Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
5 Strategi hadapi masa pensiun dengan nyaman
Merdeka.com - Apa sih yang dibayangkan sebagian orang soal masa pensiunnya? Traveling ke tempat-tempat menakjubkan? Menekuni hobi yang sulit dilakukan saat masih bekerja? Atau sekedar mengambil secuil dana dari tabungan untuk membayar tagihan?

Meski yang terakhir bukan kondisi pensiun yang dibayangkan, namun tampaknya banyak orang yang sudah terjebak dalam kondisi pensiun seperti itu.

Survei yang dilakukan Fidelity Investments terhadap sejumlah penduduk di Amerika Serikat mendapati bahwa sebagian besar penduduk AS menghadapi risiko tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya saat pensiun akibat tidak menabung semasa bekerja.

Memang terlihat gampang menabung selama bertahun-tahun untuk mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun. Tetapi, apabila pendapatan yang diterima per bulan termasuk minim, akan dibutuhkan waktu 20 hingga 30 tahun untuk mendapatkan nominal yang sesuai untuk menghadapi masa pensiun.

"Saya tidak pernah mendengar siapa pun mengeluh karena terlalu banyak uang di masa pensiun," kata Perencana Keuangan dan Manajer Portofolio, Kathleen Hastings seperti dikutip dari gobankingrates.com.

"Menjadi tua itu menyebalkan. Akan sangat buruk apabila tidak punya uang," tegas dia.

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan agar bisa pensiun kaya dan cukup dana untuk hidup nyaman. Berikut lima di antaranya:

1.Pangkas belanja yang tidak perlu

Merdeka.com - Mungkin ada alokasi dana lebih yang bisa ditabung. Alokasi dana itu berasal dari belanja yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan bisa dipangkas dari anggaran rutin.

"Perhatikan laporan rekening bank dan laporan kartu kredit setiap bulan," kata Perencana Keuangan Tom Corley.

"Anda akan mencoret pengeluaran tertentu untuk hal-hal yang bahkan tidak Anda gunakan, seperti iuran keanggotaan klub, iuran pelanggan, biaya jasa yang tidak pernah digunakan."

Selain itu, kaji kembali iuran pelanggan televisi berbayar, internet atau jasa lainnya untuk melihat apakah ada operator lain yang mematok harga lebih murah.

Kemudian, tingkatkan dana persiapan pensiun dari angka yang bisa dihemat dari hasil pemangkasan anggaran di atas.

2.Menabung sejak dini

Merdeka.com - Salah satu cara untuk kaya di masa pensiun adalah mulai menabung sejak awal bekerja. Berkat adanya mekanisme suku bunga, meski kecil tetapi bisa terus bertambah sepanjang waktu. Semakin lama jangka waktu menabung, semakin banyak uang yang bisa diperoleh.

3.Sisihkan 10 persen dari penghasilan setiap bulan

Merdeka.com - Menurut hasil studi Fidelity Investments, rata-rata warga Amerika Serikat menyisihkan 8,5 persen dari pendapatan tahunan mereka untuk ditabung. Namun, sebagian ahli masalah keuangan merekomendasikan minimal 10 persen dari pendapatan per tahun untuk ditabung.

Malah, idealnya 15 persen dari income tahunan untuk mendapatkan kehidupan yang nyaman setelah pensiun.

4.Sisihkan kenaikan gaji

Merdeka.com - Kenaikan gaji bisa menambah ruang dalam anggaran sehari-hari. Apabila kebutuhan sehari-hari sudah cukup terpenuhi dari rasio gaji yang lama, maka angka selisih gaji baru bisa dialokasikan untuk menambah dana persiapan pensiun di bank.

"Cobalah untuk tidak menambah pengeluaran untuk memenuhi gaya hidup apabila mendapat kenaikan gaji," kata Executive Vice President Fidelity Investments, John Sweeney.

5.Investasi

Merdeka.com - Jangan investasikan uang di satu tempat. Variasikan portofolio investasi di saham dan obligasi. Atau reksa dana yang memiliki produk saham atau obligasi atau gabungan keduanya.

sumur: http://www.merdeka.com/uang/5-strate...investasi.html
0
1.7K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan