal udah bgus sbelumnya,sejak dini anak2 kita udah di didik jdi pemain akrobat yg hndal,klo bgini bkat alam yg terpendam bkalan hilang.
Quote:
Original Posted By donasutisna►45,6 M buat 10 jembatan msh dibilang kemahalan? Kayaknya kagak deh, yg mahal tuh bangun proyek kemenpora hambalang triliyunan tp jd sampah.. Gw sih bangga sama Jokowi yg pamer pembangunan drpd dia pamer launching album.. Mentri Puan ga nonggol dibilang ga berprestasi tp pas nonggol resmiin proyek kesejaterahan masih dikritik jg itu tandanya yg salah bukan di mentri tp di otak kalian yg terlanjur cinta sama prabowo dan kroni nya.. Dan buat yg kritik krn Gub Rano dr Pdip jd dibantu jokowi n puan buat bahan pencitraan persiapan kampanye pilkada,apa salahnya klo emg itu bener? Bahan kampanye terbaik ya hasil pembangunan saat menjabat, ini jg bs jd bukti Pdip solid kadernya dr pusat smpe daerah melakukan pembangunan.. Ane ngomong gini pst ada aja yg bilang panastak, Ane ngaku ane fans soekarno,simpatisan Pdip, dan mengidolakan Ibu Megawati ,bagi ane ini pilihan politik paling logis dan ane bangga.
Quote:
Original Posted By andr3 kulups►Sebenarnya anggaran untuk 10 jembatan tersebut bukan 45 M.. Tetapi sekitar 43M kurang (nanti anne eddit berapa tepat'nya)
Anngaran tersebut memang fantastis..
Pertama jembatan yg di bangun bukan menggunakan struktur bentang kawat baja seperti kebanyakan jembatan gantung umumnya.. 10 jembatan yg dibangun itu menggunakan struktur baja..
Panjang jembatan bervariasi dari yg terpanjang yaitu jembatan kolelet dengan bentang sekitar 100 meter.. Dan jembatan yg lainnya 60 s/d 70 meter..
Tentu saja dengan menggunakan struktur baja.. Pondasi yg dibutuhkan untuk menopang struktur baja harus benar2 kokoh
Agan sekalian bisa bayangin matrial yg dibutuhkan harus dilangsir seperti apa..?
Kira2 berapa buat bayar tenaga mereka..? Apa itu nggak perlu dihitung..?
Sekian dulu penjelasan dari ane..
Ane bukan siapa2..
Quote:
Original Posted By andr3 kulups►
Ini papan proyek pembangunan jembatan.. Disitu tertulis jelas nilai proyek yg sebener'nya bukan seperti yg media2 lain beritakan..
Untuk langsir matrial aja harus kaya gini loh gan.. Ini baru di satu lokasi.. Belom di lokasi yg sangat sulit dijangkau..
Sekian dulu dari anne..
Quote: