Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

icay128Avatar border
TS
icay128
Antara cerita dan curhat
Ane teringat masa-masa kecil gan,dimana masa itu memberi pelajaran tentang arti sebuah kehidupanyang sangat bermakna.

ane berasal dari keluarga yang sangat sederhana dan waktu itu ane berumur 10 tahun,dan ane sekolah di madrasah ibtidaiyah kelas 5,jadi sepulang sekolah ane jualan es keliling gan dengan upah Rp350 itupun kalo laku semua.cuman pada masa itu semua harga murah tidak seperti sekarang,jadi waktu itu duitnya ane tabung untuk beli baju.maklum ane gak pernah punya baju baru pada masa itu.

Dan waktu itu tabungan ane di ambil oleh abah ane tanpa sepengetahuan ane,pada saat itu juga ane hanya terdiam,mau marah takut salah,ane berhenti jualan es keliling pada saat masuk sekolah tsanawiyah.

langsung lanjut ke umur 16 tahun ya gan
hehehe

Waktu itu ane kelas 3 tsanawiyah,
agan pasti tau kan kalo menghadapi
semester terakhir pasti banyak ngeluarin biaya untuk bayar ini itu,nah sampai waktunya bayaran ujian terakhir dan photo,nah saat itu ane sangat sedih sebab ane cuman bisa bayar ujian aja tidak untuk photo,pahadal teman sudah bayar semua tinggal ane aja yang belum.

Terus sampai waktu pulang sekolah ane berjalan menuju rumah dengan raut wajah yang sedih,sampai dirumah dan ane langsung santai dulu sekitar 1jam lah,waktu itu ane ngeliat abah ane santai di luar dan mulailah percakapan antara ane dan abah.

Bahasa banjar

Ane : bah ulun bayaran ulangan lawan bapoto bah ai,tapi ulangan sudah di bayari tinggal bapoto aja lagi balum,12ribu aja bah ae bayar bapoto.
Abah : abah kadada baduit

translite bahasa indonesia

Ane : pa aku mau bayar ujian dan bayar photo pa,tapi bayar ujian sudah di bayar tinggal bayar photo aja yang belum pa,12ribu aja pa bayar untuk photo.
Bapa : bapa tidak punya uang.

Saat itu juga ane hanya bisa diam dengan mata berkaca-kaca rasa pengin nangis tapi takut di marahin,terus ane berjalan menuju ketempat mama untuk bilang dengan harapan bisa membantu,tapi waktu itu ane tau bahwa mama tidak punya uang,tapi ane tetap bilang sama mama bahwa ane lagi butuh uang untuk bayar photo 12ribu,mama ane cuma diam dan dia langsung pergi keluar entah kemana ane tidak tau persis,sekitar 15menit beliau datang dengan bawa uang 12ribu dan langsung di kasih ke ane,saat itu juga ane langsung tersenyum,setelah itu ane bertanya ke beliau.

Bahasa banjar

Ane : pian batalang duit di wadah siapa ma?
Mama : mama tadi batalang duit lawan haji di subalah rumah,kena mama meambil upah betanam lawan haji nya tuh membayari duit neh.

Translite bahasa indonesia

Ane : mama dapat uang pinjaman dari siapa?
Mama : mama tadi minjam uang sama pa haji tetangga kita,nanti uang ini mama ganti dengan hasil upah bercucuk tanam sama pa haji.

Ane langsung diam muka tersenyum tapi hati ane menangis saat itu juga mendangar pengorbanan beliau untuk ane,sepintas ane berpikir harusnya yang melakukan hal seperti ini seorang abah,bukan seorang mama yang melakukan hal seperti ini,tapi bagaimanapun kelakuan abah ane,ane tetap menghargai dan menghormati beliau hingga sampai detik ini pun.

Bagi agan yang beruntung hidupnya serba ada dan mempunyai Ortu yang sangat perhatian,jangan abaikan perhatian Ortu kalian gan, sayangi dan hormati lah bagaimanapun kesalahan mereka.

Mohon maaf ya gan ane disini tidak ada untuk merendahkan karakter seorang AYAH.bagaimanapun karakter seoarang AYAH kita wajib menghargai dan menghormati seorang AYAH.

Mohon maaf gan jikalau ada dalam penulisan terdapat kata-kata yang kurang berkenan.
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.7K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan