Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

neothinkpadAvatar border
TS
neothinkpad
🌾Harga Beras Indonesia Termahal di Dunia
loh katanya 2017 swasembada pangan 📺



🌾Harga Beras Indonesia Termahal di Dunia

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Infisiensi dalam proses produksi dan distribusi beras di Indonesia membuat harga pangan ini terbilang paling tinggi di antara negara pengkonsumsi beras.
Untuk mengatasi hal ini, peran negara sangat diperlukan dalam stabilisasi harga.

Pengamat Ekonomi Pertanian, Prof Dr Bustanul Arifin mengatakan, melihat kenyataan tersebut, diperlukan re-desain kebijakan perberasan di Indonesia.
Untuk itu diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan berbagai pihak mulai dari pemerintah, sektor perbankan hingga ke petani sendiri.
Dosen di Universitas Lampung ini mengungkapkan, setidaknya ada sembilan hal yang ia soroti dalam sektor perberasan nasional.
Yang pertama adalah kapasitas produksi yang turun karena stagnannya teknologi yang digunakan. Di Indonesia, kapasitas produksi pertanian pangan sudah menurun baik dari segi sumberdaya alam hingga sumberdaya manusia.

"Selain itu, peningkatan produksi pangan tidak didorong oleh perubahan teknologi pertanian dan adaptasi inovasi baru. Teknologi baru perlu 10-15 tahun untuk diadopsi secara stabil oleh petani dan menjadi pola baru sistem produksi. Hal ini membuat Total Factor Productivity (TFP) pertanian Indonesia hanya 1 persen, padahal di Asean saja sudah 1,4 persen yang didorong perubahan efisiensi teknis, bukan perubahan teknologi," kata Bustanul ketika menyampaikan materi dalam Seminar Nasional Menko Perekonomian di Hotel Tentrem, Selasa (23/2/2016).
Ia mengungkapkan, strategi pemerintah melalui upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (Uposus pajale) belum terbukti memecahkan masalah kapasitas produksi tersebut. Untuk itu, diperlukan perbaikan manajemen usahatani, sistem insentif baru berbasis inovasi dan teknologi benih, panen-pascapanen.
Poin berikutnya yang menjadi masalah adalah dominasi penggilingan padi skala kecil. Hal ini berkaitan dengan isu skala usaha. Di penggilingan padi skala kecil, cukup banyak penyusutan pada produk.

"Karena itu, diperlukan investasi baru dan konsolidasi penggilingan. Hal ini erat kaitannya dengan integrasi terhadap infrastruktur pertanian, kelembagaan kelompok tani hingga perbaikan penyimpanan cadangan beras," jelasnya. (tribunjogja.com)

http://jogja.tribunnews.com/2016/02/24/harga-beras-indonesia-termahal-di-dunia




Jakarta - Bos Medco Arifin Panigoro memiliki konsep sawah modern di wilayah Papua bagian selatan. Arifin pun mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyaksikan panen di sawah ini.

Menurut Arifin, sawah modern mengoptimalkan penggunaan teknologi. Dengan begitu, hanya butuh 1 orang untuk menggarap 50 ha sawah. Berbeda dengan sawah tradisional, di mana 1 ha perlu belasan orang pekerja.

"Mekanis saja semua. Jadi 5.000 ha cuma 100 orang, atau 1 orang per 50 ha. Tapi alatnya dari menanam sampai panen kayak di Amerika Serikat (AS) begitu lah," jelas Arifin di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (6/4/2015).

Proyek ini, lanjut Arifin, baru pada tahap percobaan. Lokasi yang dipilih adalah Papua bagian selatan, karena teknologi yang dipergunakan hanya bisa diterapkan di lahan datar.

"Harus flat, kalau terasering sulit," ujarnya.

Total lahan yang bisa dimanfaatkan di Papua, tambah Arifin, mencapai 10 juta ha atau nyaris seluas Pulau Jawa. Bila dimanfaatkan dengan baik, lahan tersebut akan menjadi potensi sumber pangan yang luar biasa.

"Kita sudah teliti. Lahannya, airnya. Itu Papua selatan sebesar Jawa, 10 juta ha. Lahannya flat," kata Arifin.

Untuk tahap awal ini, Arifin telah mengelola 300 ha. Padi sudah dalam kondisi siap panen pada April dan Mei.

"Ini kan baru percobaan, nanti panen 300 ha kalau nggak salah. Tapi hasilnya bagus banget," tukasnya.


(mkl/hds)
0
10.5K
63
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan